x

Kejuaraan Dunia Bulutangkis: Bukan Daddies atau Minions, Fajar/Rian Malah Tandai Ganda Korea

Senin, 15 Agustus 2022 16:09 WIB
Penulis: Martini | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Pasangan Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian juara ganda putra Indonesia Masters 2022 di Istora Senayan, Minggu (12/06/22).

INDOSPORT.COM - Bukan Ahsan/Hendra ataupun Marcus/Kevin, pasangan Fajar Alfian/M. Rian Ardianto mewaspadai sosok lain di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.

Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 sudah di depan mata. Ajang ini akan digelar di Tokyo, Jepang, pada tanggal 22-28 Agustus 2022. Indonesia turut mengirimkan 15 wakilnya.

Baca Juga

Berbeda dengan turnamen lainnya, ajang yang kerap disebut sebagai BWF World Championship (BWC) ini memiliki peserta dua kali lebih banyak di setiap sektornya.

Sehingga, persaingan untuk menjadi juara juga semakin sulit, perlu stamina yang kuat dan terus konsisten sampai babak akhir.

Khususnya di sektor ganda putra, pemain yang paling konsisten adalah Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, yang terbukti kini sudah memiliki tiga gelar Kejuaraan Dunia.

Baca Juga

Selain itu, salah satu yang patut diwaspadai adalah kembalinya pasangan ganda putra nomor satu dunia, yakni Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo.

Marcus Fernaldi Gideon sempat menepi selama beberapa waktu, karena menjalani operasi di kedua tumit kakinya, dan perlu waktu untuk kembali ke performa terbaik.

Kejuaraan Dunia 2022 akan menjadi ajang comeback bagi Marcus/Kevin. Mereka pun masih jadi unggulan teratas di sektor ganda.

Baca Juga

Namun, bukannya mewaspadai rekor apik Ahsan/Hendra, atau comeback brilian dari Marcus/Kevin, pasangan Fajar Alfian/M. Rian Ardianto memiliki pandangan yang berbeda.

Menurut mereka, semua lawan memiliki kans untuk menjadi juara, tetapi ada satu pasangan asal Korea Selatan yang perlu mendapat perhatian ekstra jika bertemu.


1. Fajar/Rian Waspada Comeback Choi Sol Gyu/Seo Seung Jae

Choi Solgyu/Seo Seung Jae saat di Piala Sudirman 2019.

Menurut Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, pasangan Choi Sol Gyu/Seo Seung Jae bisa menjadi ancaman di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.

Faktanya, Choi Sol Gyu sudah tidak lagi berpasangan dengan Seo Seung Jae. Sol Gyu kini menjadi partner Kim Won Ho, dan Seung Jae jadi partner Kang Min Hyuk.

Baca Juga

Namun, mereka kembali berpasangan di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022, karena ranking mereka masih terhitung di BWF.

Kolaborasi Choi Sol Gyu/Seo Seung Jae setelah berpisah, kemudian berpasangan lagi, tentu gaya main mereka juga berbeda.

Jika tidak bisa membaca permainan duo Korea, maka posisi Fajar/Rian pun terancam, Mereka bisa tumbang di Kejuaraan Dunia.

Baca Juga

"Pasangan di luar top 10 banyak yang bagus, kayak pasangan yang belum punya ranking, dan ada pasangan yang dipecah, terus kini balik lagi," ungkap Fajar Alfian.

"Kayak Seo Seung Jae dan Choi Sol Gyu, mereka ini patut diwaspadai karena setelah pisah, pasti permainannya berubah," kata pebulutangkis peringkat kelima dunia itu.

Baca Juga

Sementara menurut Rian Ardianto, sampai saat ini belum ada pemain yang harus jadi perhatian secara spesifik, karena di ajang Kejuaraan Dunia, semua memiliki peluang.

"Untuk pemain di luar top 10, sama saja, karena Kejuaraan Dunia ini penting, semua pemain pasti mau yang terbaik, jadi saya mewaspadai semuanya," timpal Rian.


2. Tantangan Ganda Putra Indonesia di BWC 2022

Ganda Putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di Indonesia Masters 2020.

Beruntung, berdasarkan hasil drawing Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022, Fajar Alfian/M. Rian Ardianto berada di pool atas.

Sedangkan Choi Sol Gyu/Seo Seung Jae berada di pool bawah. Kedua pasangan tidak akan bertemu di babak awal, dan baru ada kemungkinan bertemu jika lolos ke final.

Naasnya, Fajar/Rian berada satu pool dengan sesama wakil Indonesia, yakni Marcus Gideon/Kevin Sanjaya dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Fajar/Rian bisa bertemu Marcus/Kevin jika sama-sama lolos ke babak perempat final, dan kemudian bisa berjumpa Ahsan/Hendra jika sama-sama lolos ke babak semifinal.

Satu wakil Indonesia lainnya, yakni Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri berada di pool bawah. Mereka tak akan berjumpa Minions, Daddies, maupun Fajar/Rian di awal.

Fajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoMarcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya SukamuljoRian Ardianto/Fajar AlfianMohammad Ahsan/Hendra SetiawanKevin Sanjaya/Marcus GideonMuhammad Rian Ardianto/Fajar AlfianBulutangkisahsan/hendraChoi Sol-gyu/Seo Seung-jaeBerita BulutangkisChoi Solgyu /Seo Seung JaeKejuaraan Dunia BulutangkisBWF World ChampionshipsKejuaraan Dunia Bulutangkis 2022

Berita Terkini