Tips Ampuh Jonatan Christie Jaga Mentalitas Jelang BWF World Tour Finals 2023

Jumat, 10 November 2023 04:04 WIB
Penulis: Martini | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Humas PP PBSI
Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie bongkar tips ampuh yang membuatnya makin stabil jelang perhelatan BWF World Tour Finals 2023. (Foto: Humas PP PBSI) Copyright: © Humas PP PBSI
Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie bongkar tips ampuh yang membuatnya makin stabil jelang perhelatan BWF World Tour Finals 2023. (Foto: Humas PP PBSI)

INDOSPORT.COM - Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie bongkar tips ampuh yang membuatnya makin stabil jelang perhelatan BWF World Tour Finals 2023.

Beberapa waktu lalu, Jonatan Christie berada di masa-masa terpuruk. Ia mengalami tiga kekalahan beruntun di babak pertama Asian Games hingga Denmark Open Super 750.

Jonatan Christie sebenarnya bisa memimpin atas lawannya, namun sekejap kemudian ia mulai 'ngeblank' dan membuat lawan bisa mencuri poin dan akhirnya merebut kemenangan.

Banyak kritik pedas yang mengarah pada Jonatan Christie di media sosial, yang memintanya agar segera menemui psikolog karena diduga mentalnya sedang tidak stabil.

Namun, Jonatan Christie mematahkan hal tersebut dengan menjuarai French Open 2023. Ia mengaku faktor psikologis memang penting, dan ia punya cara sendiri untuk itu.

"Kalau ditanya cara handle (pikiran jelek), ya itu sih dari psikologis, pemikirannya, karena dari pemikiran itu saya rasa cukup penting," kata Jonatan saat ditemui di Pelatnas PBSI.

"Balik lagi, seperti kemarin sebelum French Open, saya kalah tiga kali di babak awal. Kalau saya tidak bisa manage pikiran saya, mungkin di French Open akan sama hasilnya."

"Jadi, mungkin dari psikologis dan pemikiran sendiri sih," ucap pebulu tangkis asal Jakarta itu.

Jonatan Christie mengaku jika ia enggan membaca komentar-komentar buruk di media sosial, karena akan berdampak tidak baik. Ia lebih memilih untuk fokus ke hal-hal penting.

"Jujur, saya tidak terlalu banyak lihat (komen) juga, itu membantu saya untuk meringankan pikiran saya sendiri, dan juga membantu saya untuk fokus pada hal-hal yang lebih penting."