x

Malaysia Masters: Keok dari Nonunggulan, Mentalitas Anthony Ginting Dikuliti Media Asing

Jumat, 26 Mei 2023 17:12 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Keok dari Weng Hongyang di babak 16 besar Malaysia Masters 2023, mental Anthony Sinisuka Ginting 'dikuliti' media China.

INDOSPORT.COM – Keok dari Weng Hongyang sang titisan raja bulutangkis China, Lin Dan, di babak 16 besar Malaysia Masters 2023, mental Anthony Sinisuka Ginting 'dikuliti' media China.

Sebuah kejutan terjadi di turnamen badminton super 500 bertajuk Malaysia Masters 2023, di mana Anthony Ginting sebagai unggulan dua, tumbang dari Weng Honyang, tunggal ranking 34 dunia.

Bertanding di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Kamis (25/5/23), Anthony Ginting kandas dari Weng Honyang, dengan skor 19-21, 21-15.

Sepanjang gim pertama, sebenarnya pertandingan berlangsung imbang antarkedua pemain yang pernah sekali bertemu pada musim 2022 lalu.

Hanya saja, Anthony Sinisuka Ginting gagal mengatasi kegugupan sendiri, sehingga hal itu dimanfaatkan lawan untuk mengunci kemenangan.

Baca Juga

Di gim kedua, Anthony Ginting lebih sering melakukan kesalahan sendiri, yang membuat Weng Hongyang leluasa untuk memastikan tiket perempat final Malaysia Masters 2023.

Hasil ini tentu sangat merugikan Anthony Ginting yang sedang berjuang menggapai gelar perdananya pada musim 2023. Apalagi harus diakui sejauh ini penampilannya tak cukup konsisten.

Baca Juga

Anthony Ginting memang bisa sangat berbahaya menumbangkan setiap pemain top dunia, namun dia juga bisa terjegal dari siapa saja, termasuk para pemain nonunggulan seperti Weng Hongyang.

Masalah mental Anthony Ginting ini bahkan ikut disorot media China, Sohu, sesaat setelah kekalahan atlet Indonesia itu dari Weng Hongyang di Malaysia Masters 2023.

“Inilah kejutannya! Weng Hongyang mengalahkan Ginting 2-0 dan melaju ke 8 besar, menyapu bersih kinerja buruk sebelumnya,” tulis media Sohu.

Baca Juga

1. Mentalitas Ginting Jadi Sorotan

Mentalitas Ginting jadi sorotan usai kalah di Malaysia Masters 2023.

Media Sohu dalam beritanya menyoroti jika mentalitas Anthony Ginting hilang sejak gim pertama. Hal yang dimanfaatkan Weng Hongyang di Malaysia Masters 2023.

“Di gim pertama, Weng Hongyang menunjukan keadaan yang sangat baik begitu dia muncul. Di sisi lain, Ginting kehilangan mentalnya sejak awal,” tulis Sohu.

“Tampak keinginan untuk memenangkan permainan tidak terlalu tinggi, sehingga langkah (Anthony Ginting) sedikit terlihat berat.”

“Weng Hongyang memanfaatkan keadaan tersebut dan memenangkan laga di gim pertama 21-19 Di gim kedua, Weng Hongyang terus bermain bagus, dan kerap memberi banyak tekanan pada Ginting.”

“Ginting jadi melakukan banyak kesalahan dalam mengembalikan bola. Pada akhirnya Weng Hongyag memenangkan pertandingan dengan serangan dahsyat dan skor akhir menjadi 21-15,” pungkas Sohu.

Baca Juga

Sebelum Malaysia Masters 2023, Anthony Sinisuka Ginting juga sudah disorot performanya setelah ketikung tragis dari Shi Yuqi di Piala Sudirman 2023.

Padahal saat itu sejatinya Anthony Ginting sangat diharapkan bisa menyumbangkan poin bagi Indonesia yang sedang dalam asa ke semifinal Piala Sudirman 2023.

Baca Juga

Lagi lagi soal mentalitas dan konsistensi, hal itu yang sering disebut-sebut oleh Badminton Lovers (BL) Indonesia di media sosial sebagai salah satu kelemahan Anthony Ginting.

Legenda bulutangkis Indonesia, Taufik Hidayat, sebelumnya juga pernah melempar kritik pedas melalui instagram soal masalah fisik, dan mental tunggal putra Indonesia.

Tentunya usai terdepak di babak 16 besar Malaysia Masters 2023, Anthony Ginting akan mencoba bangkit secepatnya mengingat saat ini sudah dimulai perburuan poin kualifikasi Olimpiade 2024.

Baca Juga

Sumber: Sohu

ChinaAnthony Sinisuka GintingAnthony GintingBulutangkisBerita BulutangkisWeng HongyangMalaysia Masters

Berita Terkini