x

Tak Dimasukkan Skuad Badminton Asia Championships, 2 Pebulutangkis Malaysia Murka

Rabu, 13 April 2022 16:21 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Dua pebulutangkis independen Malaysia, termasuk tunggal putri Goh Jin Wei, sangat marah dan kecewa setelah tidak dimasukkan dalam skua Badminton Asia Championship (2022) di Manila.

INDOSPORT.COM – Dua pebulutangkis independen Malaysia, sangat marah dan kecewa setelah tidak dimasukkan dalam skua Badminton Asia Championships (2022), yang akan diselenggarakan di Manila pada 26 April – 1 Mei mendatang.

Pada Selasa (13/04/22) kemarin, Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) telah resmi merilis daftar nama pebulutangkis Negeri Jiran yang diikutsertakan ke ajang Badminton Asia Championships.

Baca Juga

Anehnya, nama Soong Joo Ven an Goh Jin Wei tidak ada dalam dafta tersebut. Padahal mereka menjadi salah satu dari empat peringkat teratas pemain tunggal putra dan putri di negara tersebut.

Joo Ven yang berperingkat 65 dunia dan Jin Wei (128 dunia) juga merasa bingung setelah didapati ada nama-nama pemain yang berperingkat lebih rendah dari mereka dipilih untuk turnamen.

Di sektor tunggal putra, BAM akan mengandalkan peringkat 7 dunia Lee Zii Jia, Liew Daren (35 dunia), dan Ng Tze Yong (45).

Baca Juga

Anehnya, BAM juga memanggil Aidil Sholeh Ali Sadikin, yang ternyata menempati peringkat keenam nasional, yang bahkan posisinya di belakang Cheam June Wei (72).

“Berdasarkan peringkat, jeelas bahwa baik Cheam (June Wei) dan saya peringkatnya lebih tinggi dari Aidil,” ujar Song Joo Ven, dilansir dari NST.

“Saya tidak melihat adanya pembenaran di sini. Ini bukannya karena Aidil bermain sangat baik akhir-akhir ini,” lanjutnya.

Baca Juga

Kebingungan juga dirasakan oleh Goh Jin Wei yang berperingkat 88 dunia. Dia mendengar namanya dicoret dari skuad BAC usai mengalahkan pebulutangkis 21 dunia Pitthayaporn Chaiwan asal Thailand di ajang Korea Masters 2022.

“Saya langsung mengecek dengan bertanya ke BAM dan diberitahu bahwa itu berdasarkan nominasi Asosiasi Anggota (MA),” kata Jin Wei.


1. Goh Jin Wei Terkejut Tak Diikutkan ke Badminton Asia Championships

Goh Jin Wei pebulutangkis asal Malaysia.

“Saya tidak tahu ada keputusan seperti itu. Saya tidak tahu harus berbuat apa sekarang. Saya merasa tidak berdaya,” sambungnya.

Song Joo Ven dan Goh Jin Wei sendiri saat ini berstatus pemain independen dan bermain di bawah bendera Kuala Lumpur Racket Club (KLRC).

Baca Juga

Mereka jelas berhak merasa keberatan atas keputusn BAM karena ini berarti mereka kehilangan kesempatan poin peringkat dunia melalui turnamen tertinggi di Asia.

Ajang Badminton Asia Championships sendiri baru comeback dipertandingan setelah absen tiga tahun akibat pandemi COVID-19. Selama hiatus, ajang ini ditingkatkan statusnya dari Super 500 menjadi Super 1000.

Baca Juga

Song Joo Wen dan Goh Jin Wei sendiri baru saja melakukan debut mereka sebagai pasangan ganda campuran di ajang Korea Masters 2022.

Sayangnya, mereka gagal lolos ke babak kedua usai kalah dua set langsung 21-11, 22-20 dari rekan senegaranya Chan Peng Soon/Toh Ee Wei.


2. Skuad Malaysia di BAC 2022

Logo Badminton Association of Malaysia (BAM).

Selengkapnya, berikut ini dafta skuad Malaysia di Badminton Asia Championships 2022:

Tunggal Putra:

1. Lee Zii Jia

2.  Liew Daren

3. Ng Tze Yong

4. Aidil Sholeh Ali Sadikin

Tunggal Putri

1. Kisona Selvaduray

2. Siti Nurhuhaini Azman

3. Myisha Mihd hairul

4. Tan Zhing Yi

Ganda Putra

1. Aaron Chia/Soh Wooi Yik

2. Ong Yew Sin/Teo Ee Yi

3. Goh Sze Fei/Nur Izzudin Rumsani

4. Man Wei Chong/Tee Kai Wun

Ganda Putri

1. Pearly Tan/Thinaah Muralitharan

2. Anna Ching yik Cheong/Teoh Mei Xing

3. Loh Yeen Yuan/Valeree Siow

4. Go Pei Kee/Yap Ling

Ganda Campuran:

1. Tan Kian Meng/Lai Pei Jing

2. Goh Soon Huat/Shevon Jemie Lai

3. Hoo Pang Ron/Cheah Yee See

4. Chen Tan Jie/Peck Yen Wei

MalaysiaBadminton Asia ChampionshipsBulutangkisAsosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM)Berita BulutangkisSoong Joo VenGoh Jin Wei

Berita Terkini