x

Anak Emasnya Jadi Biang Kerok Gagal di Piala Sudirman, Rexy Mainaky Pasang Badan

Senin, 22 Mei 2023 14:59 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Isman Fadil
Rexy Mainaky pasang badan buat Aaron Chia/Soh Wooi Yik yang menjadi bulan-bulanan badminton lovers usai Malaysia gagal di Piala Sudirman 2023.

INDOSPORT.COM – Direktur Kepelatihan Ganda BAM, Rexy Mainaky, pasang badan buat Aaron Chia/Soh Wooi Yik yang menjadi bulan-bulanan badminton lovers usai Malaysia gagal di Piala Sudirman 2023.

Seperti diketahui, tim bulutangkis Malaysia terhenti di babak semifinal Piala Sudirman 2023 usai ditaklukkan Korea Selatan dengan skor 1-3.

Satu-satunya poin untuk Malaysia disumbangkan oleh Lee Zii Jia yang sukses mengalahkan wakil Korea Selatan, Jeon Hyeok-jin dengan skor 21-11, 21-9.

Sementara itu, Malaysia sendiri kehilangan poin dari sektor ganda campuran usai Chen Tang Jie/Toh Ee Wei takluk dari Seo Seung-jae/Chae Yu-jung.

Lalu, di tunggal putri, Karupathevan Letshanaa juga gagal menyumbagkan poin usai kalah dari An Se-young dengan skor 10-21, 13-21.

Baca Juga

Menariknya, di laga pamungkas, Aaron Chia/Soh Wooi Yik yang diprediksi dapat mencuri poin malah kalah telak dari Kim Won-ho/Na Sung-seung yang notabene ganda putra jauh di bawahnya.

Aaron Chia/Soh Wooi Yik lantas menuai kritikan pecinta bulutangkis Malaysia dan disebut biang kerok kegagalan di semifinal Piala Sudirman 2023.

Baca Juga

Akan tetapi, sang pelatih yakni Rexy Mainaky pasang badan untuk Chia/Wooi Yik dan menyebut kekalahan ini menjadi tanggung jawab bersama tim.

“Bagaimanapun, ganda putra Korea kan sudah pernah bertanding di BAMTC (Badminton Asia Mixed Team Championships) di Dubai dan mereka tidak pernah kalah,” kata Rexy Mainaky.

“Hanya saja, Chia/Wooi Yik tidak berani bertahan. Kita juga harus tahu kalau Korsel bukan tim yang mudah dikalahkan. Mereka pernah mengalahkan Jepang dengan skor 5-0,” sambungnya.

Baca Juga

1. Aaron Chia/Soh Wooi Yik Minta Maaf

Selebrasi Aaron Chia/Soh Wooi Yik usai kalahkan Marcus/Kevin di Olimpiade Tokyo 2020.

Sekadar informasi, Aaron Chia/Soh Wooi Yik sendiri memang menuai sorotan badminton lovers Malaysia karena performa yang buruk di awal musim 2023.

Padahal di musim lalau, ganda putra nomor 2 dunia itu gemilang menyabet Juara Dunia usai mengalahkan wakil Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Namun, Aaron Chia/Soh Wooi Yik tak sekali pun meraih gelar juara di turnamen bulutangkis BWF World Tour di sepanjang kariernya.

Sementara itu, sadar penampilannya kurang memuaskan di Piala Sudirman 2023, ganda putra besutan Rexy Mainaky itu menyampaikan permintaan maaf.

“Setiap pemain dalam tim ini tentu memiliki peran. Bahkan, teman-teman lainnya juga menyemangati kami dari belakang,” kata Aaron Chia.

Baca Juga

“Saya hanya ingin minta maaf, kami tidak bisa melangkah lebih jauh,” sambungnya.

Selain itu, ganda putra nomor 1 Malaysia itu juga menyebutkan, penampilan lawan yakni Kim Won-ho/Na Sung-seung jauh lebih baik dari mereka.

Baca Juga

“Saya pikir lawan mempersiapkan dengan baik. Meski bukan pasangan asli, mereka bermain tanpa tekanan dan kami harusnya bisa tampil lebih baik,” kata Chia.

“Tapi setalah ini kami akan belajar dan membuktikan kami bisa main lebih baik, tapi saya tahu itu tidak akan mudah,” pungkas murid kesayangan Rexy Mainaky itu.

Dengan hasil ini, tim bulutangkis Malaysia kembali mengulang hasil pada edisi 2021. Di mana kala itu, Aaron Chia/Soh Wooi Yik dkk juga terhenti di babak semifinal dari Jepang.

Baca Juga

Sumber: BHarian

Rexy MainakyMalaysiaPiala SudirmanBulutangkisAaron Chia/Soh Wooi Yik

Berita Terkini