x

Juara Bertahan Asian Games Kandas Duluan, Jonatan Christie: Saya Tertekan!

Selasa, 3 Oktober 2023 19:05 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie di Asian Games 2022 (Foto: NOC Indonesia / Naif Al'as)

INDOSPORT.COM - Sang juara bertahan cabor bulutangkis tunggal putra Asian Games, Jonatan Christie kini kandas di babak awal karena tidak bisa mengatasi tekanan.

Jonatan Christie gagal ke babak 16 besar Asian Games 2022 usai dijegal Chou Tien Chen (Chinese Taipei), saat berlaga di Binjiang Gymnasium, Hangzhou, Selasa (3/10/23).

Baca Juga

Meski berstatus sebagai juara Asian Games 2018, tetapi Jonatan Christie kini dibuat tidak berkutik oleh Chou Tien Chen, dan akhirnya kalah 17-21, 17-21, dalam waktu 47 menit. 

Jonatan Christie juga tak menampik bahwa permainannya sangat buruk di Asian Games 2022, mulai dari kekalahan di nomor beregu putra, hingga kali ini di nomor perorangan.

"Pertama, harus tetap bersyukur walaupun hasilnya tidak seperti yang diharapkan, dan memang hari ini saya bermain kurang baik," kata Jonatan Christie dalam rilis PP PBSI.

"Beberapa kali sudah menemukan ritme dan tempo permainan, tapi banyak juga kesalahan sendiri. Jadi lawan yang tadinya sudah mulai bisa saya kejar poinnya, tapi berbalik lagi."

Baca Juga

Dengan status sebagai pemain unggulan dan juara bertahan di sektor tunggal putra, Jonatan Christie malah mengaku bahwa ia kurang percaya diri menghadapi Asian Games 2022.

"Feel mainnya di lapangan sendiri memang berasa masih beberapa kali kurang percaya diri," blak-blakan pemain berusia 26 tahun tersebut.

"Saya dan pelatih (Irwansyah) sudah diskusi setelah kekalahan di beregu untuk bermain lebih rileks lagi, lebih enjoy lagi di perorangan."

"Saya juga hari ini sudah mencoba yang terbaik, lalu lebih tenang, tapi saya akui ketegangan itu timbul beberapa kali," ujar pebulu tangkis kelahiran Jakarta itu.

Baca Juga

1. Tren Minor Jonatan Christie

Tunggal Putra Indonesia, Jonatan Christie saat juara Hong Kong Open 2023 (Foto: PBSI)

Dengan kekalahan Jonatan Christie di babak pertama Asian Games 2022 nomor beregu putra dan perorangan, maka hasil ini telah memperpanjang tren negatif sang pemain.

Walaupun berstatus sebagai pebulu tangkis tunggal putra nomor 5 di rsnking BWF, tetapi Jonatan Christie masih belum konsisten, dan bisa dikatakan terpuruk di sepanjang tahun 2023.

Baca Juga

Setelah menjuarai Indonesia Masters 2023 di bulan Januari lalu, Jonatan Christie pun lebih banyak tersingkir di babak-babak awal.

Sempat ada perbaikan di Japan Open 2023, di mana Jonatan Christie bisa sampai ke final dan menjadi runner up, tetapi kemudian ia kembali tersingkir cepat di tur berikutnya.

Bahkan di pentas Kejuaraan Dunia Bulutnagkis bulan Agustus lalu, Jonatan hanya sampai babak 64 besar. Ia dijegal oleh pemain asal Malaysia, Lee Zii Jia di angka 13-21, 15-21.

Jonatan kemudian membalas kegagalannya dengan menjadi semifinalis China Open Super 1000, hingga menyegel gelar juara Hong Kong Open pada 17 September 2023.

Baca Juga

Siapa sangka, Jonatan kembali tersingkir di babak awal Asian Games 2022. Ia mengaku kekalahan ini bukan karena hal-hal teknis, tetapi karena mentalnya belum siap.

"Evaluasinya lebih ke arah non-teknis, karena di lapangannya ngerasa kurang bisa nikmatin permainan. Ini salah satu pertandingan besar, saya rasa ini yang membuat saya tertekan."

"Kalau di pertandingan Open yang rutin, tak sebesar ini, termasuk dari sisi ketegangan. Ini yang harus saya perbaiki dan cari solusinya ke depan," tukas pemain tunggal putra itu.

Dengan demikian, hanya tersisa Anthony Sinisuka Ginting sebagai wakil tunggal putra Indonesia di Asian Games 2022 Hangzhou.

Baca Juga
Asian GamesJonatan ChristieChou Tien ChenBulutangkisBerita BulutangkisAsian Games 2022

Berita Terkini