x

Tanpa Novak Djokovic, Ini 4 Calon Juara US Open 2022 Termasuk Pemain Tak Terduga

Selasa, 30 Agustus 2022 00:15 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Novak Djokovic memutuskan mundur dari US Open 2022. Foto: Hannah Peters/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Putaran utama turnamen Grand Slam terakhir tahun ini, US Open 2022, resmi digelar pada 29 Agustus - tanpa kehadiran Novak Djokovic.

Sebelumnya, jadwal sudah bergulir dengan agenda kualifikasi. Namun mulai hari ini, para penikmat olahraga tenis sudah bisa menikmati sepak terjang pemain-pemain kesayangannya di daftar unggulan.

Baca Juga

Di kategori putra, Daniil Medvedev berada di urutan teratas diikuti Rafael Nadal, Carlos Alcaraz, Stefanos Tsitsipas, dan Casper Ruud yang melengkapi posisi lima besar.

Tidak terlihat nama Novak Djokovic di US Open 2022 menyusul keputusannya mundur dari turnamen. Kabar tersebut ia sampaikan lewat media sosial beberapa hari lalu.

“Sayangnya saya tidak bisa pergi ke New York untuk US Open kali ini. Terima kasih NoleFam untuk pesan-pesan cinta dan dukungan kalian,” tulisnya melalui Twitter.

Baca Juga

Meski tidak dapat berpartisipasi di US Open 2022, petenis asal Serbia itu tidak lupa menyampaikan doa dan ucapan selamat berjuang untuk para kontestan yang bisa bermain.

“Selamat berjuang untuk teman-teman saya! Saya akan menjaga semangat dan diri agar tetap fit agar bisa berkompetisi di event selanjutnya,

“Sampai jumpa lagi, dunia tenis!” tutupnya sambil tidak lupa menyematkan berbagai emotikon mulai dari cinta hingga gestur tangan.

Baca Juga

Keputusan Novak Djokovic untuk mundur dari US Open 2022 ini pun menuai beragam komentar dari warganet, penggemar, dan penggiat tenis.

Ada yang tetap memberi semangat, ada yang mengingatkan soal pentingnya vaksin, bahkan ada pula yang sedikit antipati dengan keputusan juara Wimbledon 2022 tersebut.


1. Bursa Calon Juara Men's Singles US Open

Novak Djokovic memutuskan mundur dari US Open 2022. Foto: Nikola Krstic/MB Media/Getty Images.

Novak Djokovic saat ini berada di peringkat 6 dunia, melorot lumayan jauh dari pencapaian terbaiknya sebagai si nomor 1 beberapa waktu lalu.

Dengan mundur dari US Open, itu artinya peraih 21 gelar Grand Slam tersebut telah melewatkan dua agenda besar tahun ini termasuk Australian Open.

Baca Juga

Praktis, absennya Novak Djokovic akan membuka pintu yang lumayan lebar bagi para pesaingnya di Flushing Meadows untuk melaju jauh dan bahkan meraih gelar juara.

Apalagi jika bicara soal sektor putra, tidak ada satu pun pemain, termasuk saat Open Era, yang sukses menjadi penguasa di US Open.

Lain halnya dengan French Open misalnya, yang telah dimenangkan 14 kali oleh sang raja tanah liat, Rafael Nadal.

Baca Juga

Sejauh ini, hanya ada tiga orang yang ‘berbagi’ gelar terbanyak di New York ketika Open Era yakni Jimmy Connors, Pete Sampars, dan Roger Federer.

Lantas, bagaimana dengan gelaran edisi kali ini? Kira-kira siapa yang diunggulkan menjadi juara dari kategori men’s singles?

Rafael Nadal

Berstatus unggulan kedua, petenis asal Spanyol ini akan mencoba peruntungannya di lapangan keras US Open 2022.

Baca Juga

Sejauh ini, ia sudah empat kali juara US Open. Jika menang tahun ini, raihan itu bakal membuatnya sejajar dengan tiga pemain tersukses yang sudah disebutkan di atas.

Di US Open 2022, Rafael Nadal akan memulai perjalanannya dari putaran pertama melawan petenis Australia, Rinky Hijikata, pada 31 Agustus.


2. 3 Calon Juara Lain di US Open 2022

Daniil Medvedev unggulan pertama di US Open 2022. Foto: REUTERS/Henry Romero.

Daniil Medvedev

Unggulan pertama di US Open 2022 dan nampaknya bakal sangat difavoritkan untuk menjadi juara tahun ini.

Apalagi, dengan statusnya sebagai kampiun tahun lalu, diprediksi akan membuat Daniel Medvedev ngotot untuk melaju jauh hingga putaran final bulan September mendatang.

Baca Juga

Kepercayaan dirinya pun akan meroket tajam dengan misi spesial meraih catatan 20-4 sepanjang partisipasinya di US Open.

Di putaran pertama, ia bersua petenis asal Amerika Serikat, Stefan Kozlov. Sampai tulisan ini ditayangkan, pertandingan keduanya masih berlangsung.

Carlos Alcaraz Garfia

Meski sekilas lebih layak dimasukkan ke daftar kuda hitam, junior Rafael Nadal ini pada dasarnya juga patut berada di daftar unggulan teratas berkat sepak terjangnya yang luar biasa pada 2022.

Baca Juga

Gelar Grand Slam perdana lewat US Open pasti akan menambah meriah lemari trofinya yang tahun ini sudah diisi dengan empat gelar ATP - dua di antaranya berlevel 1000 Masters.

Bahkan, sebagai pemain yang sedang naik daun, Carlos Alcaraz sukses menembus lima besar ranking dunia dan kini bertengger di peringkat keempat.

Unggulan ketiga US Open 2022 ini bakal berhadapan dengan petenis muda lainnya yang berasal dari Argentina, Sebastian Baez.

Baca Juga

Cameron Norrie

Menyandang status sebagai unggulan ketujuh nampaknya bukan masalah bagi Cameron Norrie yang tahun 2022-nya juga diisi berbagai macam kejutan.

Yang terakhir, ia melaju jauh di Wimbledon 2022 yakni semifinal dan berharap bisa mengulang resep suksesnya di US Open. 

Grand SlamAS TerbukaNovak DjokovicTenisUS OpenBerita Tenis

Berita Terkini