x

Kerap Kepentok Ganda Indonesia, Atlet Nyentrik Thailand Kini Eksis Jadi Pelatih di Amerika Serikat

Rabu, 21 September 2022 18:15 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Indra Citra Sena
Kerap dijegal Indonesia, pebulutangkis spesialis ganda asal Thailand, Nipitphon Puangphuapet, kini kian eksis sebagai pelatih di Philadelphia, Amerika Serikat.

INDOSPORT.COM –  Kerap dijegal Indonesia, pebulutangkis spesialis ganda asal Thailand, Nipitphon Puangphuapet, kini kian eksis sebagai pelatih di Philadelphia, Amerika Serikat.

Musuh besar Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari itu banting setir menjadi pelatih di sebuah akademi bulutangkis bernama Club28 Badminton Philadelphia.

Baca Juga

Hal itu sebagaimana melansir laman resmi Club28, di mana akademi tersebut juga dipawangi oleh beberapa pelatih elit asal Thailand.

Mereka di antaranya adalah Sutichon Polgul (Kao), Peeranat Boontun (Nine), Nipitphon Phuangphuapet (Tonnam), dan Tantaree Treeratanakuljarut (Lily).

Klub bulutangkis Amerika Serikat tersebut juga baru saja menjadi tuan rumah turnamen lokal bertajuk Durabird Open 2022 yang juga dikuti beberapa atlet Indonesia seperti Ni Ketut Mahadewi Istarani.

Baca Juga

Dalam turnamen yang berlangsung pada 9-11 September 2022 itu, Ni Ketut Mahadewi Istarani meraih gelar juara ganda campuran berpasangan dengan Althof Baariq.

Kabar eksisnya Nipitphon Puangphuapet sebagai pelatih di Amerika Serikat pun pastinya menjadi kegembiraan tersendiri bagi para penggemar.

Apalagi tercatat bahwa pebulutangkis Thailand yang kerap disapa Tonnam tersebut sudah lama tidak berkompetisi sejak All England 2021.

Baca Juga

Saat itu, Nipitphon Phuangphuapet/Tanupat Viriyangkura harus kandas di perempat final dari ganda putra Denmark, Jeppe Bay/Lasse Molhede.

Turun di sektor ganda campuran, Nipitphon Phuangphuapet yang berpasangan dengan Benyapa Aimsaardi juga kandas di babak 16 besar oleh Chan Peng Soon/Goh Liu Ying.


1. Nipitphon Phuangphuapet, Rival Sengit Indonesia

Nipitphon Phuangphuapet, Rival Sengit Indonesia.

Berbicara rekam jejak seorang Nipitphon Phuangphuapet, dia adalah salah satu atlet bulutangkis Thailand dengan beragam gelar mentereng.

Berspesialis di sektor ganda, Nipitphon Phuangphuapet bermain rangkap dengan beberapa pasangan berbeda, namun tetap mentereng.

Baca Juga

Pada tahun 2015 lalu, Nipitphon Phuangphuapet pernah menapaki ranking 11 dunia bersama Maneepong Jongjit di ganda putra.

Saat ini, Maneepong Jongjit juga menjadi pelatih di Tim Nasional Asosiasi Bulutangkis Thailand (BAT) untuk sektor ganda.

Kemudian, Nipitphon Phuangphuapet juga mentereng sebagai ganda putra ranking 12 bersama Bodin Issara pada tahun 2017.

Baca Juga

Sementara di sektor ganda campuran, Nipitphon Phuangphuapet tercatat pernah menempati ranking 15 dunia bersama Savitree Amitrapai pada tahun 2019.

Terakhir Nipitphon Phuangphuapet menempati ranking 68 dunia ganda putra, dan ranking 167 dunia ganda campuran bersama Benyapa Aimsaard.

Selama kariernya, Nipitphon Phuangphuapet telah 11 tahun bergabung dengan tim nasional di Asosiasi Bulutangkis Thailand (BAT).

Baca Juga

Nipitphon Phuangphuapet juga sering menjadi seteru sengit bagi beberapa pebulutangkis ganda asal Indonesia, baik di ganda putra maupun ganda campuran.

Misalnya Nipitphon Phuangphuapet yang pernah tumbang dari Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari di final Indonesia Masters 2018. Dia juga sekali tumbang dari Fajar/Rian di ganda putra.


2. Ni Ketut Mahadewi Comeback Juara di Amerika Serikat

Sudah putuskan pensiun, Ni Ketut Mahadewi Istarani comeback juara di Amerika Serikat.

Terdegradasi dari PBSI dan putuskan pensiun, pebulutangkis ganda putri ranking 13 dunia, Ni Ketut Mahadewi Istarani, comeback dan juara di Amerika Serikat.

Hal itu sebagaimana dilansir dari instagram partner bulutangkis Ni Ketut di ganda campuran @althofbaariq pada Selasa (13/09/22).

“Alhamdulillah, ini weekend kedua yang menyenangkan, ketemu dan kenal orang-orang dari berbagai negara di sini,” tulis Althof Baariq.

Dalam unggahan tersebut, terdapat lima foto yang disematkan, di mana Althof Baariq dan Ni Ketut Mahadewi Istarani berfoto bersama memamerkan kalungan medali emas mereka.

Usut punya usut, mereka baru saja terlibat persaingan sengit dalam turnamen bulutangkis lokal di Amerika Serikat bertajuk Durabird Open 2022.

Baca selengkapnya: Sudah Putuskan Pensiun, Ni Ketut Mahadewi Comeback Juara di Amerika Serikat

 

ThailandBulutangkisBerita BulutangkisAsosiasi Bulutangkis Thailand (BAT)Nitiphon Phuangphuapet/Tanupat Viriyangkura

Berita Terkini