x

Agar Bisa Menangi Piala Thomas, Lee Chong Wei Minta Malaysia Permalukan Ganda Putra Indonesia

Jumat, 6 Mei 2022 18:17 WIB
Penulis: Aji Prakoso | Editor: Isman Fadil
Legenda bulutangkis Malaysia, Lee Chong Wei (kanan) rupanya punya siasat jitu untuk permalukan Tim Thomas Indonesia.

INDOSPORT.COM - Jelang digelarnya turnamen Piala Thomas dan Uber 2022 pada Minggu (08/05/22) di Bangkok, Thailand, legenda bulutangkis Malaysia, Lee Chong Wei, rupanya punya siasat jitu untuk permalukan Tim Thomas Indonesia.

Lee Chong Wei menilai jika Malaysia ingin mengalahkan Indonesia yang notabene juara bertahan Piala Thomas, maka mereka harus memenangi pertempuran di sektor ganda putra.

Baca Juga

“Saat ini Indonesia memiliki pasangan ganda putra terbaik,” kata Chong Wei, dikutip dari laman The Star.

''Mereka memiliki kualitas dan kuantitas juga,'' pungkasnya.

Dalam babak perempat final di dua edisi terakhir Piala Thomas, 2018 (Bangkok) dan 2020 (Aarhus), Malaysia memang belum pernah sekalipun memetik kemenangan dari Indonesia.

Baca Juga

Melihat catatan pertemuan di atas, wajar apabila Lee Chong Wei mendorong para juniornya untuk melampiaskan ‘dendam’ terhadap wakil Indonesia di ajang  Piala Thomas tahun ini.

Pada edisi Piala Thomas 2022, ganda putra Indonesia dipastikan tidak akan diperkuat oleh salah satu atlet terbaiknya, yaitu Marcus Fernaldi Gideon.

Marcus saat ini diketahui masih menjalani masa pemulihan pasca sembuh dari cedera pergelangan kaki yang dideritanya sejak beberapa bulan yang lalu.

Walaupun demikian, Tim Garuda masih bisa berharap banyak dari pasangan ganda putra senior seperti Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dan Fajar Alfian/Rian Ardianto.

Sedangkan duet ganda putra muda peraih trofi All England 2022, Shohibul Fikri/Bagas Maulana juga bisa diandalkan oleh Indonesia dalam mendulang poin.

Baca Juga

Selain itu, Kevin Sanjaya Sukamuljo, rekan duet Marcus Fernaldi Gideon, juga tetap diberangkatkan ke Bangkok demi menambah kedalaman skuad kontingen Indonesia di Piala Thomas 2022.


1. Yakin Kekuatan Ganda Putra Malaysia

Selebrasi Aaron Chia/Soh Wooi Yik usai kalahkan Marcus/Kevin di Olimpiade Tokyo 2020.

Lee Chong Wei yakin bahwa kekuatan yang dimiliki ganda putra Malaysia, terutama pasangan Aaron Chia/Soh Wooi Yik, dapat menyulitkan Tim Indonesia di ajang Piala Thomas 2022.

“Aaron ada di tim ketika saya menjadi kapten pada 2018 di Bangkok. Itu adalah Piala Thomas pertamanya tetapi dia sudah menunjukkan kualitas kepemimpinan yang baik,” kata Chong Wei.

Baca Juga

“Dia adalah pembelajar yang cepat dan tidak membiarkan tekanan menimpanya. Sebagai kapten senior dan tim, saya yakin Aaron bisa menginspirasi tim untuk melangkah jauh,” ungkapnya.

Aaron dan rekannya Soh Wooi Yik telah membuat kejutan ketika mereka mengalahkan Marcus-Kevin dan Hendra-Ahsan dalam perjalanan memenangi medali perunggu di Olimpiade Tokyo tahun lalu.

Duo andalan Tim Malaysia ini akan didampingi oleh dua pasangan ganda putra lain yang tak kalah bagusnya, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi dan Goh Sze Fei/Nur Izzuddin Rumsani.

Baca Juga

“Kami memiliki tiga pasangan yang bagus juga tetapi mereka harus (tampil) luar biasa untuk mengalahkan wakil Indonesia,” ujar Chong Wei.

“Piala Thomas spesial bagi Indonesia seperti halnya Malaysia. Mereka adalah petarung dan sangat termotivasi dalam pertandingan tim,” sambungnya.

Di nomor tunggal putra, Anthony Ginting, Jonatan Christie dan Shesar Hiren dari Indonesia berada di peringkat yang lebih tinggi dibandingkan wakil Malaysia, yakni Lee Zii Jia, Liew Daren dan Ng Tze Yong.

Akan tetapi, Lee Chong Wei tetap percaya bahwa sektor tunggal putra Malaysia bisa mencuri setidaknya dua poin dari wakil Indonesia.

“Peluang terbaik mungkin di single pertama, di mana kami bisa mengandalkan Zii Jia. Dan mudah-mudahan single ketiga bisa bangkit juga,” imbuhnya.

Baca Juga

Indonesia telah memenangkan Piala Thomas 14 kali sementara Malaysia telah merasakan kesuksesan lima kali. Namun, kemenangan terakhir Tim Negeri Jiran itu adalah 30 tahun yang lalu pada tahun 1992, di mana mereka mengalahkan Indonesia dengan skor 3-2 di final.


2. Dapat Julukan Baru, Hendra Setiawan Jadi Kapten Indonesia di Piala Thomas 2022

Pasangan ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan dan Hendra Setiawan di Korea Open 2022. Foto: PBSI

Mendapat julukan baru dari BWF berkat meme kocak versi ‘Doctor Strange’, pebulutangkis Indonesia, Hendra Setiawan, terpilih sebagai kapten tim Piala Thomas 2022.

Melansir laman Djarum Badminton, pemain veteran Hendra Setiawan terpilih secara aklamasi berdasarkan pemungutan suara di tim Piala Thomas 2022 Indonesia, Kamis (5/5/22).

“Hendra jadi kapten (Piala Thomas 2022 Indonesia) usai dipilih para pemain,” ucap Herry Iman Pierngadi selaku pelatih ganda putra pelatnas PBSI. “Dia memang pantas (mengemban tugas jadi kapten). Selain paling senior, prestasinya juga yang paling komplet,” sambungnya.

Baca selengkapnya:Dapat Julukan Baru, Hendra Setiawan Jadi Kapten Indonesia di Piala Thomas 2022

Lee Chong WeiPiala ThomasHendra Setiawan/Mohammad AhsanMarcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya SukamuljoMarcus Fernaldi GideonBagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri

Berita Terkini