Update Klasemen World Tour Finals: Jonatan Meroket, MD Indonesia Sedekah ke Malaysia

Senin, 30 Oktober 2023 11:17 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
© Humas PP PBSI
Update klasemen BWF World Tour Finals pascaturnamen bulutangkis French Open 2023, Jonatan Christie meroket, tapi ganda putra Indonesia 'sedekah' ke Malaysia. (Foto: Humas PP PBSI) Copyright: © Humas PP PBSI
Update klasemen BWF World Tour Finals pascaturnamen bulutangkis French Open 2023, Jonatan Christie meroket, tapi ganda putra Indonesia 'sedekah' ke Malaysia. (Foto: Humas PP PBSI)

INDOSPORT.COM - Update klasemen BWF World Tour Finals pascaturnamen French Open 2023, Jonatan Christie meroket, tapi ganda putra Indonesia 'sedekah' ke Malaysia.

Sekadar informasi, World Tour Finals adalah puncak rangkaian World Tour yang digelar di akhir tahun, dan hanya diikuti oleh delapan pemain dengan poin terbanyak dalam satu tahun.

Tahun ini World Tour Finals 2023 akan dihelat di China, dan menyediakan total hadiah super fantastis, yakni 2 juta USD atau sekitar Rp30,4 miliar untuk para peserta.

Setelah turnamen French Open 2023 selesai pada Minggu (29/10/23), ada sedikit fluktuasi di klasemen BWF World Tour Finals. Siapakah wakil Indonesia yang masih bertahan?

Dari sektor tunggal putra, Jonatan Christie meroket usai juara French Open 2023. Jojo naik ke posisi 2 membayangi Li Shifeng, sementara Anthony Ginting turun ke posisi 4.

Dari sektor tunggal putri, Gregoria Mariska masih harap-harap cemas karena ada di peringkat 9 klasemen, beruntung ada 2 wakil China di atasnya yang tak bisa bermain.

Dari ganda putra, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto sudah pastikan lolos ke BWF World Tour Finals 2023 karena bertengger di puncak dan poinnya tidak bisa disalip lawan.

Sebenarnya ada tiga wakil Indonesia lagi di top 10 klasemen BWF World Tour Finals, yakni Bagas Maulana/Shohibul Fikri yang baru saja back to back final Denmark dan French Open 2023.

Bagas/Fikri bertengger di peringkat 7 klasemen, disusul Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin di posisi 8, dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di urutan ke-9.

Namun, karena satu negara maksimal 2 wakil saja di satu sektor, maka Fajar/Rian dan Bagas/Fikri yang terpilih, dan slot lainnya jatuh ke tangan ganda Malaysia, Ong Yew Sin/Two Ee Yi.