x

Profil Fuyu Iwasaki, Pebulutangkis Naturalisasi Indonesia di Vietnam Open 2022

Kamis, 8 September 2022 18:05 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Fuyu Iwasaki, pemain bulutangkis Jepang yang membela Indonesia di Macau Open 2019

INDOSPORT.COM - Berikut profil Fuyu Iwasaki, pebulutangkis asal Jepang yang memutuskan naturalisasi menjadi WNI, dan akan unjuk gigi di Vietnam Open 2022.

Naturalisasi adalah proses perpindahan kewarganegaraan. Seseorang yang awalnya berasal dari negara asing, mengucap ikrar untuk menjadi warga negara Indonesia.

Baca Juga

Langkah ini umumnya dilakukan oleh cabang olahraga sepak bola dan basket, untuk mengangkat kualitas Tim Nasional dengan pemain berpengalaman di Eropa.

Namun rupanya, sebagai negara panutan bulutangkis dunia, Indonesia juga memiliki pemain naturalisasi, yakni Fuyu Iwasaki.

Iwasaki diketahui lahir pada 21 Desember 1998. Dara berusia 23 tahun itu kabarnya memiliki darah Indonesia dari sang ibu.

Baca Juga

Saat berusia 18 tahun pada 2016 lalu, Fuyu Iwasaki tercatat masih membela Jepang. Ia pun memutuskan naturalisasi di tahun 2019.

Dilansir dari Badminton Japan, Fuyu Iwasaki adalah mantan pemain muda dari klub Gifu Tricky Panders, klub yang menaungi ganda Jepang, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota.

Iwasaki tercatat pernah menjadi juara di Russian Junior White Nights pada 2016 lalu, berpasangan dengan Akane Nakajima, saat masih membela Negeri Sakura alias Jepang.

Baca Juga

Kemudian, Iwasaki/Nakajima juga pernah mentas di ajang Malaysia International Youth U-19 dan Korea Junior Open.

Dengan mempertimbangkan orang tua, Fuyu Iwasaki pun memutuskan mengikuti kewarganegaraan sang ibu menjadi WNI, dan bergabung di klub bulutangkis Jaya Raya.


1. Kiprah Fuyu Iwasaki untuk Indonesia

Fuyu Iwasaki, pemain bulutangkis Jepang yang membela Indonesia di Macau Open 2019

Pada awal kepindahannya ke Indonesia, Fuyu Iwasaki bermain di sektor ganda putri. Kala itu ia berpasangan dengan atlet putri asli Indonesia, yakni Dhea Bunga Anjani.

Mereka sempat mengikuti ajang Mongolia International Challenge 2019, Akita Masters 2019, Macau Open 2019, dan terakhir kali di Syed Modi International Championship 2019.

Baca Juga

Setelah itu, kiprah Fuyu Iwasaki terhenti. Pandemi Covid-19 juga membuat Pelatnas PBSI belum sempat melihat potensinya.

Lama tak terdengan kabarnya, Fuyu Iwasaki dan Dhea Bunga Anjani kembali mengikuti turnamen, yang terdekat adalah Vietnam Open 2022, mulai 27 September nanti.

Namun jika melihat draft pemain Indonesia di Vietnam Open 2022, Fuyu Iwasaki tidak lagi bermain di sektor ganda putri bersama Dhea. Mereka banting setir ke tunggal putri.

Baca Juga

Hal itu tidak masalah, sebab Iwasaki kerap bermain rangkap sejak masih di Jepang hingga di Indonesia. Ia pun sudah terbiasa bermain sebagai ganda atau tunggal putri.

Hanya saja, sampai saat ini INDOSPORT belum menemukan akun media sosial Fuyu Iwasaki. Akun Instagram Dhea Bunga Anjani pun tidak terlihat satu pun unggahan.

Baca Juga

Selain Fuyu Iwasaki dan Dhea Bunga Anjani, Indonesia mengirimkan tiga pebulutangkis tunggal putri lainnya ke turnamen Vietnam Open 2022 Super 100 di Ho Chi Minh City.

Mereka adalah Ruselli Hartawan, Yulia Yosephine, dan Putri Kusuma Wardani yang baru saja tampil debut di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 yang dihelat di Jepang.


2. Wakil Indonesia di Vietnam Open 2022

Tunggal putri Indonesia, Putri Kusuma Wardani di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022. Foto: PBSI

Tunggal Putra:

Tommy Sugiarto

Tunggal Putri:

Putri Kusuma Wardani
Ruseli Hartawan
Yulia Yosephiine Susanto
Fuyu Iwasaki
Dhea Bunga Anjani
 
Ganda Putra:

Moh. Reza Pahlevi Ishafani/Sabar Karyaman Gutama
Hardianto/Wahyu Nayaka Arya Pangkaryanira
Panjer Aji Siloka Dadiara/Bryan Sydney Elohim
Alfian Eko Prasetya/Ade Yusuf Santoso

Ganda Putri:

Ribka Sugiarto/Lanny Tria Mayasari
Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi
Nita Violina Marwah/Tryola Nadia

Ganda Campuran:

Moh. Reza Pahlevi Ishafani/Melati Daeva Oktavianti
Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati
Dejan Ferdiansyah/Gloria Emanuelle Widjaja
Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela
Serena Kani/Tan Min Kang (Malaysia)

NaturalisasiIn Depth SportsProfil Atlet dan FotoProfil Atlet MudaBulutangkisVietnam Open 2019Berita Bulutangkis

Berita Terkini

Berita Terpopuler