Rahasia Anti-Cedera Jawara Olimpiade Candra Wijaya, para Junior Wajib Belajar

Sabtu, 28 Oktober 2023 18:20 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Legenda bulutangkis yang pernah juara Olimpiade Sydney, Candra Wijaya, membeberkan rahasia tidak pernah cedera di sepanjang kariernya. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Legenda bulutangkis yang pernah juara Olimpiade Sydney, Candra Wijaya, membeberkan rahasia tidak pernah cedera di sepanjang kariernya.

INDOSPORT.COM - Legenda bulutangkis yang pernah juara Olimpiade Sydney, Candra Wijaya, membeberkan rahasia tidak pernah cedera di sepanjang kariernya.

Candra Wijaya memiliki perjalanan panjang dalam kariernya sebagai pemain bulutangkis. Dia mengawali kariernya sejak usia 12 tahun dan memutuskan pensiun pada 2012 silam.

Deretan prestasi mentereng pun berhasil diraih oleh pebulu tangkis berjulukan ‘Angin Taifun’ itu. Salah satunya, medali emas Olimpiade Sydney 2000 bersama Tony Gunawan.

Selain itu, Candra Wijaya telah tujuh kali memperkuat tim Piala Thomas Indonesia dengan dua gelar juara pada 1998 dan 2000 serta enam kali memperkuat tim Piala Sudirman.

Candra merebut berbagai gelar juara dengan banyak pasangan baik di ganda putra maupun ganda campuran.

Pemain-pemain yang pernah berpasangan dengannya di antaranya Ade Sutrisna, Sigit Budiarto, Tony Gunawan, Nova Widianto, Eliza Nathanael, dan Jo Novita.

Namun terlepas dari rentetan prestasi yang pernah diraihnya, Candra Wijaya diketahui hampir tidak pernah diadang oleh cedera.

Hal ini juga diungkapkan langsung oleh Candra Wijaya saat ditemui awak redaksi media olahraga INDOSPORT pada Jumat (27/10/23) kemarin.

“Sepanjang karier saya relatif tidak pernah mengalami cedera parah,” ujar Candra Wijaya.

Candra Wijaya menuturkan dia baru mulai merasakan cedera pada bagian pinggang. Itu pun terjadi menjelang dia memutuskan gantung raket.

“Baru mulai cedera pinggang ketika sudah berumur mendekati pensiun,” tambah Candra.