x

Tikung Tajam Jepang di Piala Sudirman, Ganda China Dapat Wangsit dari Mohammad Ahsan

Minggu, 21 Mei 2023 10:05 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Isman Fadil
Ganda putra China, Liu Yuchen/Ou Xuanyi dapat ‘wangsit’ dari Mohammad Ahsan saat tikung Takuro Hoki/Yugo Kobayashi di semifinal Piala Sudirman 2023.

INDOSPORT.COM – Ganda putra China, Liu Yuchen/Ou Xuanyi dapat ‘wangsit’ dari Mohammad Ahsan saat tikung Takuro Hoki/Yugo Kobayashi di semifinal Piala Sudirman 2023.

Seperti diketahui, China berhasil mengamankan tiket final Piala Sudirman 2023 usai mengalahkan Jepang melalui laga dramatis yang berakhir dengan skor 3-2.

Sebetulnya, Jepang sendiri hampir saja memastikan tiket final usai unggul 2-1 melalui poin yang disumbangkan Kyohei Yamashita/Naru Shinoya dan Akane Yamaguchi.

Namun, pada partai yang menentukan, ganda putra Takuro Hoki/Yugo Kobayashi yang sempat unggul atas Liu Yuchen/Ou Xuanyi malah tertikung di gim ketiga.

Usai kekalahan Hoki/Kobayashi, pertandingan berlanjut di partai penentu di mana Chen Qingchen/Jia Yifan berhasil mengamankan tiket final untuk China usai mengalahkan Yuki Fukushima/Sayaka Hirota.

Baca Juga

Menariknya, tikungan tajam Liu Yuchen/Ou Xuanyi mendapat sorotan akun Twitter @badminton_fess yang menyebut ganda China itu terinspirasi dari Mohammad Ahsan di Piala Thomas 2022.

“Babah Ahsan TC 2022 dan Liu Yuchen SC 2023, menikung Hokbay lewat deuce di rubber game,” tulis akun penggemar bulutangkis tersebut.

Baca Juga

Sekadar informasi, di Piala Thomas 2022, pasangan ‘gado-gado’ Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya sukses menikung Takuro Hoki/Yugo Kobayashi di babak semifinal.

Serupa dengan Liu Yuchen/Ou Xuanyi yang turut mengikuti langkah Kevin/Ahsan yang turut menjegal langkah Jepang di semifinal Piala Sudirman 2023.

Dengan hasil ini, China kembali melaju ke final Piala Sudirman untuk ke-10 kalinya dan berambisi untuk mengamankan status sebagai juara bertahan.

Baca Juga

1. Comeback Dramatis China

Ganda putra China, Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi.

Sekadar informasi, China selaku juara bertahan Piala Sudirman hampir saja mencetak rekor buruk di hadapan penggemar sendiri di Suzhou Olympic Sports Centre.

Ya, di pertandingan pembuka, ganda campuran andalan China yakni Feng Yanzhe/Huang Dongping harus mengakui keunggulan Kyohei Yamashita/Naru Shinoya.

Padahal, di atas kertas, Feng Yanzhe/Huang Dongping lebih unggul. Namun, jelang berakhirnya gim ketiga, ganda Jepang lebih beruntung dengan memenangkan pertandingan saat sempat deuce.

Sementara di pertandingan kedua, tunggal putra China, Shi Yuqi berhasil memperpanjang nafas tuan rumah dengan mengalahkan Kodai Naraoka.

Sempat tertinggal di gim pertama, Shi Yuqi berhasil tampil garang dengan memenangkan laga di gim kedua dan ketiga di Piala Sudirman 2023.

Baca Juga

Lalu, di partai ketiga, China gagal mengamankan kemenangan usai Chen Yufei harus mengakui keunggulan Akane Yamaguchi dua gim langsung.

Sementara di partai ketiga, Jepang hampir mencetak sejarah mengalahkan China di Piala Sudirman. Namun, apa hendak dikata, Liu Yuchen/Ou Xuanyi tampil sebagai pahlawan.

Baca Juga

Ganda putra yang mengagumi pasangan Indonesia Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan itu comeback dramatis di gim ketiga dengan menikung Takuro Hoki/Yugo Kobayashi di skor 22-20.

Kesuksesan Liu Yuchen/Ou Xuanyi mengalahkan Takuro Hoki/Yugo Kobayashi lantas dilanjutkan oleh Chen Qingchen/Jia Yifan yang mudah mengalahkan Yuki Fukushima/Sayaka Hirota.

Dengan ini, China akan menghadapi Korea Selatan di partai final dan akan menjadi ajang balas dendam kekalahan merengkuh trofi Piala Sudirman pada edisi 2017 silam.

Baca Juga

Sumber: Twitter @badminton_fess

Mohammad AhsanChinaPiala SudirmanBulutangkisTakuro Hoki/Yugo KobayashiBerita BulutangkisLiu Yuchen/Ou Xuanyi

Berita Terkini