Fajar/Rian Luapkan Kekesalan Usai Dipermainkan Umpire dan Kalah di French Open

Sabtu, 28 Oktober 2023 09:58 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© PBSI
Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto kandas di perempat final French Open 2023. (Foto: PBSI) Copyright: © PBSI
Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto kandas di perempat final French Open 2023. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto luapkan kekesalan usai kalah dramatis di French Open 2023, dan disebut-sebut karena kesalahan umpire.

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto harus akui keunggulan wakil Denmark, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen dalam pertandingan di Glaz Arena, Jumat (28/10/23).

Bertanding dalam waktu 38 menit, Fajar/Rian dipaksa bertekuk lutut di hadapan musuh bebuyutannya dengan skor 18-21, 15-21.

Pertandingan sebenarnya dibuka dengan keunggulan Fajar/Rian. Pasangan ganda putra Indonesia langsung ngegas memimpin skor 5-1, sebelum memperlebar jarak jadi 7-2.

Naas, ada kontroversi di lapangan yang mengganggu konsentrasi Fajar/Rian. Wasit lapangan atau umpire berteriak 'fault' saat rally tiga pukulan berlangsung.

Kim Astrup bingung karena tidak merasa ada masalah dengan servis rekannya. Namun, hal ini tidak menjadi masalah karena bola kembalian dari Rasmussen juga keluar.

Naas, betapa kagetnya Fajar/Rian karena saat mau melakukan servis, mereka justru diminta memberi bola ke lawan. Fajar/Rian bingung, lawannya juga tak kalah bingung.

Umpire tetap ngotot pada pendiriannya dan menyatakan poin jatuh ke pasangan Denmark. Fajar/Rian memberontak hingga ke hakim garis, tapi Dewi Fortuna tak berpihak padanya.

Setelah itu, wasit coba masuk ke lapangan untuk berdiskusi dengan umpire, hanya saja tidak terdengar karena umpire menutup mikrofon.

Kepala pelatih ganda putra Indonesia, Aryono Miranat juga bertindak. Ia berbicara kepada wasit turnamen yang keluar lapangan, dan keluarnya pun sambil garuk-garuk kepala. Tidak ada kejelasan akan hal ini.