x

Profil Rian Agung Saputro, Pebulu Tangkis Eks Rekan Ahsan yang Putuskan Hijrah dan Tutup Aurat

Minggu, 25 Juni 2023 19:20 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Prio Hari Kristanto
Profil Rian Agung Saputro, eks pebulu tangkis yang merupakan mantan partner Mohammad Ahsan, yang kini punya tampilan dan jalan hidup berbeda.

INDOSPORT.COM – Profil Rian Agung Saputro, eks pebulu tangkis yang merupakan mantan partner Mohammad Ahsan, yang kini punya tampilan dan jalan hidup berbeda.

Sebagaimana diketahui, Indonesia dikenal sebagai negara bulutangkis karena memiliki atlet dan para pelatih hebat di dunia tepok bulu.

Salah satunya ialah Mohammad Ahsan yang merupakan veteran ganda putra yang sudah berkecimpung di dunia bulutangkis sejak dahulu.

Sebelum dipadukan dengan Hendra Setiawan, Ahsan beberapa kali merasakan pengalaman berbeda karena dipasangkan dengan sejumlah pemain ganda putra berbeda.

Salah satu nama yang melekat ialah Rian Agung Saputra, yang pernah menjadi pasangannya pada tahun 2017 lalu.

Baca Juga

Tercatat, pasangan Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro dipasangkan sebanyak dua kali di tahun yang sama yakni 2017.

Selama periode tersebut, Ahsan/Rian berhasil menggondol dua gelar juara yakni menduduki podium tertinggi di China International Challenge.

Baca Juga

Kemudian meraih medali perak di Kejuaraan Dunia 2017 di Glasglow, Skotlandia. Rian/Ahsan saat itu kalah dari jagoan China Liu Cheng/Zhang Nan degan skor 10-21 dan 17-21.

Setelah itu keduanya pun fokus dengan pasangan dan kehidupan masing-masing. Jika Ahsan kini masih fokus sebagai pebulu tangkis elite dunia bersama dengan Hendra Setiawan, berbeda dengan Rian.

Rian Agung Saputro beberapa kali masih harus berganti pasangan, hingga akhirnya memilih jalan yang berbeda dengan Mohammad Ahsan.

Baca Juga

1. Perjalanan Karier Rian Agung Saputro

Angga Pratama/Rian Agung Saputro

Rian Agung Saputro merupakan atlet kelahiran Karanganyar, 25 Juni 1990, dan dikenal sebagai sosok pebulu tangkis spesialis ganda putra.

Ia mengawali kariernya di dunia bulutangkis profesional pada 2009, di mana ia saat itu menjalani debutnya di ajang Indonesia International Challenge.

Sejak awal, Rian dipasangkan dengan Angga Pratama, bahkan hingga era BWF Grand Prix pada tahun 2011 hingga 2013.

Pasangan Rian/Angga pun meraih satu runner-up di international Challenge/Series, sekali podium kedua di Superseries, dan 4 gelar serta 2 kali juara kedua di era Grand Prix.

Salah satunya berhasil menjadi pemenang usai mengalahkan mantan ganda putra China, Li Junhui/Liu Yuchen, di New Zealand Open 2013.

Baca Juga

Selain itu Rian/Angga juga pernah meraih medali emas di SEA Games 2013, usai mengalahkan rekan senegaranya sendiri yakni Berry Angriawan/Ricky Karanda. Selain itu Rian/Angga pernah menempati peringkat ketujuh di ranking BWF pada 2014.

Meski sempat gacor bersama Angga Pratama, tetapi keduanya bercerai dengan Rian mendapatkan partner baru yang tak lain adalah Berry Angriawan.

Rian/Berry pun meraih dua gelar dan sekali runner-up di ajang Grand Prix pada 2015-2016. Pencapaian terbaru sekaligus terakhirnya ialah menjadi juara kedua di Indonesia International pada 2022 lalu.

Baca Juga

Selain bermain di nomor ganda putra, Rian juga pernah menjajal sektor ganda campuran dengan dipasangkan bersama Tiara Rosalia Nuraidah.

Rian/Tiara pernah meraih runner-up usai kalah dari pemain muda Pelatnas PBSI, Zachariah Josiahno/Hediana Julimarbela di Indonesia International Challenge 2019.

Pada tahun yang sama, Rian/Berry akhirnya harus terdegradasi dari Pelatnas PBSI, sebelum sempat comeback pada 2022 dan setelah itu hiatus.

Baca Juga

2. Pilih Hijrah dan Melanglang Buana

Pasangan ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro.

Sebelumnya, diketahui Rian Agung Saputro sempat terlihat di CST Badminton Club di Montreal, Kanada.

Selain itu, Rian juga beberapa kali mengunggah postingan sedang berada atau bersama dengan anggota Candra Wijaya International Badminton Center.

Tak diketahui secara pasti apakah dirinya hanya sekadar menjadi pelatih atau sparring partner selama melanglang buana di luar negeri dan di klub bulutangkis.

Di luar kariernya sebagai seorang pebulu tangkis, Rian kini dikenal sebagai sosok seorang muslim yang taat akan agama.

Rian sendiri telah menikah dengan Mega Mustika pada 2017 dan dikaruniai dua orang anak yang amat menggemaskan.

Anak pertama diberi nama Muhammad Al-Fatih Omar yang lahir pada 2018, dan anak kedua bernama Hulya Ameera Anum pada 2020.

Dalam kehidupan sehari-harinya, Rian Agung Saputro juga tak letih memberikan siraman rohani berupa membagikan sejumlah dalil maupun ayat dalam Al-Qur’an.

Selain itu Rian juga kerap mengingatkan para pengikutnya di media sosial agar tak lupa beramal, yang bisa menjadi penyelamat di akhirat kelak.

Kehidupan Rian Agung Saputro juga mengingatkan Badminton Lovers kepada Mohammad Ahsan, yang juga kini memilih berhijrah dan selalu menutup aurat. Salah satunya selalu mengenakan legging saat tampil di atas lapangan bulutangkis.

Mohammad AhsanRian Agung SaputroMohammad Ahsan/Rian Agung SaputroBulutangkisIndepth

Berita Terkini