x

Sultan Brunei Kalahkan Jokowi dan Wiranto di Adu Raket

Jumat, 4 Mei 2018 01:27 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo

Pemimpin negara tetangga, Brunei Darussalam, Sultan Haji Hassanal Bolkiah hari ini (03/05/18) melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia dan bertemu langsung dengan Presiden Joko Widodo.

Selain berbincang mengenai urusan kedua negara, Sultan Hassanal Bolkiah yang disambut di Istana Bogor, setelahnya juga ditantang oleh Presiden Jokowi untuk bertanding bulutangkis.

Baca Juga

1. Tawaran Pihak Indonesia

Retno Marsudi.

Bisa dibilang sebagai tantangan, lantaran memang pihak Indonesia sendiri yang memberikan tawaran kepada Sultan berusia 71 tahun tersebut untuk beradu kuat dalam pertandingan olahraga yang sangat populer di Asia tenggara tersebut.

"Iya. Sultan memang hobinya adalah badminton. Kita sebagai tuan rumah menawarkan," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi kepada wartawan saat mendampingi Jokowi menerima Sultan Brunei di Istana Bogor.


2. Persiapan Jokowi

Jokowi memakai jaket Asian Games 2018

Menghadapi sesama pemimpin negara, Presiden Jokowi ternyata tidak main-main. Itu terbukti dari persiapan yang dilakukannya.

Sebelum pertandingan di GOR Ahmad Yani, Markas Besar TNI Cilangkap, Jakarta Timur itu dimulai, Presiden asal Solo itu terlihat melakukan lari-lari kecil dan sesekali melakukan pelenturan ujung kakinya guna menghindari terjadinya keram otot. Bahkan Jokowi juga sempat melakukan pemansan dengan bertanding menghadapi Menko Polhukam Wiranto sekitar 3 menit.


3. Pertandingan

Pertandingan Bulutangkis Jokowi menghadapi Sultan Brunei.

Dan dalam pertandingan sebenarnya antara Jokowi menghadapi Sultan Hassanal Bolkiah, dilangsungkan dalam format ganda putra. Jokowi berduet dengan Alan Budikusuma Wiratama, sementara Sultan Brunei oleh pelatih bulutangkis Hendri Kurniawan Saputra.

Saling adu kemampuan secara sengit di atas lapangan, dalam set pertama, skorpun harus berakhir imbang 25-25. Namun di babak berikutnya, Jokowi ternyata digantikan dengan Menko Polhukam Wiranto. Sementara Sultan Brunei masih terus maju meladeni permainan.

Menghadapi lawan dengan kondisi yang lebih segar, sultan Brunei justru mampu tampil bagus dan memenagkan set kedua dengan skor 21-16.


4. Wiranto Kembali Kalah

Sultan Brunei saat usai bertanding bulutangkis dengan Jokowi.

Mampu mengatasi perlawanan pihak Indonesia, Sultan Brunei tak lantas berhenti begitu saja. Dirinya masih terus melanjutkan pertandingan. Namun dalam set berikutnya, dirinya berpasangan dengan legenda tunggal puteri Indonesia Susi Susanti.

Kembali berhadapan dengan Wiranto, Sultan ke-29 Brunei itu kembali menang, juga dengan skor serupa dengan sebelumnnya 21-16. Pertandingan anatara para pejabat tinggi negara itupun berakhir dengan sesi foto bersama saat magrib menjelang di Timur Jakarta sekitar pukul 18.00.

Brunei DarussalamJokowiRaketWiranto

Berita Terkini