x

Prediksi Ranking BWF Usai Malaysia Open 2022: Fajar/Rian Tembus 5 Besar, Apriyani/Siti Fadia Meroket

Senin, 4 Juli 2022 08:08 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Prediksi ranking dunia BWF usai Malaysia Open 2022, di mana dua wakil Indoneia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Apriyani/Siti Fadia, meroket. Foto: PBSI

INDOSPORT.COM – Berikut ini prediksi ranking dunia BWF pascagelaran Super 750 Malaysia Open 2022, di mana dua wakil Indoneia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Apriyani Rahayu/Siti Fadia, tuai hasil positif.

Kejuaraan bulutangkis Malaysia Open 2022 sudah berakhir. Tidak ada negara yang bisa mendominasi di kejuaraan dengan level BWF World Tour 750. Lima gelar juara tersebar merata pada lima negara.

Baca Juga

Indonesia sendiri sebelumnya mampu menempatkan dua wakilnya masing-masing di sektor ganda putra dan ganda putri pada babak final turnamen yang berlangsung Minggu (03/07/22) kemarin.

Mereka adalah ganda putri racikan baru Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti dan ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Sayangnya, Indonesia hanya berhasil merengkuh satu gelar juara. Sementara satu wakil lainnya harus puas menjadi runner-up usai kalah di final.

Baca Juga

Satu gelar juara Malaysia Open 2022 tersebut disumbang oleh Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, yang tengah on fire sejak debut mereka di SEA Games Vietnam mei lalu.

Apri/Fadia merengkuh gelar juara usai menumbangkan wakil China, Zheng Yu/Zhang Shu Xian dengan skor 21-18, 12-21, 21-19 dalam tempo 71 menit.

Sayangnya kesuksesan Apriyani/Siti Fadia gagal disusul pasangan ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang ditaklukkan Takuro Hoki/Yugo Kobayashi dari Jepang.

Baca Juga

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto harus mengakui keunggulan ganda nomor satu Jepang ini secara rubber game 24-22, 16-21, 21-9.

Dilansir dari Badminton Talk melalui akun Instagram-nya, raihan berbeda dua wakil Indonesia tersebut rupanya tetap memberikan hasil positif pada posisi mereka di ranking dunia BWF.


1. Fajar/Rian Panaskan 5 Besar Ganda Putra Top Dunia

Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di Final Malaysia Open 2022. Foto: PBSI

Menurut akun tersebut, Fajar/Rian yang memang tampil konsisten di sepanjang tahun 2022 diprediksikan naik dua anak tangga menjadi posisi kelima.

Ganda putra nomor tiga nasional tersebut mengantongi 85.355 poin dan berhasil menyalip dua rivalnya, Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia) dan ganda Jepang yang sudah pensiun, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda.

Baca Juga

Posisi Fajar/Rian tersebut ini berada di belakang Lee Yang/Wang Chi Lin (Chinese Taipei), Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (Indonesia), Takuro Hoki/Yugo Kobayashi (Jepang), dan Kevin Sanjaya/Marcus Gideon.

Sementara itu, Apriyani/Siti Fadia juga semakin meroket posisi mereka di ranking dunia usai berhasil merengkuh gelar Super Seris pertama mereka di Kuala Lumpur kemarin.

Apriyani/Siti Fadia diprediksi akan duduk di posisi 79 dunia, naik 54 anak tangga dari ranking sebelumnya.

Baca Juga

Sementara itu, Viktor Axelsen yang juara Malaysia Open 2022 dari sektor tunggal putra diprediksi semakin menancapkan kukunya di peringkat teratas dunia.

Chen Yufei, yang harus puas sebagai runner-up Malaysia Open 2022 justru diprediksikan naik posisi ke peringkat tiga, di belakang Akane Yamaguchi dan Tai Tzu Ying.

Baca Juga

Sementara di sektor ganda campuran tidak terjadi perubahan signifikan. Pasangan China, Zheng Siwei/Huang Ya Qiong yang duduk di posisi pertama mampu memperlebar jarak poin dari Dechapol Puavaanarukroh/Sapsiree Taerattanachai usai menjadi juara di turnamen Malaysia Open.


2. BWF Belum Cairkan Poin Turnamen Terbaru

Logo BWF.

Ada pun, paparan ranking dunia usai Malaysia Open 2022 masih bersifat prediksi sementara karena poin turnamen-turnamen yang lama masih dibekukan oleh BWF dan belum kadaluarsa.

BWF sebelumnya telah mengumumkan akan mulai mencairkan poin ranking pada bulan Agustus 2022, sehingga nantinya bakal ada banyak kejutan di ranking dunia versi terbaru.

Sekadar informasi, bahwa setelah All England 2020, BWF sepakat membekukan ranking para atlet yang mengakibatkan poin ranking sejak Maret 2019 masih belum hilang hingga saat ini.

BWFFajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoBulutangkisBerita BulutangkisBWF World TourApriyani Rahayu/Siti Fadia Silva RamadhantiMalaysia Open 2022

Berita Terkini

Berita Terpopuler