x

BAM Bantah Kabar BWF World Tour Finals 2023 Digelar di Malaysia

Jumat, 9 September 2022 14:50 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Anthony Sinisuka Ginting di laga semifinal BWF World Tour Finals melawan Chen Long.

INDOSPORT.COM - Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) membantah kabar bahwa turnamen bulutangkis bergengsi BWF World Tour Finals 2023 akan dilaksanakan di Malaysia.

Pernyataan tersebut disampaikan lewat Sekretaris Jenderal BAM Kenny Goh dalam wawancara bersama Astro Arena.

Baca Juga

Rumor itu mulai menguar usai Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) merilis kalender turnamen 2023. 

Dalam pengumuman tersebut, Malaysia disebutkan menjadi tuan rumah Malaysia Open sekaligus World Tour Finals.

Kenny Goh lantas membantah kabar tersebut dan mengatakan ada kesalahan teknis. 

Baca Juga

“Dalam sistem BWF, sebuah negara harus ditulis (untuk setiap turnamen) karena itu adalah syarat dari sistemnya,” terang Goh.

“Karena kantor BWF berbasis di sini, lokasi World Tour Finals ditulis dulu di Malaysia. Tapi belum ada konfirmasi apakah Malaysia akan menjadi tuan rumah untuk edisi 2023.” 

“Faktanya, saya yakin belum ada konfirmasi juga untuk edisi 2022 karena ada rumor China menarik diri sebagai tuan rumah.” 

Baca Juga

Terakhir kali, Malaysia menggelar event tersebut di Kuala Lumpur pada 2013 silam. Event tersebut bahkan masih bernama BWF Super Series Finals.

Sebelumya, turnamen bulutangkis penutup tahun itu juga diadakan di Kota Kinabalu tahun 2008 dan Johor Bahru di 2009.


1. Tahun Lalu Indonesia Sukses Jadi Tuan Rumah

Presiden RI Joko Widodo menyaksikan langsung turnamen bulutangkis BWF World Tour Finals 2021

Turnamen BWF World Tour Finals sendiri adalah turnamen tahunan yang biasanya digelar setiap bulan Desember.

Disebut bergengsi karena yang bisa mengikuti ajang ini adalah para pemain yang mengumpulkan poin terbanyak dalam satu tahun kalender turnamen.

Baca Juga

Setiap sektor hanya akan diisi oleh delapan pemain atau delapan pasang. Di tiap sektor ini juga, maksimal hanya 2 pemain yang datang dari negara yang sama.

Hadiahnya pun tak main-main. Tuan rumah harus menyediakan hadiah uang minimal sebesar 1,5 juta dolar AS atau sekitar Rp22 miliar.

Di edisi terakhir, Bali menjadi tuan rumah event ini pada 1 hingga 5 Desember 2021. Ajang ini masih menjadi rangkaian Indonesia Badminton Festival, yang juga mengadakan Indonesia Masters dan Indonesia Open.

Baca Juga

Sayangnya, tak ada wakil Indonesia yang berdiri di podium tertinggi pada BWF World Tour Finals 2021.

Di sektor tunggal putra, ada Viktor Axelsen (Denmark) dan di sektor tunggal putri An Se-young (Korea Selatan) yang menjadi juara.

Pasangan Jepang Takuro Hoki/Yugo Kobayashi keluar sebagai juara ganda putra. Di sektor ganda putri, pasangan Korea Kim So-yeong/Kong Hee-yong yang jadi pemenang.

Baca Juga

Sementara gelar di sektor ganda campuran ada pasangan Thailand Dechapol Puavanukroh/Sapsiree Taerattanachai yang jadi juara.

Kemudian di edisi 2022 ini, Kota Guangzhou, China masih tercatat sebagai tuan rumah nantinya.


2. Kevin/Marcus Terancam Absen di BWF World Tour Finals 2022

Pasangan ganda putra Indonesia Marcus Gideon/Kevin Sanjaya di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022. Foto: PBSI

Ganda putra nomor 1 dunia asal Indonesia, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon, terancam absen dari BWF World Tour Finals tahun ini lantaran masih terpental dari 20 besar ranking tur dunia 2022.

BWF World Tour Finals merupakan turnamen bulutangkis tahunan yang diadakan untuk mengakhiri satu musim kalender turnamen BWF atau biasanya digelar bulan Desember.

Sesuai peraturan Federasi Bulutangkis Dunia (BWF), peserta yang bisa berlaga di BWF World Tour Finals adalah mereka yang  menempati ranking 8 besar klasemen.

Klasemen BWF World Tour Finals ini ditentukan dari poin yang didapat pemain di satu musim World Tour, mulai dari  S100 hingga S1000.

BWF World Tour Finals 2022 akan menjadi musim kelima dari puncak Tur Dunia bulutangkis, yang akan berlangsung 14-14-18 Desember 2022 di Guangzhou, China.

Baca Juga
BWFBWF World Tour FinalsBulutangkisAsosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM)Berita Bulutangkis

Berita Terkini