x

Hitung-hitungan Line Up Semifinal Piala Thomas 2018 Antara Indonesia vs China

Jumat, 25 Mei 2018 08:00 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
Kevin Sanjaya/Marcus Gideon Feraldi

Babak semifinal Piala Thomas 2018 mempertemukan Indonesia melawan musuh bebuyutannya, China. Kedua negara berhasil melaju ke semifinal setelah menjadi juara grup di penyisihan, dan menampilkan permainan apik di babak perempatfinal. 

Indonesia sudah meraih Piala Thomas sebanyak 13 kali dan China berhasil mengangkat trofi sebanyak 9 kali. Duel dua tim pengoleksi gelar terbanyak ini sangat menarik untuk disaksikan. 

Sebelum menyaksikan para atlet kedua negara ini bertanding, INDOSPORT akan menyajikan hitung-hitungan kekuatan serta prediksi line up kedua tim. 

Baca Juga

1. Tunggal

Jonatan Christie.

- Tunggal Pertama

Untuk tunggal pertama, kemungkinan kedua negara akan menurunkan tunggal terbaik mereka. Anthony Ginting dari kubu Indonesia, dan Chen Long di kubu China. 

Pasalnya, kedua tunggal ini selalu diturunkan di pertandingan-pertandingan sebelumnya. Dan hampir pasti di babak semifinal, keduanya akan saling berhadapan. 

Namun, ada sedikit catatan untuk Anthony Ginting. Ia bisa saja tak dimainkan di babak semifinal karena hanya meraih dua kemenangan dari empat pertandingan di Piala Thomas 2018. Dan dua kekalahan tersebut didapat dari lawan-lawan berat seperti Son Wan Ho (Korea Selatan) dan Lee Chong Wei (Malaysia). 

Dan secara peringkat, Chen Long lebih unggul dibanding Ginting. 

- Tunggal Kedua

Di tunggal kedua, China kemungkinan besar akan menurunkan Shi Yuqi. Sama seperti Chen Long, Shi Yuqi juga selalu diturunkan dalam empat pertandingan yang telah berlangsung. 

Dan di kubu Merah Putih, posisi tunggal kedua sempat bergantian diisi oleh Jonatan Christie dan Ihsan Maulana Mustofa. Namun, dengan lawan yang kuat seperti Chen Long maka kemungkinan besar Jonatan yang akan diturunkan. 

- Tunggal Ketiga

Ihsan Maulana Mustofa yang sebelumnya sempat diturunkan di tunggal kedua, pada babak perempatfinal diturunkan di tunggal ketiga. Namun di babak semifinal, dengan China yang kemungkinan akan menurunkan Lin Dan sebagai tunggal ketiga, maka besar kemungkinan Firman Abdul Kholik yang akan diturunkan. 

Mengingat Lin Dan tak terlalu memahami gaya permainan Firman. Firman bisa menjadi kuda hitam yang siap menjatuhkan sang veteran.  


2. Ganda

Kevin Sanjaya/Marcus Gideon Feraldi

- Ganda Pertama

Ganda pertama Indonesia hampir pasti menjadi milik Kevin Sanjaya/Marcus Gideon. Dua Minions kemungkan akan melawan Liu Cheng/Zhang Nan yang merupakan ganda putra terkuat China. 

Duo Minions sempat menelan kekalahan kala menghadapi tuan rumah Thailand. Namun saat melawan Korea Selatan dan Malaysia, Kevin/Marcus berhasil meraih kemenangan dan menunjukkan kekuatan sejati mereka sebagai rangking satu dunia. 

- Ganda Kedua

Dua ganda Indonesia lainnya memiliki rekor cukup bagus saat berhadapan dengan Li Junhui/Liu Yuchen. Fajar Alfian/Rian Ardianto maupun Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. 

Namun jika menengok tiga pertandingan empat laga yang telah dijalani di Piala Thomas 2018, Fajar Alfian/Rian Ardianto punya peluang yang lebih besar untuk diturunkan di semifinal. Terutama jika Indonesia sedang unggul 2-1 atau tertinggal 1-2. 


3. Prediksi

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto

Berikut prediksi INDOSPORT untuk line up Indonesia vs China di babak semifinal Piala Thomas 2018. 

Anthony Sinisuka Ginting vs Chen Long
Kevin Sanjaya/Marcus Gideon vs Liu Cheng/Zhang Nan
Jonathan Christie vs Shi Yuqi
Fajar Alfian/Rian Ardianto vs Li Junhui/Liu Yuchen
Firman Abdul Kholik vs Lin Dan

Piala ThomasLin DanAnthony Sinisuka GintingJonatan ChristieFajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoFirman Abdul KholikChen LongKevin Sanjaya/Marcus Gideon

Berita Terkini