x

Jelang Jumpa Chico Aura di Badminton Asia Championship, Kento Momota Malah Curhat Sedih

Sabtu, 23 April 2022 20:40 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Prio Hari Kristanto
Calon lawan Chico Aura Dwi Wardoyo asal Jepang, Kento Momota, curhat kesedihan dengan mentalnya yang tidak stabil jelang di Badminton Asia Championship 2022.

INDOSPORT.COM – Calon lawan Chico Aura Dwi Wardoyo asal Jepang, Kento Momota, curhat kesedihan dengan mentalnya yang tidak stabil jelang di Badminton Asia Championship 2022.

Sebagai informasi, Badminton Asia Championship adalah ajang kejuaraan bulutangkis asia individu, di mana setiap negara di Asia hanya boleh mengirimkan maksimal empat wakilnya di setiap sektor.

Baca Juga

Para pebulu tangkis yang bisa beraksi di Badminton Asia Championship hanya mereka yang diundang oleh Konfederasi Bulutangkis Asia atau Badminton Asia Confederation.

Ajang Badminton Asia Championship 2022 sendiri akan berlangsung pada 26 April - 1 Mei di Manila, Filipina. Seluruh pebulu tangkis terbaik bakal berlomba untuk memenangkan medali.

Salah satu yang berpartisipasi adalah Kento Momota. Tunggal putra ranking dua dunia itu adalah salah satu yang tersukses di ajang Badminton Asia Championship.

Baca Juga

Betapa tidak, Kento Momota telah memenangkan dua medali emas pada perhelatan Badminton Asia Championship 2018 dan edisi 2019 lalu.

Kento Momota pun berkesempatan untuk memenangkan kembali medali emas Badminton Asia Championship 2022 menyusul mundurnya beberapa pesaing.

Sayangnya, Kento Momota justru menyimpan banyak keraguan melihat performanya yang tidak satabil selama beberapa waktu belakangan ini. Termasuk sejak dilanda cedera punggung pada akhir 2021 lalu.

Baca Juga

“Jika idealnya adalah 100, maka sekarang adalah 50, Mengingat situasi sebelumnya (dibatalkan karena pandemi), saya senang dapat berpartisipasi.”

“Jadi saya ingin mainkan setiap pertandingan dengan serius,” sambung Kento Momota melansir Badminton Spirit.


1. Kento Momota Curhat Sering Dibanding-bandingkan

Pebulutangkis asal Jepang, Kento Momota, curhat menohok tentang pasang surut kariernya.

Sebelum cedera punggung pada akhir 2021, sesungguhnya Kento Momota juga  sudah mengalami kemerosotan performa, utamanya sejak kecelakaan parah di Malaysia pada Senin (13/01/20).

Akibat kecelakaan itu, wajah dan tubuh Momota mengalami cedera yang membuatnya harus melakukan operasi di bagian wajahnya.

Baca Juga

Setidaknya, sejak operasi itu dilakukan, Kento Momota belum bisa kembali ke performa terbaiknya. Pebulu tangkis Jepang itu kandas pada babak penyisihan grup Olimpiade Tokyo 2022.

Dia sempat comeback dengan juara di Indonesia Masters 2021. Namun cedera punggung itu datang, hingga mempengaruhi mentalnya sampai saat ini.

“Cedera tidak berdampak, tetapi saya pikir, bagian mental memiliki dampak yang sangat besar,” ucap Kento Momota  masih melansir Badminton Spirit.

Baca Juga

“Dari awalnya memenangkan kejuaraan sebanyak 11 kali pada 2019, kini hanya memenangkan 1 (juara), itu sulit (untuk diterima). Jadi saya mendengar banyak keraguan (dari orang-orang),” sambungnya.

“Orang-orang di sekitar saya, sering membandingkan saya sekarang dengan waktu (kejayaan) itu. Jadi saya rasa, saya tidak merasa nyaman. Saya sedih mendengar komentar seperti itu,” curhat Kento Momota.

“Saya berharap mendapatkan kembali kepercayaan diri saya sesegera mungkin. Menang adalah cara tercepat. Saya ingin menang,” pungkasnya menggebu-gebu.

Baca Juga

Pada babak pertama Badminton Asia Championship 2022, Kento Momota akan berhadapan dengan tunggal putra Indonesia, Chico Aura Dwi Wardoyo.

Kento Momota jauh lebih diunggulkan secara ranking dan pengalaman. Namun kondsi mental yang tidak stabil dari wakil Jepang itu, membuat segalanya mungkin terjadi.


2. Kento Momota Jadi Kapten Jepang di Tim Piala Thomas 2022

Pebulu tangkis tunggal putra Jepang, Kento Momota, jadi kapten tim Piala Thomas 2022.

Selain mengikuti ajang Badminton Asia Championship 2022, Kento Momota juga akan berpartisipasi memperkuat Jepang di ajang Piala Thomas 2022.

Jepang telah menunjuk Kento Momota sebagai kapten tim Piala Thomas 2022, dan Sayaka Takahashi sebagai kapten tim piala Uber 2022.

Sebagai kapten tim Piala Thomas 2022 untuk Jepang, Kento Momota mengusung misi kebangkitan di tengah kemerosotan performa.

“Terakhir kali saya berada di empat terbaik dan saya bisa mendapatkan hasil memuaskan. Kali ini saya ingin bekerja keras untuk memenangkan kejuaraan,” ucap Kento Momota melansir Yahoo Japan.

Baca selengkapnya: Ditunjuk Jadi Kapten Tim Jepang di Piala Thomas, Kento Momota Janji Bangun dari 'Tidur'

Kento MomotaBulutangkisBerita BulutangkisNippon Badminton Association (NBA)Badminton Asia Championships 2022

Berita Terkini