x

Tak Hanya Pelecehan di SEA Games, 3 Ulah Kontroversial Yeremia Rambitan yang Disorot Netizen

Rabu, 25 Mei 2022 10:19 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Tak hanya pelecehan verbal di SEA Games 2021, berikut deretan ulah kontroversial pebulutangkis ganda putra Yeremia Rambitan yang juga ramai disorot netizen.

INDOSPORT.COM – Tak hanya pelecehan verbal di SEA Games 2021, berikut deretan ulah kontroversial pebulutangkis ganda putra Yeremia Rambitan yang juga ramai disorot netizen.

Nama pebulutangkis ganda putra Indonesia, Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan, tengah menjadi perbincangan panas.

Baca Juga

Sayangnya, hal ini bukan terkait dengan prestasi Yeremia. Ya, pasangan Pramudya Kusumawardana ini justru tengah viral akibat ulahnya yang dinilai tidak pantas.

Pasalnya, ia kedapatan melontarkan kata-kata tidak pantas yang beraroma pelecehan seksual, kepada salah seorang volunteer SEA Games 2021.

Peristiwa ini bermula ketika Yeremia melakukan live streaming di akun tiktok pribadinya. Ketika itu, tim kontingen bulutangkis Indonesia tengah kembali ke Indonesia usai tampil di SEA Games 2021.

Baca Juga

Nampak tim bulutangkis Tanah Air akan bertolak ke Indonesia pun berpisah dengan para volunteer yang telah membantu mereka selama di Vietnam.

Yeremia Rambitan pun memberikan ucapan perpisahan, namun disela-sela itu secara mengejutkan ia berbicara kata tak pantas kepada volunteer.

“I love you, I want f**k you,” kata Yeremia sambil tertawa saat berada dalam sebuah bus bersama pebulutangkis lainnya.

Baca Juga

Ironisnya, ucapan Yeremia yang sudah termasuk pelecehan secara verbal itu malah ditimpali dengan tawaan rekan-rekannya.

Video tersebut pun kemudian langsung viral di media sosial, diiringi hujatan netizen dan penggemar bulutangkis Indonesia terhadap ulah Yeremia tersebut.


1. Ledek Atlet Bulutangkis Asing

Pasangan ganda putri asal Jepang, Chiharu Shida (kiri) dan Nami Matsuyama merayakan dengan trofi usai memenangkan final ganda putri di All England Open 2022. Foto: Reuters/Ed Sykes

Tindakan Yeremia Rambitan itu dinilai menodai citra tim bulutangkis Indonesia. Pasalnya, ketika itu pemain ganda putra tersebut tengah menjadi wakil Indonesia di SEA Games 2021 dan bahkan masih mengenakan jaket kontingen Tanah Air saat kejadian itu.

Hingga kini, masih belum ada tanggapan langsung dari Yeremia terkait perbuatannya tersebut. Namun, akun Instagram-nya yang sebelumnya hanya dibatasi komentarnya, kini justru lenyap sepenuhnya.

Baca Juga

Di sisi lain, PBSI pun belum memberikan tanggapan resmi, meski beberapa sumber menyebut bahwa pelatih ganda putra, Aryono Miranat, sudah meminta maaf atas nama anak asuhnya tersebut.

Meski demikian, di media sosial, netizen menyebut ada sejumlah ulah kontroversial lain Yeremia sebelum kasus pelecehan di SEA Games ini.

Tercatat, ada setidaknya 3 tindakan Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan sebelumnya yang juga dinilai tidak pantas. Satu di antaranya tertuju pada sesama pebulutangkis Indonesia, sedangkan yang lain pada pebulutangkis asing. Apa saja? Berikut rangkumannya:

Baca Juga

Body Shaming Chiharu Shida

Sejumlah netizen mengungkap bahwa sebelumnya Yeremia Rambitan pernah mengucapkan kata-kata tidak pantas berupa body shaming terhadap atlet lain.

Salah satu yang menjadi korban body shaming Yeremia adalah Chiharu Shida, atlet ganda putri bulutangkis Jepang.

Momen ini juga terjadi ketika Yeremia tengah live di salah satu media sosial. Ketika itu, ia menyebut Shida bukanlah sosok yang cantik dan secara khusus menyorot salah satu bagian tubuh Chiharu Shida.

Baca Juga

“Yere ini waktu live sama MS siapa itu... berani sekali komentarin fisik Shida... dikata rahangnya gede. Sekarang tambah lagi yang baru. Kayaknya susah berubah ya, Yer?” tulis @ike****

“kalo yang shida, dia emg ditanya di komentar shida cantik ga? trus yere bilang "biasa aja. cantik tapi bukan tipe yere" (emg berkali2 yere selalu bilang gini sih sampe apal). yere jg jelasin kenapa shida bukan tipenya? itu gara2 yere ga suka yang terlalu kecil/tirus rahangnya,” tulis @swit****


2. Meledek Kevin Sanjaya dan Valencia

Kevin Sanjaya dan Valencia Tanoesoedibjo. Foto: Instastory@kevin_sanjaya

Ulah lain yang juga disorot netizen soal Yeremia Rambitan adalah ketika ia dinilai meledek seniornya di pelatnas, Kevin Sanjaya.

Tak hanya itu, kekasih Kevin yakni Valencia Tanoesoedibjo pun ikut jadi korban ucapan Yeremia.

Baca Juga

Lagi-lagi, momen ini terjadi ketika Yeremia Rambitan melakukan live di media sosial, kali ini bersama salah satu rekannya.

“yere tuh ngomong fisiknya ci val sih lebih tepatnya pas live bareng saut itu, yere ngomong kalo ci val "kecil banget orangnya, udah mas kevin kecil, ini lebih kecil lagi" kalo ga salah ngomong bisa di ketekin ato apalah itu aku jg lupa setelahnya ngomong ap lagi” ungkap @swit****

“udah ga sreg sama livenya yere semenjak dia ngatain fisik ci valen.. 'mas kevin kan udah kecil tu nah pacarnya lebih kecil'n” tulis @chr****

Baca Juga

Selain itu, sejumlah sumber menyebut bahwa di live yang sama, Yeremia juga kedapatan menertawakan komentar rekannya terkait Kevin Sanjaya.

Ketika membaca komentar yang menanyakan apakan Kevin merupakan sosok yang dingin, rekan Yeremia menjawab Kevin tidak dingin melainkan gagu.

Jawaban sang rekan pun kemudian disambut oleh tawa dari Yeremia Rambitan.

Baca Juga

“Dia dan satu org lagi bernama Saut bilang kalo Kevin itu gagu. Gak banyak omong. Terus dia bilang Valen (pacar Kevin) itu kecil pendek dan bisa diketekin. Lalu dia juga nyebut Shida itu gak cantik karena rahangbya besar,” tulis @ayiiSAN****

“bisa kalo PBSI mau, tapi harus sih, kelewatan soalnya. sblmnya jg ngatain kevin dan valen pendek, ketawa2 pas becandain blg kevin "gagu" karena dia banyak diem. emang aneh,” kata bioche****.

Kevin SanjayaBulutangkisBerita BulutangkisYeremia Erich Yoche Yacob RambitanPramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche RambitanSEA Games 2021Valencia TanoesoedibjoNami Matsuyama/Chiharu Shida

Berita Terkini

Berita Terpopuler