x

Sederet Pro dan Kontra Rumor Hengkangnya Pelatih PBSI Nova Widianto ke Malaysia

Rabu, 21 Desember 2022 12:13 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Isman Fadil
Bertebaran pro dan kontra sebagai tanggapan dari rumor yang menyebut jika pelatih kepala ganda campuran PBSI, Nova Widianto, bakal hengkang ke Malaysia (BAM).

INDOSPORT.COM – Bertebaran pro dan kontra sebagai tanggapan dari rumor yang menyebut jika pelatih kepala ganda campuran PBSI, Nova Widianto, bakal hengkang ke Malaysia (BAM).

Jika rumor benar, ada yang bilang bahwa itu kesempatan baik bagi Nova Widianto dalam melebarkan sayap jadi pelatih. Sebaliknya, banyak pihak yang meyayangkan keputusan itu dengan beragam sebab.

Apakah sebab yang melatar belakangi seandainya Nova Widianto benar-benar ‘membelot’ melatih bulutangkis Malaysia? 

Sebelum membahas sebabnya, mari flashback sebenar tentang pertama kalinya Nova Widianto dirumorkan bakal hengkang ke Malaysia.

1. Pertama Kali Rumor Muncul

Ya, sebelumnya sudah banyak pemberitaan yang menyebut jika pelatih kepala sektor ganda campuran pelatnas PBSI, Nova Widianto, bakal segera hengkang  ke Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM).

Baca Juga

Rumor itu berawal dari adanya pemberitaan di media Malaysia, seperti New Straits Times pada Selasa (20/12/22) dengan headline, “Juara Dunia Dua Kali Nova akan Bergabung dengan ABM sebagai Pelatih.”

Direktur Kepelatihan Ganda Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM), Rexy Mainaky, dalam sebuah wawancara sebenarnya belum menyebut nama pasti.

Baca Juga

Bahkan di sisi lain, hingga saat ini PBSI selaku induk olahraga bulutangkis Indonesia juga belum memberikan pernyataan terkait rumor ini.

“Saya tahu Anda semua telah menunggu untuk mengetahui siapa pelatih baru ini, tetapi beri saya waktu beberapa hari lagi. Saya akan membuat pengumuman setelah mendapat lampu hijau darinya,” ucap Rexy Mainaky.

Dua mantan pelatih Malaysia, Chin Eei Hui dan Lim Pek Siah, dikaitkan kembali ke BAM. Namun rumor itu sirna ketika BAM mengungkapkan sedang dalam pembicaraan dengan beberapa pelatih Indonesia, serta satu dari Korea Selatan. 

Baca Juga

1. Tuai Pro Kontra Publik

Setelah rumor menjadi berkembang di masyarakat, Nova Widianto pun tak pelak menjadi salah satu trending topic di twitter Indonesia dengan beragam komentar pro dan kontra.

2. Tuai Pro dan Kontra Badminton Lovers, dan Alasannya

Setelah rumor menjadi berkembang di masyarakat, Nova Widianto pun tak pelak menjadi salah satu trending topic di twitter Indonesia.

Twitter @badmintonTalk juga ikut menyoroti rumor hengkangnya Nova Widianto dari pelatnas bulutangkis PBSI ke BAM seperti berikut.

“Breaking: Pelatih ganda campuran Indonesia akan meninggalkan PBSI untuk bergabung dengan Rexy Mainaky untuk melatih di Malaysia,” tulis @@badmintonTalk.

“Mereka sudah mengamankan pelatih baru Ganda Campuran, sembari menunggu pengumuman resmi beberapa hari lagi,” tutupnya.

Unggahan itu lantas memicu serangkaian komentar yang pro dan kontra soal rumor hengkangnya Nova Widianto dari PBSI ke BAM.

Baca Juga

Pada satu sisi, banyak yang mendukung jika rumor hengkangnya Nova Widianto ke BAM bisa memperluas sayap karier sang pelatih.

Mereka mendoakan agar Nova Widianto sukses dalam segala pilihan yang akan dia ambil di masa depan, termasuk jika benar-benar bergabung sebagai pelatih pelatnas Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM).

Baca Juga

“Wah pas ada isu pelatih Indonesia join BAM masih ada kontrak sama PBSI, saya kira coach Flandy yg bakal balik BAM. Ternyata coach Nova, well good luck coach, thankyou,” tulis @mon*****

“Semoga sukses coach, proyek baru XD pelatnas BAM kayaknya, karena XD Malaysia yg bagus2 sekarang itu pemain professional semua, yg pelatnas BAM kurang terlihat XD nya,” komentar @noez****

Namun pada sisi lain, banyak badminton lovers yang teramat meyayangkan seandainya rumor Nova WIdianto hengkang dari PBSI ke BAM itu benar adanya. Alasannya pun masuk akal.

Baca Juga

2. Rumor saat Ganda Campuran Indonesia Sedang Naik Daun

Rumor hengkangnya Nova Widianto dari PBSI muncul saat ganda campuran Indonesia mulai naik daun lagi.

Pada sisi lain, rumor hengkangnya pelatih Nova Widianto dari PBSI ke BAM juga membuat badminton lovers meyayangkan hal itu jika benar.

Pasalnya ada yang melatar belakangi, termasuk Nova Widianto yang dianggap belum menyelesaikan komitmennya sebagai pelatih kepala ganda campuran yang berfokus pada regenerasi.

Karena dalam keputusan degradasi dan promosi PBSI tahun 2022 lalu, ada fakta tentang ‘potong generasi’ di sektor ganda campuran Indonesia.

Yakni Rinov/Pitha hingga Rehan/Lisa langsung naik jadi pasangan nomor satu hingga tiga di pelatnas PBSI setelah senior mereka, Praveen/Melati dan Hafiz/Gloria terdegradasi dari pelatnas PBSI.

Alasan lainnya, rumor hengkangnya Nova Widianto ke BAM itu terjadi saat sektor ganda campuran sedang merangkak naik jelang 2023.

Baca Juga

Sebut saja Rinov RIvaldy/Pitha Haningtyas Mentari yang baru saja membuat kejutan dengan menembus empat besar BWF World Tour Finals 2022.

Capaian fantastis itu membuat Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari mencetak sejarah dalam kariernya dengan menembus ranking 11 dunia.

Baca Juga

Contoh lain adalah melejitnya pebulutangkis muda Indonesia, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati yang luar biasa menjuarai ajang bulutangkis Super 300 Hylo Open 2022.

Gelar juara Rehan/Lisa saat ini juga membuat mereka mencetak sejarah sebagai ganda campuran pertama dari Indonesia yang naik podium juara Hylo Open.

Berikut adalah komentar-komentar badminton lovers dan jurnalis olahraga yang menyayangkan jika rumor hengkangnya Nova Widianto ke BAM benar adanya.

Baca Juga
PBSINova WidiantoBulutangkisAsosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM)Berita Bulutangkis

Berita Terkini