x

Wonderkid 16 Tahun Juara International Series, Mutiara Ayu jadi The Next Susy Susanti?

Senin, 26 September 2022 11:29 WIB
Penulis: Martini | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Tunggal putri Indonesia Mutiara Ayu Puspitasari di turnamen Kapal Api Indonesia International Series 2022. Foto: PBSI

INDOSPORT.COM - Wonderkid berusia 16 tahun, Mutiara Ayu Puspitasari mendapat julukan The Next Susy Susanti usai juara Indonesia International Series 2022.

Bertanding di sektor tunggal putri, Mutiara Ayu Puspitasari sukses menggemparkan GOR Among Rogo Yogyakarta ketika ia memenangkan International Series.

Baca Juga

Pada babak final yang digelar Minggu (25/9/22) sore, Mutiara berhasil membekuk seniornya sesama atlet Pelatnas, Stephanie Widjaja dengan skor 15-21, 21-10, 22-20.

Di babak semifinal sebelumnya, Mutiara sukses menundukkan Sri Fatmawati, 21-11, 21-17. Sementara Stephanie Widjaja menang 21-19, 21-16 atas Saifi Rizka Nurhidayah. 

Sebagai junior yang baru berusia 16 tahun, Mutiara Ayu mengaku tak menyangka bisa memenangkan Indonesia International Series, apalagi sempat kalah di awal.

Baca Juga

"Saya tidak menyangka bisa memenangi pertandingan dan akhirnya menjadi juara, apalagi di game pertama kalah," ungkap Mutiara Ayu setelah pertandingan final.

"Tentu saya senang dengan kemenangan ini. Apalagi, ini gelar pertama saya di level internasional series," lanjut Mutiara lagi.

Jalannya laga final berlangsung seru dan sengit. Terutama di game ketiga, saling kejar-kejaran poin hingga terjadi setting.

Baca Juga

Tetapi, dua kesalahan Stephanie dengan pukulan netting yang melebar dan pukulan lob memanjang jatuh di luar arena lawan, akhirnya memastikan Mutiara memenangi laga game ketiga dan naik podium juara. 


1. Pembuktian Menjadi The Next Susy Susanti

Tunggal putri Indonesia Mutiara Ayu Puspitasari di turnamen Kapal Api Indonesia International Series 2022. Foto: PBSI

Kemenangan Mutiara Ayu Puspitasari di final Indonesia International Series 2022, dalam usia 16 tahun, mengingatkan pada sosok legenda tunggal putri, Susy Susanti.

Sejak usia muda, Susy Susanti telah menunjukkan kualitasnya sebagai atlet bulutangkis. Bahkan, ia menyabet medali emas Olimpiade 1992, dalam usia 21 tahun.

Baca Juga

Namun, perjuangan Mutiara Ayu bukannya tanpa halangan. Ia bersusah payah untuk mengalahkan seniornya, Strphanie Widjaja.

"Tadi setelah game pertama kalah, saya sebenarnya hanya bermain lebih aman di game kedua dan ketiga," ungkap Mutiara.

"Shuttlecock tidak saya arahkan atau pukul terlalu ke arah pinggir lapangan, karena ada faktor angin yang berhembus. Saya tidak mau boros membuang poin," lanjutnya. 

Baca Juga

"Ketika ada kesempatan bisa mengejar dan menyamakan kedudukan, saya pun tidak mau menyia-nyiakan kesempatan saya di game ketiga," ucap jebolan PB Djarum itu. 

Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation, Yoppy Rosimin, mengapresiasi hasil yang diraih Mutiara Ayu Puspitasari di ajang Indonesia International Series 2022.

Guna menegaskan Mutiara sebagai The Next Susy Susanti, Yoppy Rosimin berharap anak asuhnya itu bisa memenangkan ajang World Junior Championships (WJC) 2022.

Baca Juga

"Ujian sesungguhnya bagi Mutiara sendiri nanti saat dia tampil di ajang World Junior Championships tahun ini, apakah dia mampu membuktikan jadi yang terbaik."

"Semoga hasil ini jadi modal kepercayaan dia di WJC maupun turnamen lainnya yang akan Mutiara ikuti nanti," pungkas Yoppy.


2. Rekap Hasil Indonesia International Series 2022

Pasangan ganda capuran Indonesia Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja di turnamen Kapal Api Indonesia International Series 2022. Foto: PBSI

Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja vs M. Reza Pahlevi Isfahani/Melati Daeva Oktavianti 19-21, 21-9, 23-21

Alfian Eko Prasetya/Ade Yusuf Santoso vs Reinard Dhanriano/Kenas Adi Haryanto 21-16, 18-21, 21-16

Ridya Aulia Fatasya/Kelly Larissa vs Ririn Amelia/Virni Putri 21-18, 13-21, 18-21

Stephanie Widjaja vs Mutiara Ayu Puspitasari 21-15, 10-21, 20-22

Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay vs Iqbal Diaz Syahputra 22-20, 21-15

Susi SusantiSusy SusantiYoppy RosiminPB DjarumWorld Junior ChampionshipsBulutangkisBerita BulutangkisMutiara Ayu PuspitasariIndonesia International Series 2022

Berita Terkini