x

Sempat Cedera Serius, Anthony Ginting Masih Tunggu Kepastian Ikut Tur Eropa

Kamis, 8 September 2022 15:40 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022. Foto: PBSI

INDOSPORT.COM - Sempat mengalami cedera serius di punggung bawah, Anthony Sinisuka Ginting masih menunggu kepastian untuk ikut serta dalam rangkaian tur Eropa.

Beberapa waktu lalu, dikabarkan bahwa Anthony Sinisuka Ginting mengalami cedera punggung bawah atau lower back pain saat berjumpa Viktor Axelsen di Kejuaraan Dunia.

Baca Juga

Tak hanya membuat Anthony kalah dari musuh bebuyutannya itu, ia juga harus mundur dari gelaran Japan Open 2022.

Sempat mengikuti tes MRI, tim medis PBSI akhirnya mengklaim bahwa cedera Anthony Ginting tidak terlalu berbahaya, dan hanya perlu menunggu waktu untuk bisa pulih.

Hal ini disampaikan oleh dokter PBSI, dr. Grace Joselini Corlesa, usai melihat hasil pemeriksaan Ginting. Ia memproyeksikan Ginting sudah bisa kembali latihan pekan ini.

Baca Juga

"Melihat dari hasil pemeriksaan, kondisi cedera Ginting tidak ada yang berbahaya. Hanya memang perlu istirahat lebih banyak karena ototnya mengalami kelelahan," ujar dr. Grace.

Cedera tersebut membuat Anthony Ginting mundur dari Japan Open 2022 dan pulang ke Indonesia lebih cepat. Selain memeriksa cedera, ia juga lebih banyak beristirahat.

"Setelah seminggu kemarin diistirahatkan, minggu kedua ini sudah masuk penguatan," ungkap dr. Grace ke media, Kamis (8/9/22).

Baca Juga

"Apabila sudah tidak ada apa-apa, nyerinya sudah hilang, dan gerakannya sudah bisa nyaman, dia sudah bisa kembali latihan secara bertahap intensitasnya," jelasnya.

Jika semuanya lancar, maka Anthony Sinisuka Ginting bisa menyusul latihan dan ikut rombongan yang akan bertolak ke tur Eropa; Denmark, Prancis, hingga Jerman.


1. Jelang Tur Eropa, Posisi Ginting Merosot

Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting di laga Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022. Foto: PBSI

Walau tim medis memastikan Anthony Sinisuka Ginting tidak mengalami cedera yang berbahaya, namun atlet tunggal putra Indonesia itu mengaku masih ada rasa nyeri. 

Meski demikian, Ginting tak mau membuang waktu. Ia sudah memulai latihan ringan agar bisa diikutsertakan dalam skuat Indonesia yang akan tampil di tur Eropa mendatang.

Baca Juga

"Kondisi saya sudah lebih baik dibanding minggu lalu, tetapi masih ada sedikit rasa nyeri," ungkap Anthony Sinisuka Ginting.

"Latihan normal sih belum, tapi sudah mulai coba-coba latihan ringan untuk pemulihan," tambah pebulutangkis berusia 25 tahun itu.

"Sejak pulang dari Jepang, fokusnya pemeriksaan mendetail, penguatan dan terapi. Semoga dalam 1-2 minggu ini saya sudah bisa kembali berlatih normal," tukas Ginting.

Baca Juga

Sekadar informasi, setelah ini akan ada kejuaraan Denmark Open 2022, yang akan digelar mulai 18 Oktober 2022. Masih ada waktu bagi Ginting untuk sesi pemulihan.

Setelah Denmark Open, kontingen Merah Putih akan bergeser ke Prancis untuk mengikuti ajang French Open 2022.

Tur Eropa berlanjut ke Jerman, di mana Anthony Sinisuka Ginting dkk rencananya akan mengikuti turnamen Hylo Open 2022 pada awal bulan November mendatang.

Baca Juga

Drawing tur Eropa masih belum keluar. Pasalnya, ada penyesuaian ranking para pemain, setelah ajang Japan Open 2022.

Anthony Ginting sendiri turun ke peringkat enam tunggal putra dunia, karena disalip oleh Chou Tien Chen yang mendulang poin usai menjadi finalis Japan Open 2022 lalu.


2. Jadwal Turnamen Bulutangkis Terdekat (World Tour)

Tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022. Foto: PBSI

Denmark Open 2022 - Odense, Denmark
18-23 Oktober 2022

French Open 2022 - Paris, Prancis
25-30 Oktober 2022

Hylo Open 2022 - Saarbrucken, Jerman
1-6 November 2022

Australian Open 2022
15-20 November 2022


Jadwal Non-World Tour (Super 100)

Vietnam Open 2022 - Ho Chi Minh, Vietnam
27 September - 2 Oktober 2022

Canada Open 2022 - Calgary, Kanada
27 September - 2 Oktober 2022

Anthony Sinisuka GintingCederaAnthony GintingBulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini