x

Lee Zii Jia Babak Belur, Legenda Bulutangkis Malaysia: Dia Terlalu Banyak Tekanan

Jumat, 26 Agustus 2022 13:43 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Indra Citra Sena
Tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia.

INDOSPORT.COM – Kekalahan pebulutangkis tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia dalam putaran ketiga Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 membuet Lee Chong Wei turut berkomentar.

Tunggal putra andalan Malaysia, Lee Zii Jia harus memupus impiannya untuk menjuarai Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 setela kandas atas wakil China, Zha Junpeng.

Baca Juga

Pebulutangkis peringkat lima dunia tersebut terpaksa menyerah setelah bertaung tiga gim  dengan skor 19-21, 21-11, dan 19-21.

Pada pertandingan tersebut, Lee Zii Jia kerap melakukan kesalahan sendiri sehingga membuat Zhao Junpeng kerap mendulang poin gratis.

Atas performa yang ditunjukkan Lee Zii Jia di putaran ketiga kemarin, legenda bulutangkis Malaysia, Lee Chong Wei turut memberikan komentar.

Baca Juga

Dilansir dari The Star, Lee Chong Wei beralasan bahwa Lee Zii Jia terlalu banyak memberikan target dan tekanan pada dirinya sendiri.

“Dari cara dia bermain, saya pikir dia telah memberikan terlalu banyak tekanan pada dirinya sendiri,” kata Lee Chong Wei yang muncul di Tokyo untuk acara promosi Yonex dan berada di Tokyo Metropolitan Gymnasium.

“Di set penentuan, Zii Jia melepaskan tembakan yang jelas untuk smash ke net. Tandanya dia berada di bawah tekanan,” tambah Lee Chong Wei.

Baca Juga

Mantan peraih tiga kali medali perak Kejuaraan Dunia tersebut juga memperingatkan Zii Jia bahwa bermain di turnamen terbuka tidak lah sama dengan bermain di Kejuaraan Dunia.

“Bermain di turnamen terbuka tidak sama dengan di Kejuaraan Dunia. Dia membuat banyak kesalahan sendiri. Mudah-mudahan, dia akan belajar dari pengalaman ini,” pungkas Lee Chong Wei.


1. Lee Zii Jia Akui Performanya Kurang Stabil

Tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia.

Setelah dipastikan tersingkir dari Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022, Lee Zii Jia kemudian memberikan komentar selepas pertandingan.

Pebulutangkis tunggal putra nomor 5 dunia tersebut banyak melakukan kesalahan sendiri dan membuat Zhao Junpeng mendapat keuntungan dari hal tersebut.

Baca Juga

"Saya membuat banyak kesalahan hari ini, Zhao memainkan permainan yang bagus hari ini. Seharusnya saya bermain lebih sabar," tutur Lee Zii Jia dilansir New Straits Times.

Tak hanya itu, Lee Zii Jia juga mengatakan bahwa dirinya saat ini masih belum menunjukkan performa yang stabil. Dia masih harus mengasah kemampuannya lagi.

"Saya masih perlu menstabilkan performa saya. Zhao memiliki kontrol yang sangat baik di setiap aspek permainan, terutama net play-nya," kata Lee Zii Jia.

Baca Juga

Tersingkirnya Lee Zii Jia kemudian menjadi sebuah tanda tanya besar karena sang pemain tampil cukup impresif selama turnamen pada tahun ini.

Namun, di beberapa turnamen terakhir, Lee Zii Jia nampaknya mulai kehilangan konsistensinya. Itu yang menyebabkan Zii Jia mulai memiliki catatan minor di Kejuaraan Dunia 2022.

Imbas dari gugurnya Lee Zii Jia di Kejuaraan Dunia 2022, dia tak bisa menyusul pemain top lainnya seperti Ginting, Jojo, hingga Viktor Axelsen.

Baca Juga

Meski begitu, Lee Zii Jia masih akan melanjutkan perjuangannya di turnamen berbeda. Japan Open bakal jadi panggung untuk kembali menunjukkan performa terbaiknya.


2. Instagram Lee Zii Jia Diserbu Netizen

Tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia.

Instagram tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia, langsung kedatangan komentar netizen usai kekalahannya atas Zhao Jun Peng di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.

Sebagaimana diketahui, major event Kejuaraan Dunia Bulutangkis edisi ke-27 digelar pada 22-28 Agustus di Tokyo Metropolitan Gymnasium.

Dalam ajang ini, sejumlah pemain terbaik akan saling sikut untuk merengkuh medali emas Kejuaraan Dunia Bulutangkis.

Salah satunya adalah tunggal putra ranking lima dunia, Lee Zii Jia. Pebulu tangkis independen asal Malaysia itu memiliki peluang lebar jika dilihat dari statusnya sebagai unggulan kelima.

Terlebih sepanjang 2022, dia termasuk tunggal putra dengan performa stabil. Termasuk ketika kesuksesan Lee Zii Jia merengkuh gelar juara di ajang Badminton Asia Championship 2022 hingga Thailand Open 2022.

Baca Selengkapnya: Dilibas Junior Lin Dan di Kejuaraan Dunia, Instagram Lee Zii Jia Langsung Diserbu Netizen

Lee Chong WeiBulutangkisLee Zii JiaBerita BulutangkisKejuaraan Dunia BulutangkisKejuaraan Dunia Bulutangkis 2022

Berita Terkini