Petuah Legenda Ade Chandra Buat Ganda Putra Indonesia yang Sedang Loyo Tak Keruan

Sabtu, 25 November 2023 11:17 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© Indra Citra Sena/INDOSPORT
Legenda bulutangkis ganda putra Indonesia, Ade Chandra. Copyright: © Indra Citra Sena/INDOSPORT
Legenda bulutangkis ganda putra Indonesia, Ade Chandra.

INDOSPORT.COM – Legenda bulutangkis sekaligus kampiun All England 1972-1973, Ade Chandra, menyampaikan petuah untuk ganda putra Indonesia yang belakangan tengah loyo.

Ade Chandra merupakan mantan pemain bulutangkis spesialis ganda putra yang pernah sukses di era 1970-an bersama Christian Hadinata.

Beberapa turnamen bergengsi berhasil Ade/Christian sabet, seperti juara berturut-turut All England 1972 dan 1973, Asian Games 1978 dan 1982.

Hingga terakhir keduanya mampu menyabet gelar juara dunia pada 1980. Mereka juga anggota tim juara Piala Thomas pada 1973 dan 1976.

Ade Chandra baru-baru ini diwawancarai awak media media olahraga INDOSPORT untuk menyampaikan pendapatnya soal ganda putra Indonesia masa kini.

Pebulutangkis Indonesia berdarah China tersebut mengakui bahwa sebenarnya ganda putra Indonesia sekarang sudah cukup baik, meski ada beberapa hal yang harus diperbaiki.

“Untuk ganda putra kita, sebetulnya kalau saya lihatnya sudah cukup baik, cuma latihannya harus ditambah,” tutur Ade Chandra secara eksklusif kepada INDOSPORT, Jumat (24/11/23).

“Pertandingan-pertandingan sekarang ini kan bergulir terus. Bukan hanya sebulan sekali, sebulan bisa tiga kali,” lanjutnya.

Padatnya rangkaian turnamen sepanjang tahun di era sekarang memang jadi tantangan tersendiri untuk para pebulutangkis, khususnya bagi ganda putra Indonesia.

Akibatnya, tidak semua turnamen diikuti oleh ganda putra Indonesia karena harus memprioritaskan turnamen yang lebih tinggi levelnya dan mempertimbangkan aspek stamina.