x

Digelar Lagi Malam ini! Daftar Atlet Tersukses Peraih BWF Awards Sepanjang Sejarah

Senin, 5 Desember 2022 15:55 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Prio Hari Kristanto
Bakal digelar lagi hari ini, Senin (05/12/22), berikut daftar atlet tersukses peraih BWF Awards sepanjang sejarah, di mana Lee Chong Wei jadi pemegang rekor.

INDOSPORT.COM – Bakal digelar lagi hari ini, Senin (05/12/22), berikut daftar atlet tersukses peraih BWF Awards sepanjang sejarah, di mana Lee Chong Wei jadi pemegang rekor.

Sebagaimana diketahui, ajang penutup musim bertajuk BWF World Tour Finals 2022 akan digelar pada 7-11 Desember di Bangkok, Thailand.

Sebelum persaingan panas World Tour Finals 2022, BWF akan menggelar acara gala dinner sekaligus untuk melakukan drawing grup dan mengumumkan penghargaan player of the Year Awards 2022.

Nominasi BWF Awards telah diumumkan, yang mencakup Player of the Year, Pair of the Year, Most Improved Player of the Year, dan Most Promising Player of the Year.

Tiga kategori lainnya hadir dari sektor para-badminton. Ketiganya adalaah Male Para Badminton Player of The Year, Female Para Badminton of The Year,  dan Para Badminton Player of the Year.

Baca Juga

Sejumlah pemain yang masuk nominasi, terpilih berdasarkan pilihan juri dan penampilannya di sepanjang musim 2021/2022 dari 1 November-31 Oktober.

Indonesia sendiri memiliki empat wakil yang terbagi dalam tiga kategori berbeda. Mereka adalah Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto untuk kategoir Most Improved Player of the Year 2022.

Baca Juga

Kemudian ada Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati untuk kategori Eddy Choong Most Promising Player 2020.

Sementara dua wakil Indonesia lainnya adalah Fredy Setiawan/Khalimatus Sadiyah dan Subhan/Rina Marlina yang sama-sama masuk nominasi Para Badminton Pair of the Year 2022.

Sebelum perhelatan BWF World Tour Finals 2022, berikut daftar atlet tersukses peraih BWF Awards di mana legenda Malaysia, Lee Chong Wei.

Baca Juga

1. Daftar Atlet Tersukses BWF Awards

Daftar Atlet Tersukses BWF Awards sepanjang sejarah.

BWF sendiri memang telah mengadakan acara penghargaan kepada para atlet yang biasanya digelar jelang World Tour Finals pada akhir tahun.

Penghargaan per musim tersebut teah diselenggarakan dari tahun 1998, dan tahun ini BWF Awards 2022 akan kembali diumumkan.

Sepanjang perhelatannya, legenda bulutangkis tunggal putra Malaysia, Lee Chong Wei, masih menjadi atlet terbanyak yang menerima BWF Awards.

1. Lee Chong Wei

BWF Awards diterima oleh Lee Chong Wei sebanyak lima kali pada tahun 2009, 2010, 2011, 2013 dan 2016. Hal itu berkat pencapaian konsisten Lee Chong Wei dalam acara BWF World Tour.

Tak pelak, berkat prestasinya yang luar biasa tersebut, Lee Chong Wei sampai dijuluki ‘raja super series’ oleh badminton lovers.

Baca Juga

Bukti lain dari kekonsistenan Lee Chong Wei adalah pencapaiannya meraih medali perak Olimpiade dalam 3 edisi (Beijing 2008, London 2012, Rio 2016). 

Lee Chong Wei juga menjadi juara All England empat kali, serta beragam gelar tak terhitung lainnya hingga pantas dirinya dijuluki legenda.

Baca Juga

2. Lin Dan

Peraih penghargaan BWF Awards terbanyak lainnya adalah legenda bulutangkis China, Lin Dan. Total, Lin Dan meraih BWF Awards pada tahun 2006, 2007, 2008.

Penghargaan itu pantas didapat Super Dan lantaran pencapaiannya yang mentereng di level BWF World Tour, termasuk meraih enam kali juara All England.

Tak heran rasanya jika Lin Dan menjadi seteru paling sengit dengan Lee Chong wei. Dari 40 pertemuan, 22 di antaranya adalah partai final.

Jika digabung, Lin Dan maupun Lee Chong Wei telah mengoleksi sebanyak 135 gelar, demikian dilansir dari Fox Sports Australia.

Baca Juga

2. 3. Leani Ratri dan Tai Tzu Ying

Leani Ratri dan Tai Tzu Ying meraih rekor bersejarah BWF World Tour Finals 2022.

Leani Ratri Oktila adalah atlet para bulutangkis Indonesia yang pernah meraih tiga kali BWF Awards pada tahun 2018, 2019, 2020-2021).

Per saat ini, Leani Ratri Oktoila adalah pemilik gelar juara dunia di sektor tunggal outri dan ganda campuran para badminton. Dia juga aktif bermain di sektor ganda putri.

Bahkan pada ajang paralimpiade Tokyo 2020 lalu, Leani Ratri Oktila mampu menyabet dua medali emas dari sektor ganda campuran dan ganda putri. Sementara dari sektor tunggal putri, Leani Ratri Oktila juga meraih medali perak Paralimpiade Tokyo 2020.

Beberapa pebulu tangkis juga meramaikan daftar BWF Awards dengan masing-masing dua gelar, yakni Taufik Hidayat yang meraih gelar Player of the Year 2004 dan 2005.

Baca Juga

Ada pula pebulu tangkis putri Huang Yaqiong hingga Tai Tzu Ying dengan masing-masing dua gelar, dan berpotensi menambah gelar lagi.

Male Player of the Year 2022

Baca Juga

Female Player of the Year 2022

Pair of the Year 2022:

Baca Juga

Most Improved Player of the Year 2022:

Eddy Choong Most Promising Player 2022

Male Para Badminton Player of the Year 2022:

Female Para Badminton Player of the Year 2022

Para Badminton Pair of the Year 2022:

Lee Chong WeiLin DanLeani Ratri OktilaBulutangkisBerita BulutangkisBWF World Tour Finals 2022

Berita Terkini