In-depth

3 Sejarah Diciptakan Rexy Mainaky untuk Tim Bulutangkis Malaysia, PBSI Tak Menyesal?

Selasa, 24 Oktober 2023 09:05 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Indra Citra Sena
© Peng Huan/Visual China Group via Getty Images
Mengulas deretan sejarah yang dicipitakan Rexy Mainaky untuk tim bulutangkis Malaysia yang bisa saja membuat PBSI menyesal. Copyright: © Peng Huan/Visual China Group via Getty Images
Mengulas deretan sejarah yang dicipitakan Rexy Mainaky untuk tim bulutangkis Malaysia yang bisa saja membuat PBSI menyesal.

INDOSPORT.COM - Mengulas deretan sejarah yang dicipitakan Rexy Mainaky untuk tim bulutangkis Malaysia yang bisa saja membuat PBSI menyesal.

Kiprah Rexy Mainaky sebagai Direktur Kepelatihan Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) memang cukup mentereng dalam beberapa tahun terakhir.

Legenda ganda putra Indonesia itu sempat melatih Malaysia pada 2005 lalu. Namun, ia sempat bergabung dengan PBSI dan merapat ke Thailand pada 2017.

Barulah pada 2021 lalu, Rexy Mainaky kembali merapat ke Malaysia dan didapuk menjadi Direktur Kepelatihan bersama Wong Choong Hann.

Sebagai informasi, Rexy sempat menjabat sebagai Kabid Binpres PBSI usai melatih Malaysia. Namun, ia akhirnya digantikan oleh Susy Susanti pada 2016 lalu.

Prestasinya cukup apik dengan berhasil mengantarkan ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir menyabet medali emas di Olimpiade Rio 2016.

Kini, Rexy Mainakt berhasil membuat sejarah untuk tim bulutangkis Malaysia yang bisa membuat PBSI menyesal mendepaknya pada 2016 silam. Berikut beberapa sejarah yang ia ciptakan.

Juara Dunia Pertama dari Malaysia

Salah satu kiprah luar biasa yang berhasil dicetak oleh Rexy Mainaky untuk Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) adalah mengantarkan Aaron Chia/Soh Wooi Yik meraih gelar Juara Dunia.

Aaron Chia/Soh Wooi Yik berhasil memastikan medali emas Kejuaraan Dunia 2022 usai mengalahkan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dengan skor 21-19, 21-14.

Ganda putra asuhan Rexy Mainaky itu berhasil menjadi pebulutangkis pertama Malaysia yang berhasil menyabet gelar Juara Dunia bulutangkis.

Menurut catatatn, capaian terbaik tim Negeri Jiran adalah meraih medali perak saja di Kejuaraan Dunia yang disabet Wong Choong Hann (2003) dan Lee Chong Wei (2011, 2013, 2015) di nomor tunggal putra.

Sementara di sektor ganda putra ada Koo Kien Keat/Tan Boon Heong yang berhasil menyabet medali perak di Kejuaraan Dunia pada edisi 2010.