x

Masih Muda, Rival Anthony Ginting Asal Thailand Langsung Debut Jadi Pelatih?

Jumat, 23 September 2022 12:45 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Indra Citra Sena
Masih berusia 28 tahun, tunggal putra Thailand, Khosit Phetpradab, debut menjadi pelatih muda mendampingi sang murid, Panitchaphon Teeraratsakul, di Polandia.

INDOSPORT.COM – Masih berusia 28 tahun, tunggal putra Thailand, Khosit Phetpradab, debut menjadi pelatih muda mendampingi sang murid, Panitchaphon Teeraratsakul, di Polandia.

Hal itu sebagaimana dilansir dari unggahan @badmintonblahblah pada Jumat (23/09/22), di mana musuh besar Anthony Sinisuka Ginting, makan bersama sang murid.

Baca Juga

“Peran baru Khosit Phetpradab menjadi pelatih untuk Panitchaphon Teeraratsakul. Khosit memiliki peran baru setelah pindah ke kamp pelatihan.

Ditelusur dari laman BWF, saat ini memang sedang berlangsung turnamen bulutangkis bertajuk Orlen Polish International 2022.

Turnamen level Future Series tersebut berlangsung pada 21-25 September 2022 di Caracas, Polandia. Tunggal putra junior Thailand, Panitchaphon Teeraratsakul, menjadi salah satu kontestan.

Baca Juga

Didampingi Khosit Phetpradab di ajang ini, Panitchaphon Teeraratsakul mampu melesat ke babak 16 besar yang akan berlangsung hari ini, Jumat (23/09/22).

Panitchaphon Teeraratsakul berpeluang untuk menggapai gelar juara, namun dia harus bisa melewati sejumlah lawan sulit, termasuk Minoru Koga di 16 besar.

Jika atlet kembar Panitchaphon Teeraratsakul mampu menggapai gelar juara di Polandia, tentu saja hal ini menjadi catatan manis bagi karir Khosit Phetpradab sebagai pelatih.

Baca Juga

Karena bagaimanapun, Khosit Phetpradab adalah salah satu tunggal putra terbaik yang dimiliki Thailand. Dia pernah menempati tertingginya di posisi 15 dunia pada 2019.

Beberapa gelar telah diraihnya, dari perak SEA Games 2017, Malaysia International 2015, hingga Vietnam Open 2017. Khosit juga menjadi rival sejumlah pemain, termasuk Anthony Sinisuka Ginting.


1. Tambah Daftar Pelatih Muda

Nama Khosit Phetpradab menambah deret para pebulutangkis yang eksis sebagai pelatih muda.

Membedah rivalitasnya dengan sejumlah musuh seperti Anthony Ginting, Khosit Phetpradab tercatat telah lima kali berjumpa dengan Anthony Sinisuka Ginting di turnamen internasional bulutangkis.

Meski Anthony Ginting unggul empat kemenangan, namun Khosit selalu bisa memberikan perlawanan sepadan pada sang rival.

Baca Juga

Khosit Phetpradab juga sudah enam kali tumbang dari Jonatan Christie, namun dia cukup sengit berjumpa Shesar Hiren Rhustavito.

Kini, terakhir kali Khosit Phetpradab bertanding di Taipei Open 2022 yang berlangsung pada 19-24 Juli lalu. Saat itu dia tersingkit di babak perempat final.

Khosit Phetpradab  kini menambah deret para atlet bulutangkis yang memliki keberanian untuk menjadi pelatih di usia yang masih muda.

Baca Juga

Sebelumnya, pebulutangkis putri Malaysia, Lee Meng Yean, juga diketahui menjabat sebagai pelatih pelatnas BAM di sektor yang sama.

Hal itu berdasarkan rilis resmi BAM yang diumumkan ke publik melalui media sosial maupun laman resminya pada Jumat (25/02/22).

Lee Meng Yean yang berusia 28 tahun, ditunjuk sebagai pelatih ganda putri Malaysia berdasarkan pertimbangan prestasi dan pengalamannya sebagai atlet ganda putri andalan Negeri Jiran tersebut.

Baca Juga

Kemudian di China, eks rival Anthony Ginting lainnya, Qiao Bin, juga ditunjuk sebagai pelatih baru tunggal putra pelatnas tak lama setelah memutuskan pensiun muda.

Namun apapun pilihan yang telah diambil oleh Khosit Phetpadab dan kawan-kawan, tentunya semata lantaran mereka sangat mencintai bulutangkis.


2. Pensiun Muda, Qiao Bin Jadi Pelatih Baru China

Eks rival Anthony Ginting yang putuskan pensiun dini, Qiao Bin, resmi didapuk sebagai pelatih baru tunggal putra bulutangkis China pasca Piala Thomas 2022.

Eks rival Anthony Ginting yang putuskan pensiun dini, Qiao Bin, resmi didapuk sebagai pelatih baru tunggal putra bulutangkis China pasca Piala Thomas 2022.

Hal  itu sebagaimana diberitakan oleh laman media lokal China, Aiyuke.  Bunyinya demikian,” perlu dicatat pelatih tunggal di pelatnas telah berubah dari Chen Yu menjadi Qiao Bin.”

Qiao Bin bahkan sudah langsung tancap gas saat mendampingi tunggal putra China di turnamen bulutangkis Thailand Open 2022, 17-22 Mei.

Tentu saja menjadi pelatih baru tunggal putra China adalah sebuah kebanggaan bagi Xiao Bin. Terlebih usia Qiao Bin baru menginjak 29 tahun.

Bahkan disebutkan bahwa dari kandidat pelatih yang ada di China, Qiao Bin tergolong yang termuda. Namun, hal itu bukanlah halangan bagi suami dari Olimpian China, Li Xuerui itu.

Baca selengkapnya: Pensiun Muda, Eks Rival Anthony Ginting Didapuk Jadi Pelatih Baru Tunggal Putra China

 

Anthony Sinisuka GintingThailandBulutangkisBerita BulutangkisKhosit Phetpradab

Berita Terkini