Rian Ardianto Komentari Pasang Redup Kariernya dengan Fajar Alfian Usai Out dari WR1

Kamis, 7 Desember 2023 20:02 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© PBSI
Ganda putra Indonesia, Rian Ardianto, bicara soal pasang redup kariernya dengan Fajar Alfian usai terlempar dari posisinya sebagai World Ranking (WR) 1 dunia. Copyright: © PBSI
Ganda putra Indonesia, Rian Ardianto, bicara soal pasang redup kariernya dengan Fajar Alfian usai terlempar dari posisinya sebagai World Ranking (WR) 1 dunia.

INDOSPORT.COM – Ganda putra Indonesia, Rian Ardianto, bicara soal pasang redup kariernya dengan Fajar Alfian usai terlempar dari posisinya sebagai World Ranking (WR) 1 dunia.

Tahun lalu bintang bulutangkis Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto sukses untuk menembus delapan final turnamen dengan empat gelar juara, yang menempatkan mereka melesat ke ranking satu dunia per Selasa (27/12/23).

Hasil tersebut tentu sangat luar biasa mengingat Fajar/Rian kala itu sejatinya sempat terseok-seok sejak terakhir meraih gelar juara Korea Open 2019.

Sampai akhirnya, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di awal tahun 2023 kembali melanjutkan dominasinya dengan meraih dua gelar dari ajang Super 1000 di Malaysia Masters dan All England.

Hasil tersebut semakin menegaskan dominasi mereka yang tak terguncangkan dari posisinya di puncak ranking BWF ganda putra.

Hanya saja bukan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto jika tidak dilanda cobaan. Ketika ranking BWF mereka kuasa, ganda putra berjuluk FajRi itu kembali dilanda gejolak performa.

Usai All England 2023, performa Fajar/Rian sering tak konsisten, kadang bagus, namun sering pula mereka dikalahkan pasangan-pasangan yang jauh di bawah ranking mereka.

Puncaknya, ranking BWF Fajar/Rian lengser dari top satu ranking BWF dikudeta Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty dari pebulutangkis India usai Asian Games 2022.

Menanggapi kariernya bersama Fajar Alfian yang pasang surut di musim 2023 ini, Rian Ardianto pun membongkar sejumlah sebab.

“Tahun lalu kan kami hasilnya bagus. Jadi kebawalah ekspektasi (tinggi di tahun ini) kalau kita langsung bisa main di Olimpik. Tapi kan proses nyatanya kan tidak semudah itu,” ujar Rian Ardianto kepada awak media termasuk INDOSPORT pada Rabu (6/12/23).