x

Fokus Kejuaraan Dunia, Lee Zii Jia Mundur dari 2 Turnamen Sekaligus

Jumat, 24 Juni 2022 10:25 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Tunggal putra andalan Malaysia, Lee Zii Jia secara mengejutkan memutuskan mundur dari dua turnamen sekaligus. Alasannya, dia ingin fokus ke Kejuaraan Dunia 2022.

INDOSPORT.COM – Tunggal putra andalan Malaysia, Lee Zii Jia secara mengejutkan memutuskan mundur dari dua turnamen sekaligus. Alasannya, dia ingin fokus ke Kejuaraan Dunia 2022.

Atlet berusia 24 tahun tersebut memutuskan menarik diri dari Singapore Open, yang berlangsung beberapa hari setelah dua turnamen di Malaysia.

Baca Juga

Keputusannya ini terbilang sangat mengejutkan. Terlebih, namanya sudah tercatat di daftar partisipan Singapore Open sejak akhir Mei 2022 lalu.

Namun, belakangan nama Lee sudah tak terpampang lagi pada drawing tunggal putra yang dipublikasikan oleh Federasi Bulu Tangkis Dunia.

Baca Juga

Bukan hanya itu, juara All England 2021 itu juga akan melewatkan peluang debut di Commonwelath Games yang digelar di Birmingham dari 28 Juli-8 Agustus.

Dengan mepetnya jadwal persiapan, tunggal putra nomor 5 dunia itu menyatakan akan fokus mempersiapkan diri untuk Kejuaraan Dunia 2022 di Tokyo, Jepang, 22-28 Agustus.

Baca Juga

"Keputusan tersebut diambil karena alasan kondisi fisik saya yang telah melalui sejumlah turnamen secara beruntun," kata Lee dilansir dari Astro Arena.

"Saya harus memilih antara Commonwealth Games dan Kejuaraan Dunia. Saya telah berdiskusi dengan tim dan kami memutuskan untuk mengalihkan fokus pada Kejuaraan Dunia," Lee, menambahkan.


1. Lee Zii Jia Selektif Ikut Turnamen demi Jaga Fisik

Tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia.

Mundur dari pesta olahraga negara persemakmuran yang berlangsung empat tahun sekali ini, menurutnya, merupakan keputusan sulit yang mesti diambil.

Namun, Lee Zii Jia tidak bisa memaksakan diri untuk mengikuti padatnya jadwal turnamen di sepanjang Juli dan Agustus mendatang demi menjaga fisik dan performa.

Baca Juga

Terlebih, Lee Zii Jia juga sempat mengalami permasalahan pada pinggul yang didapatnya saat berlaga di Thailand Open pada Mei lalu.

Hingga kini Lee Zii Jia masih dalam masa pemulihan. Alhasil, Lee pun harus sangat selektif dalam memilih turnamen maupun kejuaraan yang akan diikuti.

Sebagai catatan, Malaysia belum menghasilkan juara dunia di cabang olahraga bulu tangkis, di mana yang paling adalah raihan tiga medali perak yang diraih oleh legenda bulu tangkis tim nasional, Lee Chong Wei.

Baca Juga

Lee, juara Kejuaraan Bulu Tangkis Asia pada awal Mei lalu, baru saja kembali dari Jakarta, selepas mengikuti Indonesia Masters 2022 dan Indonesia Open 2022.

Ia mencapai babak perempat final Indonesia Masters dan menjadi semifinalis Indonesia Open 2022, usai dikalahkan pemain nomor satu dunia asal Denmark, Viktor Axelsen, dengan skor 21-19, 11-21, 21-23.

Saat ini, dirinya tengah mempersiapkan diri untuk mengikuti Malaysia Open 2022, 28 Juni-3 Juli dan Malaysia Masters, 5-10 Juli.


2. Lee Zii Jia Bongkar Kekuatan Axelsen

Tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia.

Tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia harus menerima kenyataan berupa tersingkir di semifinal Indonesia Open 2022 oleh Viktor Axelsen. 

Lee Zii Jia secara dramatis digebuk wakil Denmark Viktor Axelsen lewat rubber game 19-21, 21-11, 23-21. Meski kalah, tetapi Lee Zii Jia angkat topi dan membongkar rahasia kekuatan Viktor Axelsen

Tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia harus menerima kenyataan berupa tersingkir di semifinal Indonesia Open 2022 oleh Viktor Axelsen. 

Lee Zii Jia secara dramatis digebuk wakil Denmark Viktor Axelsen lewat rubber game 19-21, 21-11, 23-21.

Meski kalah, tetapi Lee Zii Jia angkat topi dan membongkar rahasia kekuatan Viktor Axelsen. Baca Juga Tembus Final Indo


Baca selengkapnya
 

MalaysiaBulutangkisLee Zii JiaBerita BulutangkisKejuaraan Dunia Bulutangkis

Berita Terkini