x

Hasil Piala Uber 2022: Menang Berdarah-darah, Komang Ayu Bawa Indonesia Unggul 1-0 atas Prancis

Minggu, 8 Mei 2022 10:55 WIB
Penulis: Agung Wicaksono | Editor: Indra Citra Sena
Tunggal putri Indonesia, Komang Ayu Cahya Berhasil Menyudahi Perlawanan Qi Xuefei dengan Pertandingan Tiga Set di Piala Uber 2022.

INDOSPORT.COM - Pebulutangkis putri Indonesia, Komang Ayu berhasil mengandaskan perlawanan wakil tim Uber Prancis, Qi Xuefei pada Minggu (08/05/22) mulai pukul 09.00 WIB.

Komang Ayu berhasil menang berdarah-darah atas tunggal putri Prancis, Qi Xuefei dengan pertandingan rubber game. Skor akhir 21-20, 19-21 dan 21-18. Hasil ini membuat tim Uber Indonesia unggul 1-0 atas Prancis.

Baca Juga

Tim Piala Uber Indonesia memulai langkah pertama dengan kemenagan yang diberikan Komang Ayu pada ajang dua tahunan sekali. Piala Thomas dan Uber tahun ini berlangsung di Bangkok Thailand.

Komang Ayu memulai set pertama dengan cukup percaya diri, atlet bulutangkis peringkat 203 Dunia itu bahkan sempat memimpin dengan skor 5-3 di awal gim pertama.

Rally panjang sempat terjadi ketika kedudukan imbang, namun kesalahan mendasar Qi Xuefei membuat Komang Ayu kembali unggu dengan skor tipis 9-8.

Baca Juga

Menjelang interval set pertama, kedua pebulutangkis menunjukan permainan yang begitu ketat. Keduanya saling membalas skor yang melaju berjalan imbang.

Kesalahan Komang Ayu akhirnya membuat atlet bulutangkis asal Prancis, Qi Xuefei merebut interval gim pertama dengan skor tipis 10-11.

Komang Ayu tampil begitu rileks di set pertama ini, kombinasi serangan begitu mengalir di lapangan. Hal itu sangat menyulitkan Qi Xuefei yang membuatnya seling melakukan kesalahan sendiri.

Lanju poin Komang Ayu bahkan tak terbendung dengan meraih tiga poin beruntun hingga skor berubah menjadi 19-16 sebelum kembali dipepet pebulutangkis Prancis dengan skor 19-18.

Baca Juga

Pebulutangkis asal Prancis terlihat sangat frustasi dengen kesalahan-kesalahan yang membuat poin Komang Ayu terus bertambah sejak interval pertama tadi.

Kedudukan deuce sempat terjadi, namuk untungnya Komang Ayu dapat memanfaatkan error Qi Xuefei hingga akhirnya merebut set pertama dengan skor 22-20.


1. Set Kedua Antara Komang Ayu vs Qi Xuefei

Piala Uber.

Memasuki set kedua, kedua pebulutangis putri ini kembali melakukan kesalahan sendiri yang membuat mereka memberikan satu poin cuma-cuma skor menjadi 1-1.

Jalanya pertandingan tak begitu berubah di set kedua ini, baik Komang Ayu maupun Qi Xuefei masih terlihat sering melakukan kesalahan sendiri, namun wakil pertama Indonesia itu tampil lebih baik.

Baca Juga

Keunggulan Komang Ayu bahkan semakin terlihat, dia berhasil meraih tiga pon beruntun yang menjadikan skor pertandingan jadi 5-2 untuk keunggulan wakil tunggal putri Indonesia.

Sekali lagi, Qi Xuefei tetap berusaha menjaga jarak poin dengan Komang Ayu, pukulan silang tunggal Prancis ini sering gagal diantisipasi Komang Ayu, skor kembali berubah 7-4.

Skor imbang 9-9 tak bertahan lama, Qi Xuefei lagi-lagi membuat kesalahan sendiri yang membuat Komang Ayu meraih dua poin gratis sekaligus merebut interval kedua dengan skor 11-9.

Permainan kembali berlanjut setelah jeda interval kedua set kedua, Komang ayu langsung tampil trengginas dengan menorehkan tiga angka beruntun skor kembali berubah 14-9.

