In-depth

Merajai Ranking BWF Junior, 3 Titisan Taufik Hidayat Ini Bisa Mengguncang Dunia

Minggu, 3 Desember 2023 13:59 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Isman Fadil
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Sukses merajai ranking BWF junior, tiga tunggal putra Indonesia dari Alwi Farhan, Zaki Ubaidillah, hingga Prahdiska Bagas Shujiwo kans bisa mengguncang dunia. Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Sukses merajai ranking BWF junior, tiga tunggal putra Indonesia dari Alwi Farhan, Zaki Ubaidillah, hingga Prahdiska Bagas Shujiwo kans bisa mengguncang dunia.

INDOSPORT.COM – Sukses merajai ranking BWF junior, tiga tunggal putra Indonesia dari Alwi Farhan, Zaki Ubaidillah, hingga Prahdiska Bagas Shujiwo kans bisa mengguncang dunia.

Indonesia sebagai negara superior bulutangkis memang tidak pernah kehabisan talenta. Di persaingan level junior pun Indonesia memiliki sederet nama yang mampu berkuasa di papan atas ranking BWF.

Perlu diketahui jika ranking BWF junior ini berbeda dengan senior. Biasanya ranking BWF junior hanya dikhususkan untuk para atlet di bawah usia 19 tahun.

Jadi pemain akan dihapus dari ranking BWF junior setelah mencapai usia 19 tahun per 1 Januari. Di kategori ganda, pemain akan memiliki ranking individu dan bukan berpasangan.

Kali ini INDOSPORT akan mengulas secara khusus persaingan menjanjikan sektor tunggal putra di ranking BWF junior, di mana Indonesia cukup mendominasi di papan atas.

Di antaranya adalah Alwi Farhan, Moh. Zaki Ubaidillah, hingga Prahdiska Bagas Shujiwo yang digadang-gadang jadi titisan Taufik Hidayat dan bisa mengguncang dunia.

1. Alwi Farhan

Alwi Farhan Alhasny menjadi salah satu tunggal putra Indonesia yang mengganas di ranking BWF junior dan digadang jadi titisan Taufik Hidayat sang peraih emas Olimpiade Athena 2004.

Sejak 10 Oktober 2023 sampai berita ini dirilis, Alwi Farhan sukses mengudeta puncak ranking BWF junior yang sebelumnya dihuni pebulutangkis Prancis, Alex Lanier.

Alwi Farhan unggul 1.850 poin dari sang rival abadi, Kesuksesan merajai puncak ranking BWF itu tidak lepas dari hasil gemilang Alwi Farhan meraih medali emas Kejuaraan Dunia Junior Bulutangkis 2023.

Pada September 2023 lalu Alwi Farhan berhasil menggondol emas Kejuaraan Dunia Junior 2023. Dia mencatatkan namanya dalam sejarah sebagai tunggal putra Indonesia pertama yang bergelar juara dunia junior.

Mengingat usianya masih 18 tahun, Alwi Farhan diprediksi akan terus merajai ranking BWF junior andai performanya terus menunjukkan tren apik.

Bahkan saat ini Alwi Farhan sudah mulai menjajaki turnamen level senior dengan hasil tak cukup buruk, seperti kala finis di perempat final Syed Modi India International 2023 (super300).