x

Mantap Betul, Lin Dan Masuk Daftar 100 Atlet Paling Hebat dalam Sejarah

Selasa, 16 Juni 2020 17:45 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Indra Citra Sena
Pebulutangkis tunggal putra China, Lin Dan, masuk dalam daftar 100 besar atlet pria paling hebat dalam sejarah versi surat kabar kenamaan Spanyol, Marca.

INDOSPORT.COM -  Pebulutangkis tunggal putra China, Lin Dan, masuk dalam daftar 100 besar atlet pria paling hebat dalam sejarah versi surat kabar kenamaan Spanyol, Marca.

Dilansir 360badminton, surat kabar Marca beberapa waktu lalu menetapkan 100 nama atlet putra terbaik abad ke-21, dan nama Lin Dan menduduki peringkat ke-75. Dia dinobatkan sebagai pemain bulutangkis terhebat sepanjang masa.

Baca Juga
Baca Juga

Lin Dan menjadi satu-satunya pebulutangkis yang masuk daftar 100 nama atlet pria terbaik sepanjang masa versi surat kabar Marca. Tentunya penobatan tersebut tidak bisa dianggap sebuah prestasi kecil.

Sebab, surat kabar Marca menempati peringkat ke-12 dunia tahun 2019. Mereka memiliki pembaca sekitar 2.500.000 setiap harinya dan menjadi yang paling tinggi di Spanyol untuk ukuran surat kabar harian.

Penobatan Lin Dan sebagai atlet pria terbesar sepanjang masa memang pantas setelah semua hal yang dicapainya di bulutangkis. Di masa kejayaannya, hampir tidak ada atlet yang berhasil mengalahkan legenda bulutangkis China tersebut.

Tak hanya itu, Suami dari Xie Xingfang tersebut juga merupakan pemain yang memiliki koleksi gelar Grand Slam terlengkap di nomor tunggal putra.

Lin Dan tercatat telah memenangkan seluruh medali emas di gelaran Olimpiade, Kejuaraan Dunia, Asian Games, Piala Sudirman sampai Piala Thomas, BWF Super Series Finals, Kejuaraan All England dan Kejuaraan Asia, di mana ia resmi menyelesaikan koleksinya pada 2011.

Edisi 2012, Lin Dan kembali mencetak sejarah dengan menjadi pemain tunggal putra pertama yang berhasil mempertahankan medali emas di dua edisi Olimpiade, sekaligus menobatkannya sebagai peraih dua medali emas pertama di sektor tunggal putra.

Bahkan di Kejuaraan Dunia Bulutangkis, pencapaian lima medali emas yang ditorehkan oleh seorang Lin Dan masih sulit untuk dipecahkan oleh pemain tunggal putra manapun sekaliber Kento Momota.

Di gelaran Piala Sudirman, Lin Dan berhasil memenangi lima gelar bersama China, ditambah enam trofi Piala Thomas, untuk tim bulutangkis Negeri Tirai Bambu.

Baca Juga
Baca Juga

Konsistensi seorang Lin Dan selama lebih dari 15 tahun kariernya di dunia bulutangkis memang akan sangat sulit untuk disamai pemain mana pun, bahkan oleh generasi-generasi baru dari China.

Sampai saat ini, Lin Dan juga masih belum memikirkan pensiun dari dunia tepok bulu dan bahkan masih mengincar penampilan kelimanya di ajang Olimpiade Tokyo 2020 yang akan bergulir pada 2021.

Piala ThomaschinaLin DanOlimpiadePiala SudirmanAtletBulutangkisBerita OlahragaBerita SportBerita BulutangkisKejuaraan Dunia Bulutangkis

Berita Terkini

Berita Terpopuler