x

Kejuaraan Dunia: Diuntungkan Hasil Undian, Nova Widianto Beberkan Persiapan Ganda Campuran Indonesia

Jumat, 19 Agustus 2022 11:55 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Nova Widianto mengatakan ganda campuran Indonesia tak main-main dalam persiapan meski diuntungkan dengan hasil undian di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.

INDOSPORT.COM – Ganda campuran Indonesia sangat diuntungkan dengan hasil undian di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022. Meski demikian, sang pelatih Nova Widianto menegaskan anak didiknya tak main-main selama persiapan.

Sebagaimana diketahui, Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 akan dihelat di Tokyo Metropolitan Gymnasium, Tokyo, Jepang, pada 22-28 Agustus.

Baca Juga

Indonesia mengandalkan tiga pasangan di sektor ganda campuran, yakni Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati dan Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela.

Ketiga pasangan tersebut rupanya diuntungkan dalam hasil undian Kejuaraan Dunia Bulutangkis. Pasalnya, Rinov/Pitha cs tidak langsung bertemu pasangan top seperti Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (China) atau Yuta Watanabe/Arisa Higashino (Jepang).

Rinov/Pitha yang berstatus unggulan ke-13 mendapat bye di babak 64 besar. Namun, mereka berpotensi jumpa pasangan China, Huang Yilyu/Huang Dongping di babak 16 besar.

Baca Juga

Sementara Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati akan menghadapi Lee Jhe-Huei/Hsu Ya Ching asal Chinese Taipei dan Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela bersua wakil Denmark, Mikkel Mikkelsen/Rikke Søby.

“Hasil undian cukup bagus. Di sini Rinov/Pitha termasuk unggulan karena di Kejuaraan Dunia daftar unggulannya sampai 16, jadi di babak-babak awal belum bertemu unggulan lain,” kata Nova Widianto dilansir dari keterangan resmi PP PBSI, Kamis (18/08/22).

“Untuk Rehan/Lisa dan Zacha/Bela juga bagus karena hasil undian kan untung-untungan. Mereka tidak langsung bertemu pasangan yang sangat kuat, istilahnya begitu,” lanjut Nova.

Baca Juga

Meskipun demikian, Nova Widianto menegaskan dirinya tidak main-main dalam mempersiapkan anak asuhnya. Bahkan, waktu sebulan lebih digunakan untuk latihan intensif demi memperbaiki semua aspek.

“Setelah tur Asia Tenggara, Indonesia, Malaysia, dan Singapura ada waktu sebulan jelang Kejuaraan Dunia 2022. Jadi saya rasa cukup bagus persiapan anak-anak,” tutur Nova.


1. Nova Widianto Antisipasi Lapangan di Jepang

Pasangan ganda campuran Indonesia Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari di laga Malaysia Open, Minggu (10/07/22). Foto: PBSI

Selain itu, Nova Widianto juga mempertimbangkan kondisi lapangan dan bola di Jepang yag berbeda dari tiga turnamen lainnya.

Situasi ini membuat Nova Widianto lebih menekankan latihan untuk memperkuat pertahanan dan daya tahan serangan.

Baca Juga

“Belajar dari hasil kemarin semua aspek pasti diperbaiki. Tapi untuk kondisi lapangan dan bola memang akan berbeda di Jepang dengan tiga turnamen kemarin, itu yang harus diantisipasi. Juga setelah dianalisis kita perkuat di pertahanan dan daya tahan serangan,” sambungnya.

Sementara itu, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari cs dilaporkan sudah tiba di Tokyo bersama rombongan Indonesia.

Baca Juga

Ketibaan di Bandara Narita pada Kamis (18/08/22) sore tersebut, disambut cukup meriah oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia di Jepang.

Setelah itu, tim Indonesia langsung bertolak menuju hotel yang berjarak kurang lebih 72 km. Ditempuh selama satu jam 30 menit dengan bus.

Sesampainya di hotel, tim pun bergegas melakukan tes PCR sebagai syarat yang diajukan panitia pelaksana. Lalu, menuju kamar untuk beristirahat.

Baca Juga

Rionny Mainaky, selaku Kabid Binpres PP PBSI menyampaikan bahwa hari ini para atlet tidak diberikan program latihan apapun. Pemulihan kondisi dengan makan dan istirahat yang cukup menjadi fokusnya.


2. Skuad Indonesia untuk Kejuaraan Dunia Bulutangkis

Skuad Indonesia untuk Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022

Kejuaraan Bulutangkis Dunia 2022 sebentar lagi akan bergulir. Kejuaraan bergengsi tersebut akan diselenggarakan pada 22-28 Agustus 2022 mendatang  di Tokyo, Jepang.

Terbaru, demi menggapai tujuan tersebut, PBSI baru saja merilis nama-nama pemain yang akan turun dalam turnamen Kejuaraan Bulutangkis Dunia 2022.

Dari sektor tunggal putra, ada nama Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Chico Aura Dwi Wardoyo, dan Tommy Sugiarto.

Untuk sektor tunggal putri, tim Indonesia hanya menurunkan dua pemain, yakni Gregoria Mariska Tunjung dan Putri Kusuma Wardani.

Pada sektor ganda putra tim Indonesia menurunkan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, dan Bagas Maulana/Muhammad Sohibul Fikri di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.

Baca selengkapnya: Skuad Tim Indonesia di Kejuaran Dunia Bulutangkis 2022, Kevin/Marcus Kembali!

Nova WidiantoBulutangkisRinov Rivaldy/Pitha HaningtyasBerita BulutangkisKejuaraan Dunia BulutangkisKejuaraan Dunia Bulutangkis 2022

Berita Terkini