x

Bekuk Wakil Tuan Rumah, Serangan Berkelas Fajar/Rian Bikin Komentator Asing Merinding

Minggu, 10 Juli 2022 11:45 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto melakukan serangan berkelas saat melawan Aaron Chia/Soh Wooi Yik di semifinal Malaysia Masters 2022, Sabtu (09/07/22).Foto: PBSI

INDOSPORT.COM – Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto melakukan serangan berkelas saat melawan Aaron Chia/Soh Wooi Yik di semifinal Malaysia Masters 2022, Sabtu (09/07/22).

Variasi serangan oleh Fajar/Rian di laga tersebut dianggap berkelas dunia hingga komentator asing, Gillian Clark, merinding dibuatnya.

Baca Juga

Seperti diketahui, Fajar/Rian baru saja memastikan lolos ke babak final usai mengalahkan Aaron Chia/Soh Wooi Yik secara rubber set dengan skor 21-14, 19-21, 21-10.

Bertanding di Axiata Arena, Aaron Chia/Soh Wooi Yik yang mengincar gelar pertama di musim 2022 sekaligus di kandang sendiri memang tampil ngegas sejak menit pertama.

Sempat kejar-kejaran skor dengan Fajar/Rian, pertahanan Aaron/Wooi Yik justru mengendor setelah interval. Ini membuat Fajar/Rian memanfaatkan peluang untuk unggul jauh.

Baca Juga

Beberapa kesalahan peraih perunggu Olimpiade Tokyo dimanfaatkan Fajar/Rian untuk mengunci kemenangan di set pertama dengan skor 21-14.

Pada set kedua, giliran pasangan Indonesia yang melakukan kesalahan sendiri termasuk gagal servis. Ini memberi keuntungan Aaron/Wooi Yik untuk mendominasi permainan.

Malaysia menutup interval pertama pada game kedua dengan keunggulan 11-5 setelah pukulan balasan Fajar/Rian mengenai net.

Baca Juga

Fajar/Rian sendiri berjuang demi mempersempit kedudukan lewat berbagai manuver serangan. Namun keberuntungan berpihak pada Aaron/Wooi Yik untuk mengunci kemenangan 21-19 di set kedua.

Fans Malaysia di Axiata Arena terdengar bergemuruh dengan gembira saat Aaron/Wooi Tik memang di set kedua dan memaksa lanjut di gim penentu.


1. Skill Kelas Dunia Fajar/Rian di Malaysia Masters 2022

Pebulutangkis asal Malaysia, Aaron Chia dan Soh Wooi Yik.

Di set ketiga pada kedudukan 15-6, Fajar/Rian melakukan serangan bertubi-tubi dengan sangat cepat demi membobol pertahanan Aaron/Wooi Yik.

Dimulai dari servis Aaron/Wooi Yik, reli panjang terjadi dengan Fajar dan Rian silih berganti mencover lapangan saat hendak menerima pukulan balasan Aaron/Wooi Yik.

Baca Juga

Serangan beruntun dari Fajar dan Rian ini awalnya mental terhadap pertahanan Aaron/Wooi yang begitu rapat. Namun sebuah smash berhasil sampai di sudut dalam arena lawan.

Aksi serangan bertubi-tubi dari Fajar dan Rian ini membuat Gillian Clark yang bertugas mengomentari pertandingan tersebut terkagum-kagum.

Baca Juga

Oma Gill – sapaah Gillian Clark – menilai serangan Fajar/Rian ini sangatlah brilian karena dilakukan dengan cukup bervariasi dan membuat lawan kehilangan fokus.

“Brilian, ya Tuhanku, haha ini jadi serangan bertubi-tubi kelas dunia dari Fajar Alfian,” ujar Gill Clark.

Aaron/Wooi Yik sendiri mulai kehiiangan fokus mereka hingga membuat beberapa kali eror. Akhirnya Fajar/Rian menutup set ketiga dengan kemenangan 21-10.

Baca Juga

Kekalahan Aaron/Wooi Yik ini memastikan Negeri Jiran tanpa satu pun wakilnya di babak final turnamen World Tour Malaysia Masters 2022.

Selain Aaron/Wooi Yik, satu-satunya harapan di nomor ganda putri Pearly Tan-M Thinaah yang sebelum juga ikut tumbang di tangan unggulan pertama dari China, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan 10-21, 19-21.


2. Fajar/Rian Jaga Konsistensi di Tahun 2022

Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di Malaysia Open 2022. Foto: PBSI

Selanjutnya, Fajar/Rian akan menghadapi rekan senegara, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan untuk memperebutkan gelar juara Malaysia Masters pada Minggu (10/07/22) waktu setempat.

Final Malaysia Masters ini akan jadi yang keenam kalinya Fajar/Rian berada di partai puncak turnamen BWF World Tour musim 2022.

Dari enam final tersebut, Fajar/Rian sudah memenangkan dua di antaranya yakni saat menjuarai Swiss Open dan Indonesia Masters.

Mereka juga tiga kali menjadi runner-up saat unjuk gigi di ajang Korea Open, Thailand Open, serta Malaysia Open pekan lalu.

Dengan pencapaian tersebut, tak ayal jika Fajar/Rian langsung menempati urutan pertama pada ranking BWF World Tour Finals 2022. Ini bukti bahwa mereka saat ini jadi ganda putra paling konsisten di dunia.

MalaysiaFajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoBulutangkisAaron Chia/Soh Wooi YikBerita BulutangkisGillian ClarkMalaysia Masters 2022

Berita Terkini