x

5 Petenis dengan Ranking Nomor 1 Dunia Terlama, Djokovic Masih Perkasa

Senin, 6 Februari 2023 15:32 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Roger Federer dan Novak Djokovic di Nitto ATP Finals 2019.

INDOSPORT.COM - Peringkat para pemain tenis dunia telah ditampilkan di Asosiasi Profesional Tenis (ATP). Dari banyaknya petenis hebat, terdapat lima petenis yang pernah meraih ranking satu dunia terlama.

Penempatan peringkat ini dilakukan setiap pekannya sejak 1973 silam, di mana sudah ada 28 petenis berbeda yang telah menjadi petenis nomor satu dunia.

Baca Juga

Durasi kekuasaan mereka sebagai petenis nomor satu dunia memang bervariasi, ada yang hanya beberapa pekan, tetapi ada juga yang bahkan mencapai ratusan pekan.

Untuk mengetahuinya, berikut lima petenis hebat yang pernah memegang ranking satu dunia terlama.

Baca Juga

Jimmy Connors - 268 pekan

Jimmy Connors adalah mantan pemain tenis Amerika Serikat yang sebelumnya memegang rekor peringkat satu dengan waktu 160 pekan. 

Baca Juga

Kariernya sebagai petenis profesional berlangsung dari tahun 1972 hingga 29 April 1996, ketika ia mengumumkan pengunduran dirinya.

Connors menduduki peringkat nomor satu ATP dengan total 268 pekan. Dia juga memenangkan 1.274 dari 1.557 pertandingan dan meraih 109 gelar, termasuk delapan gelar utama.


1. Ivan Lendl - 270 pekan

Mantan petenis, Pete Sampras.

Ivan Lendl memegang rekor sebagai satu-satunya pria dengan persentase kemenangan lebih dari 90% dalam lima tahun berbeda. 

Dia menduduki peringkat nomor satu dengan total 270 pekan dan hal ini menjadikannya menempati posisi keempat dalam daftar ini.

Baca Juga

Lendl dianggap banyak orang sebagai salah satu pemain tenis terhebat dalam sejarah dan menjadi pemain pertama yang memperebutkan 19 gelar utama dan memenangkan delapan gelar. 

Bersama dengan Novak Djokovic dan Roger Federer, Lendl juga menjadi pemain dengan raihan runner-up terbanyak dalam gelar utama, dengan masing-masing 11 kali.

Pete Sampras - 286 pekan

Pete Sampras memenangkan 14 gelar major selama kariernya yang berlangsung dari tahun 1988-2002. Ke-14 gelar majornya ini menjadi rekor pada saat itu.

Baca Juga

Dia memenangkan total 69 gelar dan menjadi peringkat satu dunia untuk pertama kalinya pada 1993, sebuah peringkat yang dipegangnya selama total 286 pekan dalam kariernya.

Petenis asal AS ini juga menjadi petenis pertama yang memenangkan tujuh gelar Wimbledon.


2. Roger Federer - 310 pekan

Roger Federer melambai kepada para penggemar di akhir pertandingan terakhirnya setelah mengumumkan pengunduran dirinya. Foto: Andrew Boyers

Roger Federer memecahkan banyak rekor sepanjang kariernya, termasuk menjadi yang pertama memenangkan 20 gelar Grand Slam.

Dia memegang rekor untuk kemenangan Wimbledon terbanyak (8) dan gelar kejuaraan US Open dan akhir tahun terbanyak, masing-masing 5 dan 6.

Baca Juga

Petenis asal Swiss ini memegang rekor petenis nomor satu dunia selama 237 pekan yang dimulai pada 2 Februari 2004 hingga 17 Agustus 2008.

Federer kemudian pensiun pada 2022 kemarin dengan rekor menjadi petenis nomor satu dunia selama total 310 pekan.

Novak Djokovic - 374 pekan

Novak Djokovic menjadi yang teratas dalam daftar ini, di mana pemilik 22 gelar Grand Slam ini mempunyai peringkat satu dunia selama total 374 pekan.

Baca Juga

Sayangnya, petenis asal Serbia ini melewatkan beberapa gelar besar pada 2021-2022 karena penolakannya untuk divaksinasi.

Dia juga telah membuat banyak rekor, termasuk menjadi satu-satunya pemain yang memenangkan sembilan turnamen Masters dan mencapai karier Golden Masters, yang telah dilakukannya dua kali.

ATPNovak DjokovicRoger FedererTRIVIATenisBerita Tenis

Berita Terkini