x

Membandingkan 4 Playmaker Ganda Putra Bulutangkis Terbaik di Indonesia

Kamis, 7 Desember 2023 19:41 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Membandingkan empat playmaker ganda putra bulutangkis terbaik Indonesia dari Kevin Sanjaya, Hendra Setiawan, Muhammad Shohibul Fikri, dan Leo Rolly Carnando.

INDOSPORT.COM – Membandingkan empat playmaker ganda putra bulutangkis terbaik Indonesia dari Kevin Sanjaya, Hendra Setiawan, Muhammad Shohibul Fikri, dan Leo Rolly Carnando.

Sejak dulu kala, ganda putra harus diakui selalu saja menjadi sektor yang cukup diandalkan oleh bulutangkis Indonesia untuk meraup prestasi.

Nyaris tiap tahun, selalu saja ada ganda putra Indonesia yang menembus top satu ranking BWF. Di tahun 2023 ini contohnya, Fajar Alfian/Rian Ardianto pernah ada di ranking satu BWF.

Sebelum itu pasangan Kevin Sanjaya/Marcus Gideon juga menguasai ranking satu BWF ganda putra nyaris lima tahun sejak 16 Maret 2017 hingga 20 September 2022.

Ada pula Markis Kido/Hendra Setiawan, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, hingga Rexy Mainaky/Ricky Subagja yang juga pernah berada di puncak ranking BWF ganda putra.

Baca Juga

Catatan emas tersebut menandai apiknya regenerasi ganda putra Indonesia, hingga membuat negara lain iri dibuatnya, seperti Cai Yun dari China.

“Seperti yang saya katakan sebelumnya di Weibo (media sosial), saya sangat iri dengan ganda putra Indonesia yang telah keluar satu demi satu,” ucap Cai Yun melansir Aiyuke pada 2022 silam.

“Secara umum, mereka memiliki gaya permainan yang komprehensif dan tahu bagaimana menggunakan teknik dan taktik secara wajar dalam pertandingan,” sambungnya.

Di bawah ini, INDOSPORT akan mencoba untuk membandingkan empat playmaker atau pemain depan terbaik ganda putra bulutangkis Indonesia.

Kali ini playmaker yang akan dibandingkan yakni Kevin Sanjaya, Hendra Setiawan, Muhammad Shohibul Fikri, dan Fajar Alfian.

Baca Juga

1. Fajar Alfian

Dulunya legenda bulutangkis ganda putra Denmark, Mathias Boe, pernah menuliskan status di instagramnya soal playmaker terbaik dunia, dan Fajar Alfian masuk daftar.

Menurutnya, Fajar Alfian benar-benar tipikal atlet yang mampu membaca permainan lawan dengan cukup baik, bahkan setiap pukulannya di depan net sangat sulit dikembalikan lawan.

“Fajar Alfian (masuk dalam daftar playmaker terbak yang muncul saat ini),” tulis Mathias Boe di instagramnya sekitar 2020 silam.

Senada dengan pendapat Mathias Boe itu, semakin hari Fajar Alfian semakin menunjukkan kematangan pukulannya hingga sangat wajar jika tahun lalu dia berhasil menembus delapan final turnamen bersama Rian Ardianto.

Baca Juga

1. Membandingkan 4 Playmaker MD Terbaik Indonesia

Ada Kevin Sanjaya, Membandingkan 4 Playmaker MD Terbaik Indonesia.

2. Kevin Sanjaya Sukamuljo

Senada dengan Fajar Alfian, sosok Kevin Sanjaya Sukamuljo juga masuk dalam daftar playmaker ganda putra terbaik di dunia.

Kevin Sanjaya Sukamuljo layak dikenal sebagai playmaker ganda putra terbaik bulutangkis Indonesia sejak beberapa waktu lalu.

Permainan cepat dan taktis Kevin Sanjaya di depan net kerap sekali membuat lawan harus memutar otak lebih keras untuk mengembalikannya.

Bahkan uniknya, Kevin Sanjaya sering kali bisa mengembalikan pukulan lawan dari sudut sesulit apapun, hingga sangat wajar jika dia dan Marcus Gideon menjadi ganda putra terlama di puncak ranking BWF.

Baca Juga

3. Muhammad Shohibul Fikri

Muhammad Shohibul Fikri bisa disebut sebagai sebagai salah satu playmaker cerdik ganda putra bulutangkis Indonesia seperti Fajar Alfian dan Kevin Sanjaya Sukamuljo.

Sebagai pemain depan berpasangan dengan Bagas Maulana, Muhammad Shohibul Fikri kerap kali mampu menyulitkan lawan dengan pukulan-pukulan penyelamatan tak terduga.

Performa terbaiknya adalah kala dia dan Bagas Maulana mampu melibas lawan-lawan sulit untuk menjuarai ajang bulutangkis tertua dunia di All England 2022.

Tahun 2023 ini, Bagas/Fikri juga mampu tampil konsisten dengan finis di empat turnamen dari Orleans Masters, Thailand Open, Denmark Open, dan French Open.

Baca Juga

4. Hendra Setiawan

Nama playmaker ganda putra terbaik bulutangkis Indonesia juga ditempati oleh pemain senior dengan gelar terkomplet, yakni Hendra Setiawan.

Pria yang saat ini sudah menginjak usia kepala empat itu selalu saja menyusahkan lawan ketika berada di depan net. Setiap pukulannya begitu terarah, cerdas, dan tidak mudah ditebak.

Maka tak mengherankan jika setiap pukulan Hendra Setiawan selalu dibilang magis, dan ketika dia masih berkarier di usia tidak muda, kecerdasannya melahirkan konsistensi.

Saat ini Hendra Setiawan dengan partnernya, Mohammad Ahsan, awet di top 10 ranking BWF, sehingga dia layak diteladani oleh playmaker lainnya seperti Kevin Sanjaya, Fajar Alfian, dan Shohibul Fikri.

Baca Juga
Hendra SetiawanKevin SanjayaTRIVIAFajar AlfianBulutangkisBerita BulutangkisMuhammad Shohibul FikriIndepth

Berita Terkini