x

Diari Taylor Fritz Sepanjang 2022: Kuda Hitam sang Penghancur Rafael Nadal

Senin, 26 Desember 2022 17:55 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Selebrasi petenis asal Amerika Serikat, Taylor Fritz, merayakan kemenangan usai mengalahkan Rafael Nadal di Indian Wells Tennis Garden. Foto: Reuters/Jayne Kamin-Oncea.

INDOSPORT.COM - Petenis asal Amerika Serikat, Taylor Fritz, tampil mengejutkan tahun ini usai sukses menumbangkan Rafael Nadal di Indian Wells pada bulan Maret.

Berkat kemenangan itu pula, ia berhasil mencetak sejarah yang sudah lama tidak ditelurkan pemain-pemain asal Negeri Paman Sam selama dua dekade lebih.

Saat tulisan ini dibuat, Taylor Fritz berada di ranking 9 tunggal per 26 Desember 2022 dengan raihan 3.355 poin.

Meski tidak berhasil menembus lima besar, Taylor Fritz mencatatkan sepak terjang yang tidak terlalu buruk sepanjang tahun 2022.

Termasuk menumbangkan Rafael Nadal di Indian Wells, berikut diari sang petenis sejak awal hingga akhir tahun ini.

Baca Juga

Awal Tahun

Taylor Fritz mengawali tahun 2022 dengan sedikit terseok-seok. Ia harus meladeni perlawanan wakil Yunani, Stefanos Tsitsipas, dengan lima set keras di putaran empat Australian Open.

Belum beruntung, perjuangannya pun kandas kala itu dengan skor akhir 6-4, 4-6, 6-4, 3-6, 4-6. Setelah itu, ia sama sekali tidak berpartisipasi di turnamen tenis apa pun selama bulan Januari.

Baca Juga

Taylor Fritz baru melakukan comeback pada bulan Februari di Dallas Open, yang notabene turnamen ATP berlevel 250.

Langkahnya di turnamen ini pun berakhir cukup cepat di perempat final. Demikian halnya di Mexican Open, masih pada bulan Februari, ia terhenti di putaran 16 besar.

Namun situasi berbalik 180 derajat sejurus kemudian di Indian Wells Masters pada bulan Maret, di mana ia secara mengejutkan bisa sampai ke partai puncak dan berhadapan dengan Rafael Nadal.

Baca Juga

1. Sang Pengancur Rafael Nadal

Selebrasi petenis asal Amerika Serikat, Taylor Fritz, merayakan kemenangan usai mengalahkan Rafael Nadal di Indian Wells Tennis Garden. Foto: Reuters/Jayne Kamin-Oncea.

Gemilang di Indian Wells

Meski mengawali tahun 2022 dengan hasil yang kurang impresif, Taylor Fritz berhasil menguah nasib saat bertanding di Indian Wells.

Di turnamen bernama BNP Paribas Open dan berlabel Masters 1000s tersebut, Taylor Fritz melewati hadangan sejumlah pemain yang sejatinya tidak terlalu mengancam.

Sebelum sampai ke Rafael Nadal di final, ia berhadapan dengan Andrey Rublev di semifinal, Miomir Kecmanovic di perempat final, dan Alex de Minaur di 16 besar.

Ciptakan Sejarah untuk Tenis AS

Di final, ia pun menumbangkan Rafael Nadal dengan skor 6-3, 7-6, untuk kemudian memastikan diri sebagai pemain pertama asal Amerika Serikat yang juara di Indian Wells sejak tahun 2001.

Terakhir kali, petenis putra dari Negeri Paman Sam yang berhasil menggondol predikat ini di nomor tunggal adalah Andre Agassi.

Baca Juga

Rekor setelah Juara Indian Wells

Selain raihan tersebut, Taylor Fritz juga mencatatkan rekor hebat lainnya setelah menekuk sang raja tanah liat.

Ia mencatat rekor kemenangan 5-0 melawan para pemain top 10 di lima edisi Indian Wells, termasuk Rafael Nadal.

Baca Juga

Kemenangan di Indian Wells ini memang sangat berkesan bagi Taylor Fritz, yang nyaris kehabisan kata-kata setelah pertandingan berakhir.

“Memenangkan turnamen ini adalah salah satu mimpi gila sewaktu kecil yang Anda rasa tidak akan pernah tercapai,” ucapnya, seperti pernah diwartakan laman tennis.com.

Usai meraih gelar di Indian Wells 2022, ranking Taylor Fritz pun melejit cukup tajam dari 20 besar ke 8 besar. 

Baca Juga

2. Akhir Tahun pun Jumpa Rafael Nadal Lagi

Selebrasi petenis asal Amerika Serikat, Taylor Fritz, merayakan kemenangan usai mengalahkan Rafael Nadal di Indian Wells Tennis Garden. Foto: Reuters/Jayne Kamin-Oncea.

Perjalanan Selanjutnya

Taylor Fritz termasuk salah satu petenis yang rajin mengikuti turnamen sepanjang tahun 2022. Usai Indian Wells, ia pun berpartipasi di sejumlah ajang seperti Miami Open, Monte-Carlo Masters, dll.

Namun sebelum beranjak ke turnamen Grand Slam French Open pada bulan Mei, langkahnya kerap terhenti di 16 besar dan perempat final.

Kegagalan di French Open

Tampil kurang nendang di turnamen Grand Slam awal tahun, Australian Open, Taylor Fritz melangkah ke French Open dengan penuh optimisme.

Akan tetapi, boro-boro melaju jauh, ia tersingkir cepat di putaran kedua.

Akhirnya ke Perempat Final Grand Slam

Setelah menjadi juara di Eastbourne International, Taylor Fritz mencatat pencapaian hebat lainnya pada tahun 2022, dengan melangkah untuk pertama kalinya di perempat final turnamen Grand Slam.

Baca Juga

Di perempat final, ia lagi-lagi berhadapan dengan Rafael Nadal, yang kali ini berhasil membalaskan dendam kekalahannya di Indian Wells.

Taylor Fritz tersingkir setelah menyelesaikan lima set tiebreaker menghadapi petenis kawak Spanyol tersebut di putaran 8 besar.

Baca Juga

Sisa Tahun 2022 dan Kembali Jumpa Rafael Nadal

Pencapaian Taylor Fritz di Wimbledon adalah yang terbaik dibandingkan turnamen-turnamen Grand Slam 2022 lainnya - apalagi di US Open, ketika ia langsung tersingkir di putaran pertama.

Namun petenis kelahiran 28 Oktober 1997 tersebut masih bisa tersenyum usai menggondol gelar di Japan Open pada bulan Oktober. Ia menekuk rekan senegaranya, Frances Tiafoe, di partai puncak.

Jelang akhir tahun 2022, Taylor Fritz yang tersingkir di 32 besar Paris Masters, lagi-lagi bersua Rafael Nadal di ATP Finals.

Ia menekuk sang senior di fase grup dan berhasil melaju hingga semfinal. Di 4 besar, sayangnya ia ditumbangkan oleh Novak Djokovic. 

Baca Juga

Suber: tennis.com

Rafael NadalIndian Wells MastersTaylor FritzTenisBerita OlahragaBerita Tenis

Berita Terkini