x

Indonesia Waspada, Malaysia Sudah Persiapkan Ganda Putra ke Olimpiade 2024

Jumat, 9 September 2022 18:33 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Pebulutangkis asal Malaysia, Aaron Chia dan Soh Wooi Yik.

INDOSPORT.COM - Bulutangkis Malaysia sudah akan tancap gas untuk mempersiapkan para pemainnya menuju Olimpiade Paris 2024.

Pelatih nasional ganda putra Malaysia, Tan Bin Shen, menginginkan timnya untuk mempersiapkan diri sejak saat ini, meskipun periode kualifikasi masih dimulai Mei tahun depan.

Baca Juga

Fokus utama Bin Shen adalah memastikan dua pasang ganda putra asuhannya lolos kualifikasi Olimpiade 2024.

Untuk bisa lolos, si pemain harus menduduki peringkat delapan besar dunia sebelum akhir dari periode kualifikasi.

Saat ini, Aaron Chia/Soh Wooi Yik menghuni peringkat delapan dunia. Posisi yang mereka raih usai mendapatkan medali perunggu di Olimpiade Tokyo 2020 lalu.

Baca Juga

Di belakang mereka, ada pasangan independen Ong Yew Sin/Teo Ee Yi di peringkat sembilan, diikuti oleh Goh Sze Fei/Nur Izuddin Rumsani (peringkat 11), kemudian ada Man Wei Chong/Tee Kai Wun (ranking 28).

Bin Shen pun akan fokus mendorong pasangan Goh/Nur dan Wei/Kai masuk delapan besar dunia.

Baca Juga

“Tujuan kami adalah memastikan dua pasangan itu lolos kualifikasi untuk Olimpiade,” kata Bin Shen, dikutip dari The Star.

“Masa kualifikasi mulai Mei tahun depan, tapi para pemain perlu mempersiapkan diri mulai dari sekarang untuk mengamankan tempat terbaik saat kualifikasinya mulai.”


1. Harus Tetap Positif

Pemain ganda putra Malaysia, Goh Sze Fei/Nur Izzuddin.

Tan Bin Shen juga berharap pasangan Goh Sze Fei/Nur Izuddin Rumsani bisa mengembalikan performa mereka ketika juara German Open dan mencapai final Swiss Open di Maret lalu.

Setelah dua kejuaraan tersebut, Goh/Nur mencapai semifinal Kejuaraan Asia di Mei dan Malaysia Open pada bulan Juli. Namun sejak saat itu, penampilan mereka terus menurun.

Baca Juga

“Sze Fei dan Izzuddin harus tetap positif dan saling menyemangati,” tegas Bin Shen.

“Aaron Chia dan Soh Wooi Yik juga susah payah, tapi tidak pernah menyerah dan terus berjuang hingga jadi juara dunia.”

“Jadi, saya percaya Sze Fei/Izzuddin bisa belajar dari pengalaman ini dan menjadi bagus,” tukasnya.

Baca Juga

Tan Bin Shen adalah sosok pelatih yang berperan penting dalam memoles ganda putra Malaysia bersama pelatih asal Indonesia, Rexy Mainaky.

Aaron Chia dan Soh Wooi Yik adalah bukti ganda putra Malaysia yang sukses dengan menggondol perunggu Olimpiade 2020 dan gelar Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 lalu.

Baca Juga

Persaingan di sektor ganda putra dunia memang cukup ketat saat ini. Indonesia sendiri memiliki tiga pasangan yang bercokol di peringkat 10 besar dunia.

Mereka adalah Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.


2. Ganda Putra Malaysia Diguyur Bonus Fantastis dari BAM

Aaron Chia dan Soh Wooi Yik

Ganda putra Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik kembali dibanjiri bonus oleh BAM usa mengalahkan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.

Pasangan Aaron Chia/Soh Wooi Yik akhirnya membungkam kritik pedas yang mereka terima dalam beberapa waktu terakhir karena terus mengalami puasa gelar.

Aaron/Wooi Yik sukses mengakhiri puasa gelar setelah berhasil membawa pulang medali emas di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.

Aaron/Wooi Yik berhasil mengalahkan ganda putra unggulan Indonesia yakni Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di babak final yang berlangsung di Tokyo Metropolitan Gymnasium.

Saat itu wakil Malaysia tersebut berhasil mengalahkan Ahsan/Hendra lewat dua gim langsung dengan skor 21-19 dan 21-14.

Baca selengkapnya
Olimpiade 2024BulutangkisAsosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM)Aaron Chia/Soh Wooi YikBerita BulutangkisTan Bin ShenOlimpiade Paris 2024

Berita Terkini