x

Sukses Taklukkan Axelsen, Loh Kean Yew 'Dengarkan' Nasihat Taufik Hidayat dan Lee Chong Wei?

Sabtu, 22 Oktober 2022 13:59 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Loh Kean Yew mengungkapkan kunci menaklukkan Viktor Axelsen, di Denmark Open 2022, cara yang juga pernah dikemukakan Taufik Hidayat dan Lee Chong Wei.

INDOSPORT.COM – Loh Kean Yew mengungkapkan kunci keberhasilannya menaklukkan sang raja bulutangkis, Viktor Axelsen, di Denmark Open 2022. Namun, apakah caranya sesuai dengan nasihat dua legenda Taufik Hidayat dan Lee Chong Wei?

Tunggal putra asal Singapura, Loh Kean Yew, tengah jadi sorotan menyusul keberhasilannya menapakkan kaki ke babak semifinal Denmark Open 2022.

Baca Juga

Dia jadi sorotan karena lawan yang dia taklukkan bukan kaleng-kaleng. Dia adalah Viktor Axelsen, sang raja bulutangkis dunia pemegang rekor 39 kemenangan beruntun sepanjang 2022.

Sebelumnya, Axelsen memang dianggap momok  bagi lawan-lawannya karena hampir tak pernah kalah kecuali satu-satunya kekalahan di German Open 2022 pada Maret lalu.

Bukan hanya itu, Loh Kean Yew bisa dianggap berhasil mengakhiri tren 39 kemenangan beruntun pemain yang berperingkat 1 dunia it di sepanjang 2022.

Baca Juga

Sejauh ini, Axelsen juga sudah mengantongi enam gelar juara, yakni All England Open, Kejuaraan Eropa, Indonesia Masters, Indonesia Open, Malaysia Open, dan Kejuaraan Dunia Bulutangkis.

Tampil meyakinkan di Jyske Bank Arena, Odense, Jumat (21/10/22), Loh Kean Yew menundukkan lawan sekaligus gurunya di Padepokan Dubai dengan skor 21-17, 21-10 hanya dalam tempo 30 menit saja.

Loh Kean Yew mengaku sangat puas dengan keberhasilannya ini. Pasalnya, dia mampu melancarkan strategi yang sudah dia siapkan sejak awal.

Baca Juga

“(Ini) merupakan pencapaian besar untuk mengalahkan Axelsen,” ujar Loh Kean Yew dilansir dari laman resmi BWF.

Pemain berusia 25 tahun itu lantas mengungkapkan bahwa dirinya mengandalkan kecepatan dan permainan net untuk mengatasi Viktor Axelsen.


1. Kunci Taklukkan Axelsen: Main Cepat, Power Lebih

Tunggal putra asal Denmark, Victor Axelsen

Dengan kecepatan serangan baik, Loh Kean Yew bisa mengimbangi langkah besar Axelsen yang punya postur setinggi 195 cm.

“(Pukulan) shuttlecock  sangat cepat dan saya mengandalkan permainan net,” terang Loh Kean Yew.

“Saya menggunakan kecepatan dan kekuatan saya untuk memukul secepat yang saya bisa. (Cara) ini mustahil (dikembalikan Axelsen, (seperti halnya) mengontrol kecepatan pesawat ulang-alik,” lanjutnya.

Baca Juga

Entah kebetulan atau tidak, cara yang dipakai Loh Kean Yew tersebut sebelumnya sempat dikemukakan dua legenda dunia, Taufik Hidayat (Indonesia) dan Lee Chong Wei (Malaysia).

Axelsen punya kelebihan dalam segi postur tubuh. Menurut Taufik Hidayat pada Juni 2022 lalu, kelebihan ini membuat Axelsen mampu melancarkan smash-smash tajam.

Oleh karena itu, untuk mengalahkan Axelsen, Taufik Hidayat menyarankan lawannya harus bisa mengimbangi dalam sisi kecepatan dan punya power lebih.

“Axelsen punya kelebihan postur tubuh yang tinggi, smash sangat tajam. Untuk bisa mengalahkan dia, lawannya harus tampil lebih cepat dan ekstra,” kata Taufik Hidayat.

Baca Juga

"Karena dengan melawan siapapun Axelsen hanya satu langkah untuk menjemput bola, sedangkan lawannya harus dua langkah karena kelebihan postur tubuh tingginya itu,"

"Maka dari itu untuk bisa mengalahkannya dia, lawannya harus tampil lebih ekstra power, kalau latihan juga harus ekstra," 

Senada dengan ungkapan Taufik Hidayat, legenda bulutangkis Malaysia Lee Chong Wei juga menganggap kecepatan plus power bakal bisa memutus dominasi Axelsen.

Baca Juga

"Ya saya setuju. Dia saat ini juga lebih stabil dan tenang dalam bermain seperti di dua turnamen di Indonesia kemarin ya. Kualitas permainanya juga sangat konsisten," timpal Lee Chong Wei.

Jika Loh Kean Yew sendiri berhasil mengapliaksikan nasihat Taufik Hidayat dan Lee Chong Wei tersebut, mengapa tunggal putra Indonesia, seperti Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie belum?

Lee Chong WeiSingapuraTaufik HidayatDenmarkViktor AxelsenDenmark OpenBulutangkisBerita BulutangkisLoh Kean YewDenmark Open 2022

Berita Terkini