x

Cedera Sejak Lawan Axelsen, Anthony Ginting Terpaksa Mundur dari Japan Open 2022

Rabu, 31 Agustus 2022 13:25 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022. Foto: PBSI

INDOSPORT.COM - Dibekap cedera usai hadapi Viktor Axelsen di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022, Anthony Sinisuka Ginting memutuskan walk out dari Japan Open 2022.

Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting memutuskan untuk mundur dari ajang bulutangkis Japan Open 2022 Super 750, Rabu (31/8/22) pagi.

Baca Juga

Sejatinya, Anthony Ginting dijadwalkan menghadapi Kunlavut Vitidsarn (Thailand) di babak 32 besar hari ini. Tapi ia memutuskan untuk mundur karena mengalami cedera.

Dokter PBSI, dr. Grace Joselini Corlesa membenarkan bahwa Anthony Ginting mengalami cedera punggung di bagian bawah atau low back pain sejak pekan lalu.

"Ginting mengalami cedera punggung bawah atau kita sebut low back pain," kata dr. Grace Joselini Corlesa yang menemani tim Indonesia selama berada di Jepang.

Baca Juga

"Dia sudah kita terapi dan tata laksana medis sejak ada keluhan pasca babak perempatfinal di Kejuaraan Dunia melawan Viktor Axelsen di Tokyo kemarin," lanjutnya.

Menurut dr. Grace, walau kondisinya terus membaik tapi Ginting belum akan maksimal. Jadi, keputusan terbaik adalah menarik diri dari turnamen BWF level Super 750 ini.

"Sampai kemarin ada progress membaik, tapi bila dipaksakan untuk main, hasilnya pasti tidak maksimal dan bahkan resiko cederanya makin parah," tutur Grace.

Baca Juga

Tidak mudah bagi Ginting untuk berlaga di Japan Open 2022. Sejak babak pertama, ia sudah dihadang oleh Kunlavut Vitidsarn, sang runner up Kejuaraan Dunia 2022.

Kemudian, jika lolos ke babak berikutnya, Ginting juga bisa bertemu lawan yang lebih berpengalaman, seperti Shi Yuqi, Chou Tien Chen, Loh Kean Yew, dan lain sebagainya.


1. PBSI Siapkan Terapi untuk Ginting

Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting di laga Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022. Foto: PBSI

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Rionny Mainaky akhirnya memutuskan untuk menarik keikutsertaan Ginting setelah mendengar keterangan pihak-pihak terkait.

"Saya mendengar dari pelatih Irwansyah, ada satu momen ketika melawan Axelsen, Ginting mencoba mengambil bola yang membuat punggungnya sakit," ujar Rionny.

Baca Juga

"Ginting masih mencoba latihan dua hari kemarin, tetapi memang dia bilang tidak sanggup untuk bertanding karena rasa sakit, apalagi ketika menunduk," jelasnya.

Walau ada kans bagi Anthony Ginting untuk menjuarai Japan Open 2022 setelah Viktor Axelsen mundur, namun PBSI tidak mau mengambil resiko cederanya tambah parah.

"Rekomendasi dokter juga tidak memberi izin untuk Ginting bertanding, jadinya kita putuskan untuk menariknya," jelas Rionny.

Baca Juga

Setelah ini, Anthony Ginting akan kembali lebih cepat ke Indonesia. Rionny berharap dengan penanganan yang baik, sang atlet bisa cepat pulih dan kembali seperti awal.

"Rencananya Ginting akan pulang lebih awal ke Jakarta untuk mendapat perawatan di sana. Semoga dia lekas pulih dan kembali berlatih juga bertanding," pungkas Rionny.

Baca Juga

Dengan demikian, Indonesia mengandalkan Jonatan Christie dan Chico Wardoyo dari sektor tunggal putra, untuk dapat meraih titel juara Japan Open 2022 Super 750.

Jonatan Christie dipastikan melaju ke babak 16 besar Japan Open 2022, setelah menang atas Mark Caljouw (Prancis) lewat babak rubber dengan skor 21-13, 22-24, 21-10.


2. Hasil Sementara Wakil Indonesia di Japan Open 2022

Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022. Foto: PBSI

Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin vs Takuro Hoki/Yugo Kobayashi 21-14, 21-17

Jonatan Christie vs Mark Caljouw 21-13, 22-24, 21-10.

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari vs Jones Ralfy Jansen/Linda Efler 21-9, 19-21, 21-71

PBSIAnthony Sinisuka GintingViktor AxelsenCederaAnthony GintingBulutangkisBerita BulutangkisRionny MainakyJapan Open 2022

Berita Terkini