x

Fans Dukung Pramudya Keluar Pelatnas PBSI dan Main Bulutangkis di Australia

Kamis, 7 Desember 2023 08:33 WIB
Penulis: Martini | Editor:
Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan di podium juara ganda putra SEA Games 2023 (Foto: Humas PP PBSI).

INDOSPORT.COM - Fans bulutangkis mulai mendukung Pramudya Kusumawardana yang kabarnya akan mundur dari Pelatnas PBSI dan melanjutkan pendidikan tinggi ke Australia.

Ketika Pramudya Kusumawardana mendapatkan beasiswa dan ajukan permanent residence di Australia, banyak yang menduga jika Pram nantinya akan membela Negeri Kangguru.

Baca Juga

Kabar mengenai Pramudya yang hengkang dari Pelatnas PBSI berhembus sejak beberapa hari lalu. Saat ini pun ia belum bergabung dalam sesi latihan di Cipayung.

Salah satu jurnalis olahraga, pemilik akun Twitter @ainurohman mengungkapkan bahwa kemungkinan besar Pramudya akan mundur dari Pelatnas karena lanjut kuliah ke Australia.

"Belum ada rilis dari PBSI. Tapi hampir bisa dipastikan Pramudya Kusumawardana mundur dari tim nasional," ungkap Ainur.

"Dari info yang saya terima, Pram memilih menerima scholarship untuk berkuliah di Sydney, Australia. Pram rencananya akan mengambil studi sports science/sports psychology."

Baca Juga

"Banyak yang sudah mencoba menahan keputusan Pram ini. Dia masih dalam usia yang muda, prestasinya juga baik, peluang untuk menembus Olimpiade Paris juga masih terbuka."

"Tetapi Pram sudah bulat pada keputusannya, tidak bisa ditahan, dan berencana mengajukan permanent resident di Australia," tukas Ainur.

Kabar ini membuat Badminton Lovers menduga bahwa Pramudya Kusumawardana akan berganti kewarganegaraan dan lanjut bermain bulutangkis membela Australia.

Baca Juga

1. Dukungan untuk Pramudya

Pasangan ganda putra Indonesia, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan di Korea Open 2023. (Foto: PBSI)

Kisah mengenai pemain bulutangkis Indonesia yang hijrah untuk kuliah, lalu kemudian berganti kewarganegaraan dan aktif membela negara lain, bukanlah sebuah hal yang baru.

Sebelumnya, ada Tony Gunawan yang pernah melanjutkan kuliah di Amerika Serikat, tetapi akhirnya kembali ke dunia bulutangkis dan mengibarkan bendera Negeri Paman Sam.

Baca Juga

Maka dari itu, banyak yang menduga jika Pramudya Kusumawardana akan membela Australia. Namun sebagai fans, ada banyak yang mendukung keputusan itu.

"Di sana Pramudya lebih diprioritaskan dan dapat jaminan hidup lebih enak, plus beasiswa pendidikan. Di Indonesia berada di internal yang kacau, kasian juga kalau senasib kayak Ihsan dll yang menurun dan keluar dari Pelatnas. Keputusan yang tepat menurut saya," ungkap akun Twitter @gatauah**.

"Prediksi gue sepertinya akan bermain di sana sambil kuliah. Permanen residen kuncinya, itu sudah ada indikasi. Kan banyak atlet INA di sana. Tapi biasanya nunggu 1-2 tahun dulu, biar adem dulu," balas akun @ukubad**.

Baca Juga

"Keputusan yang gak mungkin diambil dalam semalam, pasti sangat dipertimbangkan. Selamat Pram, semoga lancar kuliahnya. Kalaupun main untuk Australia, semoga aja gacor juga di sana. Aamiin," kata @briane**.

"Mantap, dapat beasiswa ke Australia dan jurusan yang punya prospek bagus. Semoga lancar kuliahnya. Bila kelak main lagi dengan bendera negara yang beda, sangat bisa dipahami," timpal akun @astariter**.

"Bukan keputusan yang mudah. Tapi Pram sudah dewasa untuk bisa menentukan masa depannya sendiri. Mungkin memang bukan di Pelatnas tempatnya, tapi di manapun itu, semoga sukses," harap akun @yuzuz**.

Meski ada banyak kabar simpang siur mengenai nasib Pramudya, tetapi pelatih ganda putra Indonesia, Aryono Miranat menegaskan jika PBSI belum menerima surat pengunduran diri dari Pram.

Baca Juga
AustraliaPBSIPelatnasPelatnas CipayungBulutangkisBerita BulutangkisPramudya KusumawardanaPramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche RambitanBadminton Lovers (BL)

Berita Terkini