x

Melegenda, 'Perang Saudara' Hariyanto Arbi vs Ardy Wiranata di Final All England 1994

Jumat, 24 Juni 2022 22:40 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Isman Fadil
Terlalu melegenda, akun All England membagikan ‘perang saudara’ cukup panas di era 1994 antara dua tunggal putra Indonesia, Hariyanto Arbi dan Ardy B.Wiranata.

INDOSPORT.COM – Terlalu melegenda, akun All England membagikan ‘perang saudara’ cukup panas di era 1994 antara dua tunggal putra Indonesia, Hariyanto Arbi dan Ardy B.Wiranata.

Ya, Kamis (23/6/22), twitter All England membagikan video saat pertarungan saudara antara Hariyanto Arbi dan Ardy B.Wiranata di All England 1994.

Baca Juga

Dalam video berdurasi 24 detik, Ardy B.Wiranata dan Hariyanto Arbi  terlibat rally panjang untuk mendapatkan poiijn di All England 1994.

“Hariyanto Arbi menghadapi Ardy B.Wiranata dalam bentrokan ‘All Indonesian’di final tunggal putra Yonex All England 1994,” tulis @YonexAllENgland.

Sontak unggahan video nostalgia perang saudara antara Hariyanto Arbi dan Ardy B.Wiranata di All ENgland 1994 itu, langsung banjir komentar netizen.

Baca Juga

“Entah kenapa All England ini menurutku lebih wow aja gitu auranya dibanding WBC. Mungkin hype All England yang dari dulu bersejarah banget ya,” komentar @pino*****

“Seru pengen teriak…Eaeaeaaa…eaeaeaea…eaeaea,” komentar @oedh***

“Ini dia yg punya jumping smash kuenceng banget di jamannya,” komentar @Alexandr*******

Baca Juga

“Gokill atlet2 dulu gesit banget dah. Klu kayak gini Viggo juga kalah dah,” komentar @Ragnarok******

“Wow tunggal putra Indonesia mengerikan,”komentar @peddy****


1. Rivalitas dan Hubungan Unik Hariyanto Arbi dan Ardy B.Wiranata

Rivalitas dan Hubungan Unik Hariyanto Arbi dan Ardy B.Wiranata

Rivalitas legenda tunggal putra Hariyanto Arbi dan Ardy B.Wiranata memang sudah tak terelakkan. Mereka berkarier di tempat yang sama, yaitu PB Djarum.

Hubungan persahabatan antara keduanya masih terjalin erat hingga sekarang. Nama mera juga kerap menghiasi peringkat teratas di berbagai turnamen internasional pada era 1990-an.

Baca Juga

Salah satu yang selalu dikenang dari rivalitas mereka adalah pertemuan di ajang bulutangkis tertua dunia, All England 1994.

Pada All England 1994, Hariyanto Arbi dan Ardy B.Wiranata berhasil menciptakan All Indonesian Finals yang berakhir dengan kemenangan oleh Hariyanto Arbi dengan skor tipis, 15-12 dan 17-14.

Beberapa waktu lalu, INDOSPORT pernah mewawancarai secara khusus kepada Hariyanto Arbi tentang persahabatan dan rivalitasnya dengan Ardy B.Wiranata.

Baca Juga

"Hingga saat ini, meskipun dia (saat ini Ardy B.Wiranata) di Kanada dan saya di Indonesia, kami berdua masih sering komunikasi,”

“Setidaknya kami saling salam dan nanya kabar bagaimana keadaan dan situasi di tempat masing-masing, seperti itulah," cerita Arbi dengan antusias saat ditemui di sebuah hotel di bilangan Tanah Abang, Jakarta, Kamis (10/10/19).

Lebih lanjut, meski pernah menjadi rval sengit di berbagai kompetisi termasuk All England 1994, namun sering kali Hariyanto Arbi dan Ardy B.Wiranata berdiskusi terkait perkembangan bulutangkis Indonesia.

Baca Juga

"Ardy (Wiranata)  itu memang masih sangat perhatian sama perkembangan atlet-atlet Indonesia, sampai sekarang," tutur mantan atlet bernama lengkap Michael Ludwig Hariyanto Arbi tersebut.

"Ardy adalah sosok teman yang sangat baik, kami pernah sekamar (di pelatnas PBSI) juga kebetulan jadi hubungannya cukup dekat. Dari dulu ia adalah orang yang suka diskusi, kami suka ngobrolin hal apa saja,” beber Hariyanto Arbi.


2. Hariyanto Arbi Masuk Raja Piala Thomas

Meski punya kepribadinya kalem, namun Hariyanto Arby ganas di luar lapangan dan sukses membawa Indonesia meraih juara piala Thomas 4 edisi.

Selain rival sengitnya dengan Ardy B.Wiranata termasuk di All England 1994, Hariyanto Arbi juga mencatatkan diri sebagai salah satu raja Piala Thomas dari Indonesia.

Mantan pemain bulutangkis tunggal putra Indonesia jebolan dari klub PB Djarum Kudus ini  aktif bermain di era 1990-an dan memiliki julukan smash 100 Watt.

Meski punya kepribadinya kalem, namun ia ganas di luar lapangan dan sukses membawa Indonesia meraih juara piala Thomas edisi 1994, 1996, 1998, dan 2000 silam.

Selain Hariyanto Arbi, ada pula legenda bulutangkis Indonesia yang menjadi raja Piala Thomas, yaitu Rudy Hartono, Christian Hadinata, Rexy Mainaky, Ricky Subagja.

Baca selengkapnya: 5 Raja Piala Thomas dari Indonesia: Ada yang Dapat Julukan 'Smash 100 Watt'


 

IndonesiaAll EnglandHariyanto ArbiArdy B WiranataBulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini