x

Sukses Depak Unggulan Kedua, BAC 2022 Jadi Turnamen Terakhir Ribka/Siti?

Jumat, 29 April 2022 09:30 WIB
Penulis: Aji Prakoso | Editor: Subhan Wirawan
kejuaraan Bulutangkis Badminton Asia Championship 2022 kemungkinan akan menjadi ajang penampilan terakhir pasangan ganda putri Ribka/Siti.

INDOSPORT.COM –Sebanyak 17 wakil Indonesia dari 5 kategori berbeda tampil di ajang Badminton Asia Championship 2022 yang berlangsung di Manila, Filipina mulai Selasa (26/4/2022), hingga Minggu (1/5/2022).

Adapun wakil Indonesia di ajang Badminton Asia Championship 2022 terdiri dari 4 tunggal putra, 2 tunggal putri, 4 ganda putra, 4 ganda campuran, dan 3 ganda putri.

Baca Juga

Di tengah perjuangan wakil Indonesia di Filipina, terselip cerita sedih yang menggelayuti salah dua atlet di nomor ganda putri, yaitu Ribka Sugiarto/Siti Fadia Silvia.

Usut punya usut, kejuaraan Bulutangkis Badminton Asia Championship 2022 kemungkinan akan menjadi ajang penampilan terakhir bagi keduanya, sebagai pasangan ganda putri. 

Rencananya, PBSI akan melakukan perombakan dengan memplot Ribka Sugiarto sebagai tandem Febby Valencia Dwijayanti Gan.

Baca Juga

Sedangkan Siti Fadia Silvia, akan diduetkan dengan peraih emas Olimpiade Tokyo 2020, Apriyani Rahayu menggantikan Gresya Polli yang santer dikabarkan akan segera pensiun.

Dengan beredarnya kabar ini. Ribka Sugiarto mengaku sedih, karena ia merasa duetnya dengan Siti Fadia sebenarnya sudah cukup solid dan makin padu pada beberapa laga terakhir.

"Kalau dibilang turnamen terakhir pastinya sedih karena dari nol kan sama Fadia ya. Dari belum apa-apa juga sama Fadia sampai dari kemarin (kalahkan unggulan ke-2) sebenarnya progressnya juga sudah ada," ujar Ribka Sugiarto dilansir dari YouTube PBSI.

Meskipun begitu, Ribka Sugiarto tetap menerima apapun keputusan dari tim Pelatnas Cipayung dengan kerelaan hati.

Baca Juga

"Tetapi balik lagi kebutuhan tim kami tidak pernah tahu. Jadi fokus sama individu masing-masing juga dan berikan yang maksimal siapapun pasangannya," sambungnya. 


1. Terbukti Ampuh

Aksi ganda putri Indonesia, Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto di Badminton Asia Championship

Ribka Sugiarto dan Siti Fadia Silva sepertinya tak mau ambil pusing akan keputusan tim. Keduanya hanya ingin fokus pada Badminton Asia Championship 2022 di Manila, Filipina. 

"Kami mau fokus dulu ke sini, babak pertama lawannya tidak mudah. Kalau masalah itu (dipecah), kami mau maksimal siapapun pasangannya," ucap Siti.

Baca Juga

Di ajang turnamen Badminton Asia Championships 2022 sejauh ini, penampilan pasangan Ribka/Siti memang terbukti ampuh.

Perjalanan Ribka Sugiarto/Siti Fadia Silvia di Badminton Asia Championships 2022 dimulai pada pertarungan 3 gim yang mendebarkan melawan wakil Korea, Kim Soyeong/Kong Heeyong di babak 32 besar, Rabu (27/04/22).

Pada pertandingan tersebut Ribka/Siti berhasil menyudahi perlawanan sengit Kim/Kong dengan skor 10-21, 21-12, dan 21-15.

Baca Juga

Kemudian, di babak 16 besar yang berlangsung Kamis (28/04/22), Ribka Sugiarto/Siti Fadia Silva Ramadhanti bertemu wakil Chinese Taipei, Chang Ching Hui/Lee Chih Chen.

Pertandingan antara Ribka Sugiarto/Siti Fadia Silva melawan Chang Ching Hui/Lee Chih Chen juga berlangsung seru karena sempat terjadi kejar-kejaran poin di antara keduanya.

Baca Juga

Kendati demikian Ribka Sugiarto/Siti Fadia Silvia mampu keluar sebagai pemenang dengan skor akhir 21-13, 21-15.


2. Lee Zii Jia Waspadai Kekuatan Tersembunyi Indonesia

Lee Zii Jia

Lee Zii Jia berpeluang menjadi orang Malaysia keenam yang memenangi trofi tunggal putra di ajang Badminton Asia Championships (BAC), minggu ini.

Namun, pertama-tama Lee Zii Jia harus waspada terhadap ‘harimau terluka,’ yang berharap bisa kembali menemukan sinarnya di ajang yang setara dengan Super 1000 tersebut.

Pelatih Zii Jia asal Indonesia, Indra Wijaya, mengatakan para pemain seperti Anthony Sinisuka Ginting kemungkinan tampil habis-habisan di edisi BAC 2022. 

Baca selengkapnya:Bidik Juara di BAC, Pelatih Minta Lee Zii Jia Waspadai 'Harimau Terluka' Asal Indonesia

Badminton Asia ChampionshipsBulutangkisSiti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka SugiartoBerita BulutangkisBadminton Asia Championships 2022

Berita Terkini