x

Lee Zii Jia Bersinar Jelang Piala Thomas 2022, Legenda Malaysia Malah Beri Pesan Menohok

Sabtu, 7 Mei 2022 12:33 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Isman Fadil
Meski Lee Zii Jia sedang bersinar jelang Piala Thomas 2022, beberapa kelemahan menjadikan legenda bulutangkis Malaysia, Roslin Hashim, beri pesan menohok.

INDOSPORT.COM – Meski Lee Zii Jia sedang bersinar jelang Piala Thomas 2022, beberapa kelemahan menjadikan legenda bulutangkis Malaysia, Roslin Hashim, beri pesan menohok.

Diketahui, Piala Thomas dan Uber 2022 akan segera dilangsungkan di Krung Thep Maha Nakhon (Bangkok), Thailand pada 8-15 Mei 2022.

Baca Juga

Akan ada 16 negara yang berpartisipasi untuk memeriahkan Piala Thomas edisi ke-32 dan Piala Uber edisi ke-29 itu. Salah satunya adalah Malaysia.

Malaysia tergabung dengan Grup D bersama Piala Thomas Jepang, Inggris, dan Amerika Serikat. Sedangkan di Piala Uber 2022, Malaysia tergabung di Grup C bersama Thailand, Mesir, dan Denmark.

Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) memilih para pemain terbaik untuk mengisi skuat Piala Thomas 2022 dan Piala Uber 2022.

Baca Juga

Jika dibandingkan dengan komposisi pemain Piala Uber 2022 yang didominasi pemain muda, Malaysia memiliki peluang lebih besar di Piala Thomas 2022.

Betapa tidak, mulai dari Lee Zii Jia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, Goh Sze Fei/Nur Izzuddin, hingga Ong Yew Sin/Teo Ee Yi begitu mumpuni untuk merebut trofi Piala Thomas dari juara bertahan Indonesia.

Terlepas dari itu, sorotan tajam mengarah kepada tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia, yang baru bersinar  menyabet emas di Kejuaraan bulutangkis Asia di Manila, Filipina, pekan lalu.

Baca Juga

Bahkan digadang-gadang, Lee Zii Jia bakal mampu menjadi ujung tombak kekuatan Malaysia dalam misi menjuarai Piala Thomas 2022.

Hanya saja, legenda bulutangkis Malaysia, Roslin Hashim, justru memberi pesan menohok agar tim Piala Thomas 2022 tak hanya mengandalkan Lee Zii Jia. Ada beberapa hal yang mendasari pendapatnya.


1. Inkonsistensi Lee Zii Jia Jadi Sorotan

Inkonsistensi Lee Zii Jia jadi sorotan legenda bulutangkis Malaysia, Roslin Hashim.

Melansir laman Bernama, meskipun Lee Zii Jia sukses menyabet medali emas Kejuaraan bulutangkis Asia 2022, namun Roslin Hashim menilai bahwa itu bukan patokan utama menilai konsistensinya.

Menurut mantan tunggal putra ranking 1 dunia itu, Lee Zii Jia masih memiliki performa naik turun sejak memilih menjadi pemain professional pada awal 2022.

Baca Juga

“Tidak perlu menekannya, biarkan dia (Lee Zii Jia) memainkan permainannya secara alami. Mungkin kita akan mendapatkan poin,” ucap Roslin Hashim.

“Tidak seperti Datuk Lee Chong Wei yang memiliki track record panjang untuk konsistensi, Zii Jia baru mulai saja mulai memetakan trennya sendiri,”sambung Roslin Hashim.

Roslin Hashim sudah empat kali bermain di Piala Thomas. Alih-alih mengandalkan Lee Zii Jia saja, legenda bulutangkis Malaysia itu berharap bahwa negaranya bisa bersama memikul tanggung jawab.

Baca Juga

Terlepas dari harapannya tersebut, kebingungan menyelimuti Roslin Hashim keitka menyoroti pelapis Lee Zii Jia di skuat Piala Thomas 2022.

Tak lain karena BAM memasukkan nama pemain veteran sekaligus asisten pelatih bagi Lee Zii Jia, yaitu Liew Daren di barisan skuat Piala Thomas 2022.

“Seleksi untuk sektor tunggal agak longgar. Secara pribadi saya pikir Daren tidak dicantumkan. (Karena) lebih baik memasukkan dua pemain professional lainnya, baik Cheam June Wei atau Soong Joo Ven,” kritik Roslin Hashim.

Baca Juga

Selain Lee Zii Jia dan Liew Daren, sektor tunggal putra Malaysia juga diisi oleh pebulutangkis muda untuk melengkapi skuat Piala Thomas 2022.

Mereka adalah Ng Tze Yong, Aidil Sholeh Ali Sadikin, dan Leong Jun Hao. Sebelumnya, pemain independen, Soong Joo Ven, juga sempat memberi kritik pedas terkait seleksi skuat Piala Thomas 2022.


2. Pede Raih Juara Piala Thomas 2022

Legenda bulutangkis Razif Sidek percaya diri bahwa Malaysia bisa menggondol trofi Piala Thomas 2022.

Selain Roslin Hashim, legenda bulutangkis Malaysia lainnya, Razif Sidek, optimis bahwa Lee Zii Jia dan kawan-kawan bisa menyabet trofi Piala Thomas 2022.

Terlebih skuat Malaysia memiliki modal bagus yaitu penampilan apik di ajang Kejuaraan bulutangkis Asia 2022 atau Badminton Asia Championship.

Secara keseluruhan, Malaysia finis ketiga dengan hasil imbang 1-1-1, di belakang China (3-1-2) dan Indonesia (1-1-3). Hasil itu adalah torehan yang baik bagi Negeri Jiran sejak edisi New Delhi 2012.

Alhasil, Razif Sidek merasa optimistis jika skuat Malaysia bisa berjaya di turnamen bulutangkis selanjutnya yakni Piala Thomas 2022.

"Selamat untuk Zii Jia, Aaron/Wooi Yik dan Sze Fei-Izzuddin di podium mereka. Mereka baru saja membuktikan bahwa mereka adalah salah satu pemain terbaik di benua ini, dan itu adalah pencapaian yang luar biasa" ujar Razif dilansir dari NST.

"Mudah-mudahan mereka bisa membawa momentum yang sama ke Piala Thomas. Saya yakin hasil ini akan memberikan kepercayaan diri selama kompetisi."

Baca selengkapnya: Hasil Bagus di BAC Bikin Legenda Malaysia Optimistis Juara Piala Thomas
 

Piala ThomasBulutangkisAsosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM)Lee Zii JiaBerita BulutangkisRoslin Hashim

Berita Terkini