x

Axelsen Korban Teranyar, Denmark Open 2022 Jadi Kuburan Pemain Nomor 1 Dunia

Sabtu, 22 Oktober 2022 11:44 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Denmark Open 2022 tampaknya benar-benar menjadi kuburan bagi pebulu tangkis berperingkat 1 dunia, teranyar andalan tuan rumah, Viktor Axelsen, jadi korban.

INDOSPORT.COM – Denmark Open 2022 tampaknya benar-benar menjadi kuburan bagi pebulu tangkis berperingkat 1 dunia. Andalan tuan rumah, Viktor Axelsen, menjadi korban teranyar.

Denmark Open 2022 sudah sampai di babak semifinal yang dijadwalkan akan berlangsung di Jyske Bank Arena, Odense, pada Sabtu (22/10/22) sore WIB.

Baca Juga

Melansir dari BWF Tournament Software, tidak ada satu pun pebulu tangkis peringkat 1 dari sektor mana pun yang mampu bertahan sampai babak ini. Benar-benar sebuah kuburan angker!

Pada partai perempat final kemarin, dua unggulan pertama sekaligus ranking 1 dunia tumbang, yakni tunggal putri Akane Yamaguchi dari Jepang dan tunggal putra tuan rumah Viktor Axelsen.

Akane Yamaguchi, yang digadang-gadang memecahkan rekor sebagai tunggal putri dengan gelar terbanyak di Denmark Open, secara mengejutkan tersingkir.

Baca Juga

Seperti diketahui, Akane sebelumnya sudah memenangkan dua gelar juara Denmark Open edisi 2015 dan 2021.

Sayangnya, harapan itu tak terwujud karena Akane Yamaguchi ditaklukkan wakil China, He Bing Jiao, di babak perempat final secara rubber set dengan skor 21-14, 19-21, dan 11-21.

Kekalahan Akane Yamaguchi disusul dengan nasib apes yang dialami Viktor Axelsen, yang sejatinya satu-satunya tunggal putra tuan rumah yang tersisa sekaligus juara bertahan.

Baca Juga

Viktor Axelsen kandas jadi kejutan terbaru di Denmark Open 2022. Tunggal putra asal Singapura, Loh Kean Yew adalah penakluknya.

Juara Dunia 2021 itu berhasil mengatasi perlawanan Axelsen dalam dua gim langsung dengan skor 21-17, 21-10 hanya dalam tempo 30 menit saja.


1. Hoki/Kobayashi dan Dechapol/Sapsiree Lebih Dulu Kandas

Pasangan bulutangkkis Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi kandas di babak pertama Denmark Open 2022

Hasil ini sekaligus membuat Loh Kean Yew memutus tren 39 kemenangan beruntun yang dikantongi Viktor Axelsen di sepanjang 2022.

Terakhir kali Axelsen benar-benar kalah dalam pertandingan adalah pada semifinal German Open 2022 yang berlangsung pada 10 Maret 2022.

Baca Juga

Sejauh ini, Axelsen sudah mengantongi enam gelar juara, yakni All England Open, Kejuaraan Eropa, Indonesia Masters, Indonesia Open, Malaysia Open, dan Kejuaraan Dunia Bulutangkis.

Kandasnya Akane Yamaguchi dan Viktor Axelsen menyusul sejumlah pebulu tangkis di tiga sektor ganda berperingkat satu dunia yang lebih dulu tersingkir di Denmark Open 2022.

Di babak perempat final kemarin, ganda putri nomor 1 dunia asal Korea Selatan, Kim So Yeong/Kong Hee Yong juga harus angkat koper.

Baca Juga

Mirisnya, pasangan yang baru naik takhta pekan lalu itu tersingkir dari Denmark Open 2022 usai dikalahkan rekan senegara racikan baru, Baek Ha Na/Lee So Hee, dalam tiga set 21-16, 15-21, 16-21.

Sementara itu, pada sektor ganda campuran peringkat 1 dunia asal Thailand, Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattachai, lebih dulu kandas di babak 6 besar.

Dechapol/Sapsiree tersingkir sesuai gagal mengatasi perlawanan pasangan racikan baru asal China, Feng Yan Zhe/Huang Dong Ping, secara straigth game dengan skor 19-21, 21-23.

Baca Juga

Sementara di sektor ganda putra, pasangan Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi, secara mengejutkan langsung kandas di babak pertama Denmark Open 2022.

Takuro Hoki/Yugo Kobayashi belum lama ini berhasil naik takhta sebagai ganda putra bulutangkis ranking 1 dunia, menggusur posisi andalan Indonesia, Kevin Sanjaya/Marus Gideon, yang saat ini duduk di peringkat 3 sebelum gelaran Denmark Open 2022.


2. Ada Duel Indonesia vs Malaysia di Semifinal Denmark Open

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon akan melawan Malaysia di semifinal Denmark Open 2022

Menjalani debut sebagai pemilik ranking satu dunia, Hoki/Kobayashi malah tumbang di matchday pertama Denmark Open 2022 usai dijegal oleh pasangan non-unggulan tuan rumah, Jeppe Bay/Lasse Molhede.

Hoki/Kobayashi disingkirkan oleh pasangan Denmark hanya dalam dua set saja, dengan skor 15-21 dan 14-21, dalam waktu 33 menit.

Baca Juga

Dengan kekalahan tersebut, berakhir sudah perjalanan Takuro Hoki/Yugo Kobayashi di turnamen Super 750 itu. Bahkan, keduanya terancam turun lagi ke peringkat kedua.

Denmark Open 2022 boleh jadi kuburan buat para pemain nomor 1 dunia, namun hal ini tidak berlaku untuk Indonesia yang meloloskan dua wakilnya di sektor ganda putra ke semifinal.

Baca Juga

Kedua wakil itu sama-sama berasal dari nomor ganda putra, sehingga bila lolos akan bertemu di final. Mereka adalah Kevin Sanjaya Sukamujo/ Marcus Fernaldi Gideon dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Menariknya, Kevin/Marcus dan Fajar/Rian akan melakoni duel sarat gengsi di pertandingan masing-masing. Keduanya sama-sama akan menghadapi lawan dari Malaysia.

Baca Juga

Ganda putra nomor 3 dunia akan mendapat tantangan dari pasangan Juara Dunia 2022 ganda putra, Aaron Chia/Soh Wooi Yik.

Sementara itu, Fajar/Rian akan menghadapi ganda putra Malaysia yang tengah menjanjikan tahun ini, yakni Ong Yew Sin/Teo Ee Yi.

Akane YamaguchiDenmark OpenBulutangkisTakuro Hoki/Yugo KobayashiDechapol Puavaranukroh/Sapsiree TaerattanachaiKim So-yeong/Kong Hee-yongBerita BulutangkisDenmark Open 2022

Berita Terkini