x

Rafael Nadal Bikin Geger Lagi, Kali Ini Ciptakan Rekor Aneh tapi Unik

Rabu, 30 Maret 2022 18:21 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Rafael Nadal kembali bikin heboh berkat ciptaan-ciptaan rekornya. Foto: Clive Brunskill/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Meski gagal meraih kemenangan di final Indian Wells BNP Paribas Open, Rafael Nadal masih tampil begitu digdaya tahun ini.

Untuk diingat kembali, petenis asal Spanyol tersebut baru saja kalah di partai puncak tunggal putra Indian Wells 2022 dari lawan yang benar-benar tidak terduga.

Baca Juga

Adalah wakil Amerika Serikat, Taylor Fritz, yang mengubur dalam-dalam hasrat Rafael Nadal untuk menjaga rekor kemenangan sempurna pada awal tahun 2022.

Meski berbeda jauh dalam hal ranking, senioritas, usia, dan pengalaman, Taylor Fritz ternyata berhasil menaklukkan salah satu unggulan utama di turnamen ini.

Ia melancarkan serangan habis-habisan kepada sang senior demi misi besar memenangkan gelar juara. Sukses, Taylor Fritz pun menekuk Rafael Nadal 6-3, 7-6(5).

Baca Juga

Rafael Nadal memang memulai awal tahun 2022 dengan rekor yang sangat sempurna. Termasuk juara Australian Open, ia telah mencatatkan rekor kemenangan 20-0 sampai final Indian Wells 2022.

Akan tetapi, akibat kekalahan di partai final, rekor tesebut akhirnya putus juga saat ia melakoni laga ke-21.

Setelah final Indian Wells 2022, Rafael Nadal memang telah menciptakan banyak rekor luar biasa, yang mana sudah sempat dibahas oleh redaksi berita olahraga INDOSPORT.com beberapa waktu lalu.

Baca Juga

Namun ternyata, selepas hajatan Indian Wells 2022 sepekan lebih, Rafael Nadal kembali jadi bahan berita lantaran ada rekor luar biasa lain yang telah diciptakannya.

Kira-kira apa?


1. Rekor Aneh tapi Unik

Rafael Nadal kembali bikin heboh berkat ciptaan-ciptaan rekornya. Foto: Clive Brunskill/Getty Images.

Seperti dimuat di laman Tennis World, Rafael Nadal sah jadi petenis yang paling banyak menorehkan kemenangan melawan para rivalnya yang berstatus ranking 1 dunia.

Petenis yang kini berusia 35 tahun itu memang pernah jadi pemuncak ranking dunia yang bertahan sampai 209 pekan.

Baca Juga

Namun bak roda berputar, ia tidak selamanya terus berada di atas. Rafael Nadal pun pernah melorot di daftar ranking seperti pemain lain pada umumnya dan hal tersebut sebenarnya wajar-wajar saja.

Meski begitu, melorotnya Nadal dari posisi teratas dunia, bahkan dari tiga besar, ternyata membawa berkah alias blessing in disguise.

Ia jadi punya banyak kesempatan melawan para petenis ranking 1 dunia yang lain. Dan otomatis, setiap kemenangan yang diraihnya pun akan dihitung sebagai sebuah pencapaian tersendiri.

Baca Juga

Lantas seperti apa hasilnya? Menurut laporan Sportskeeda yang diwartakan Tennis World, Nadal telah mencatat 22 kemenangan atas para petenis nomor satu dunia.

Kemudian menyusul di bawahnya ada Boris Becker dengan 19 kemenangan, disusul Novak Djokovic dengan 17 kemenangan.

Untuk mencapai rekor ini, Nadal tentu tidak perlu menghabiskan banyak waktu melawan seabrek petenis yang ada di luar sana.

Baca Juga

Karena sebagaimana disebutkan, rekor kemenangannya ini hanya berlaku atas para petenis yang pernah menjadi ranking satu dunia ketika Nadal tidak berada di puncak.

Ya, kemenangan kontra Novak Djokovic dan Roger Federer pun sudah cukup bagi Nadal untuk meraih angka 22 tersebut.


2. Detail Rekor

Rafael Nadal kembali bikin heboh berkat ciptaan-ciptaan rekornya. Foto: Clive Brunskill/Getty Images.

Jika harus menyebut detailnya, Nadal menang 13 kali atas Federer ketika petenis asal Swiss tersebut berstatus nomor satu dunia.

Sementara itu sisanya, yakni 9 kemenangan, Nadal torehkan ketika melawan petenis ranking satu yang lain, siapa lagi kalau bukan Djokovic.

Baca Juga

Kemudian, dari 13 kemenangan kontra Federer, 11 di antaranya terjadi di partai final, termasuk 4 kali di turnamen Grand Slam.

Selebihnya, dua petenis ini berjumpa di semifinal French Open Roland Garros 2005 dan putaran tiga Miami Masters 2004.

Lantas ketika jumpa Djokovic, 7 dari 9 kemenangan Nadal terjadi di partai final, termasuk 3 kali di turnamen Grand Slam. Sisanya, dua kali di ajang seminal.

Baca Juga

Jika melihat catatan ini, nampaknya tidak dapat dipungkiri bahwa sektor tenis putra dunia memang sangat didominasi oleh tiga pemain di atas.

Tentu patut dinanti bakal seperti apa sepak terjang Nadal selanjutnya, terlebih lagi pada tahun 2022 ini.

Setelah berlaga di Indian Wells 2022, ia belum melakukan comeback lagi, bahkan di Miami Open yang saat ini tengah berlangsung di Florida.

Baca Juga

Pasalnya, ia lagi-lagi harus berkutat dengan cedera saat berlaga di Indian Wells 2022. Bahkan, Nadal harus mendapat perawatan medis ketika bertanding melawan Carlos ALcaraz Garfia di semifinal.

Akibatnya, Nadal yang harus absen selama empat sampai enam pekan dan melewatkan turnamen Monte Carlo Masters dan ATP 500 di Barcelona.

Rafael NadalIndian Wells MastersTenisBerita OlahragaBerita Tenis

Berita Terkini