x

Apriyani Rahayu Ingin Back to Back Juara Olimpiade, Tapi Minim Komunikasi dengan Fadia

Senin, 10 Oktober 2022 13:45 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Pasangan ganda putri Indonesia, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti Juara Malaysia Open 2022. Foto: PBSI

INDOSPORT.COM - Pebulutangkis Apriyani Rahayu berambisi untuk meraih medali emas lagi di Olimpiade Paris 2024. Namun, ia belum bicara pada partnernya, Siti Fadia.

Sebagaimana diketahui, Apriyani Rahayu adalah peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020, saat ia berpasangan dengan Greysia Polii di cabor bulutangkis ganda putri.

Baca Juga

Namun tak lama berselang, Greysia Polii memutuskan pensiun dari bulutangkis, sehingga Apriyani mendapat pasangan anyar, yaitu Siti Fadia Silva Ramadhanti.

Sebagai pemegang medali emas di usia muda, Apriyani Rahayu pun bertekad untuk kembali menyabet emas di Olimpiade 2024.

Target itu sudah ia usung bersama sang pelatih ganda putri, Eng Hian alias Didi.

Baca Juga

"Waktu itu yang bertanya pada saya adalah (pelatih) Eng Hian. Kamu sangat luar biasa jika bisa dua kali (juara olimpiade), kamu akan jadi legenda. Tinggal kamu mau apa tidak," kata Apriyani pada awak media.

"Kemudian saya jawab, buat apa sampai detik ini saya masih mau capek. Untuk apa saya capek-capek latihan kalau tujuannya bukan ke olimpiade," lanjut Apriyani lagi.

Baca Juga

Namun menariknya, Apriyani Rahayu mengaku belum membicarakan ambisinya itu pada pasangan barunya, Siti Fadia Silva Ramadhanti, yang juga masih berusia belia.

Salah satu alasannya, Apriyani mengaku perjalanan menuju olimpiade sangat berat. Ia tak mau membebani Siti Fadia, kemudian berpengaruh pada permainan mereka nanti.


1. Apriyani: Step by Step Menuju Olimpiade

Pasangan ganda putri Indonesia Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti di kejuaraan bulutangkis Japan Open 2022. Foto: PBSI

Perlu diketahui, pesta olahraga terbesar di dunia, Olimpiade akan kembali digelar pada tahun 2024, dan pengumpulan poin menuju Olimpiade akan dimulai pada Mei 2023.

Apriyani Rahayu blak-blakan masih belum banyak membicarakan soal strategi untuk pengumpulan poin ke Olimpiade, bersama partner baru, Siti Fadia Silva Ramadhanti.

Baca Juga

"Saya dan Fadia tidak terlalu banyak berbicara soal itu (persiapan ke Olimpiade). Kami mengalir saja, tapi tetap bertanggung jawab," ucap atlet berusia 24 tahun itu.

"Karena sekarang kan belum race to olympic, jadi kami akan menjalani pertandingan-pertandingan awal tahun sampai awal Mei 2023," kata Apriyani lagi.

"Beda lagi nanti kalau sudah masuk ke race to olympic (pasti ada strategi)," imbuhnya.

Baca Juga

"Saya juga tidak ada masalah jika Fadia belum membicarakan soal itu (kejar poin ke Olimpiade Paris 2024)," tambah Apriyani.

Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti memang belum lama berpasangan. Mereka berhasil meraih medali emas di SEA Games 2021, yang diselenggarakan pada Mei 2022.

Kemudian, Apriyani/Siti Fadia juga sukses meraih gelar juara di turnamen Malaysia Open 2022 dan Singapore Open 2022.

Baca Juga

Meski terhitung baru dipasangkan, ranking  Apriyani/Siti Fadia melesat cepat. Mereka telah menduduki rangking 30 dunia di sektor ganda putri menurut BWF.

Dalam waktu dekat, Apriyani/Siti Fadia akan turun di Denmark Open 2022. Turnamen ini akan dihelat di Odense, Denmark, mulai 18 Oktober hingga 23 Oktober mendatang.


2. 16 Wakil Indonesia di Denmark Open 2022

Pasangan ganda putri Indonesia Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi di Japan Open 2022. Foto: PBSI

Tunggal Putra

Anthony Sinisuka Ginting
Jonatan Christie
Chico Aura Dwi Wardoyo
Shesar Hiren Rhustavito

Tunggal Putri

Gregoria Mariska Tunjung
Putri Kusuma Wardani

Ganda Putra

Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo
Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto
Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri
Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin

Ganda Putri

Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti
Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi

Ganda Campuran

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari
Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati
Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela

OlimpiadeOlimpiade 2024Apriyani RahayuMedali OlimpiadeGreysia Polii/Apriyani RahayuBulutangkisBerita BulutangkisApriyani Rahayu/Siti Fadia Silva RamadhantiSiti Fadia Silva RamadhantiOlimpiade Paris 2024

Berita Terkini