In-depth

Termasuk Shesar Hiren, 3 Pemain Pelatnas PBSI yang Terancam Degradasi Tahun 2024

Kamis, 30 November 2023 08:35 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
© PBSI
Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Shesar Hiren Rhustavito terancam degradasi dari Pelatnas PBSI tahun 2024. (Foto: Humas PP PBSI) Copyright: © PBSI
Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Shesar Hiren Rhustavito terancam degradasi dari Pelatnas PBSI tahun 2024. (Foto: Humas PP PBSI)

INDOSPORT.COM - Termasuk Shesar Hiren Rhustavito yang kandas di babak pertama Syed Modi India International 2023, tiga pemain Pelatnas PBSI kini terancam degradasi.

Setiap awal tahun, PBSI melakukan evaluasi terhadap para pemain Pelatnas di sepanjang tahun sebelumnya, apakah prestasi mereka sudah memuaskan atau tidak sesuai target.

Para pemain yang tidak sesuai target akan mendapat evaluasi atau bahkan degradasi, sementara pemain muda yang menunjukkan progres positif akan promosi ke Pelatnas.

Melihat pencapaian para pebulu tangkis Indonesia di sepanjang tahun 2023, ada tiga pemain/pasangan yang terancam degradasi karena kesulitan meraih prestasi. Siapa saja mereka?

1. Shesar Hiren Rhustavito

Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Shesar Hiren Rhustavito berada di ambang degradasi, setelah terlibat cedera dan sulit bersaing di sepanjang turnamen tahun 2023.

Baru-baru ini, Shesar Hiren Rhustavito gugur di babak pertama turnamen Syed Modi India International 2023, padahal lawannya berada di posisi yang lebih rendah di ranking BWF.

Pencapaian terbaik Shesar Hiren adalah saat tembus ke babak perempat final China Open 2023, walaupun saat itu ia kalah dari sesama pemain Pelatnas, Jonatan Christie.

Sisanya, Shesar Hiren lebih sering gugur di babak 32 besar atau mentok 16 besar saja. Bahkan, ada momen di mana atlet usia 29 tahun itu tersingkir di babak kualifikasi.

Nama Shesar Hiren sempat masuk skuad Indonesia di cabor bulutangkis nomor beregu Asian Games 2022 (September 2023), tetapi sayangnya ia tidak dimainkan.

Dengan catatan minor di sepanjang tahun 2023 ini, banyak yang menduga jika Shesar Hiren akan terdegradasi dari Pelatnas, dan dikembalikan ke klub PB Djarum.