Baca Juga

Usaha keras pebultangkis Prancis berperingkat 43 BWF ini akhirnya berbuah manis, dia berhasil mematahkan perolehan angka Komang Ayu skor menjadi 14-10.

Setelah mendapat momentu bangkit, Qi Xuefi berhasil mendapat dua poin tambahan melalui serangan drive dan satu kesalahan Komang Ayu sendiri skor berubah 14-12.

Angin sepertinya mengarah ke pebulutangkis tunggal Putri Prancis, setelah jeda interval kedua Qi Xuefei berhasil menyamakan skor 14-14 atas wakil Uber Indonesia itu.

Komang Ayu seperti kehilangan fokus, hal ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh Qi Xuefei yang berhasil membalikan keadaan dengan skor 14-15 sebelum kembali disamakan Komang Ayu.

Pengembalian tanggung Komang Ayu saat di pertengahan set kedua, langsung disambar Qi Xuefei dan berhasil kembali unggul dengan skor 15-16.

Komang Ayu secara beruntun membuat kesalahan yang membuat Qi Xuefei menjauh dengan skor 16-18. Namun, kali ini giliran wakil Prancis yang melakukan dua kali kesalahan.

Baca Juga

Skor kembali sama kuat menjadi 18-18 di akhir set kedua. Pertandingan menjadi sangat ketat karena kedua pebulutangkis saling kejar-mengejar perolehan angka.

Ada banyak error yang dilakukan kedua pebulutangkis di pertandingan kali ini. Puncaknya Komang Ayu membuat dua kesalahan yang membuat dia kalah di gim kedua dengan skor 19-21.


2. Berlanjut ke Rubbergame

Piala Thomas dan Uber 2022, Bangkok, Thailand.

Babak berlanjut ke rubber game, kini Komang Ayu mengambil inisiatif seranga di awal set ketiga. Dia berhasil unggul dengan skor 2-1 atas wakil Prancis.

Namun, kesalahan Komang Ayu sejak set pertama dan kedua kembali terulang. Dua poin cuma-cuma didapatkan Qi Xuefei yang membuatnya berbalik unggul dengan selisih tiga angka.

Baca Juga

Skor 5-2 ini cukup membuat kepercayaan diri wakil tim Uber Prancis ini kembali melambung. Untungnya tunggal putri Indonesia itu berhasil memutus angka Qi Xuefei, skor berubah menjadi 5-5.

Komang Ayu berhail menciptakan momentum dengan berbalik unggul 6-5 sebelum kembali melakukan kesalahan sendiri, kali ini nettingnya gagal menyeberang, skor menjadi 6-6.

Setelah melakukan kesalahan di awal set ketiga, Komang Ayu berhasil bangkit dan mampuh mendapatkan interval ketiga dengan skor 11-9.

Baca Juga

Wakil pertama tim Piala Uber Indonesia itu berhasil mendominasi setelah jeda interval ketiga. Komang Ayu berhasil unggul dengan skor 14-11 di pertengahan rubber game.

Pertarungan sengit kedua pebulutangkis putri ini terus belanjut hingga skor kembali berubah, keduanya saat ini hanya berjarak dua poin, skor menjadi 15-13.

Selain menguras tenaga pertandingan pertama ini juga ditentukan oleh mental kedua pemain yang tampil. Komang Ayu sepertinya berada di atas Qi Xuefei.

Tiga Kesalahan beruntun Qi Xuefei membuat Komang Ayu unggul dengan skor 18-15 di akhir babak gim ketiga. Bahkan kesalahan tunggal putri Prancis itu terus belanjut.

Baca Juga

Kesalahan service Qi Xuefei semakin membawa angin segar ke Komang Ayu. Hingga akhirnya Komang Ayu berhasil menang di set ketiga dengan skor 21-18.

Kemenangan berdarah-darah Komang Ayu di pertandigan pertama ini berhasil membuka keunggulan tim Piala Uber Indonesia dengan skor 1-0 atas tim Uber Prancis.

PrancisPiala UberKejurnas BulutangkisUberTim Nasional PrancisBulutangkisTimnas Indonesia PutriBerita BulutangkisTim Bulutangkis IndonesiaKomang Ayu Cahya Dewi

Berita Terkini